Cari City Car Irit dan Terjangkau, Coba Lirik Mitsubishi Mirage 2017 Bekas

Mitsubishi Mirage Exceed

Mitsubishi pernah punya hatchback perkotaan yang penuh daya pikat. Sayang sekarang sudah tak dijual lagi. Jika masih ada, masih layak direkomendasikan selain Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion. Mitsubishi Mirage terkenal karena postur kompak, mesin bertenaga dan sangat irit. Enak diajak selap-selip di kepadatan lalu lintas, pengendaliannya pun tergolong menyenangkan khas pabrikan tiga berlian.

Kami rekomendasikan Mirage tahun edar 2017 jika Anda sedang mencari city car bekas selain Honda atau Toyota. Inilah model facelift pertama dan terakhir kali sebelum berhenti dijual. Masih tergolong muda, tapi makin murah. Dengan harapan, kondisi masih sangat sehat. Bujet cukup sediakan Rp120 jutaan, beruntung kalau ada sisa untuk peremajaan. Kualitasnya tentu lebih bagus dibanding Low Cost Green Car (LCGC).

 

Pilih Varian Apa?

Dari awal meluncur, Mirage tersedia dalam 3 opsi tipe: GLX, GLS dan Exceed. Kami sarankan pilih Mirage Exceed dan siapkan kocek maksimal Rp130 juta untuk meminang. Fiturnya paling lengkap, termasuk kenyamanan dan keselamatan. Sebut saja full auto air conditioner, tombol audio di kemudi, tombol start/stop engine, keyless operating system (KOS), immobilizer, sensor parkir dan sistem keamanan dual airbag beserta rem ABS+EBD. Mirage bukanlah LCGC, tapi kualitasnya berbanding lurus dengan harga. Material yang digunakan di eksterior maupun interior, terasa solid dan berkualitas tinggi. Perakitan dengan tingkat ketelitian juga sangat baik, finishingnya pun rapi. Jelas beda kelas dibanding LCGC.

Dimensi hanya 3.795 x 1.665 x 1.510 mm (PxLxT), membuat Mirage terlihat begitu mungil. Keuntungannya begitu mudah dikendalikan, praktis dikendarai, gampang parkir dan masuk ke gang kecil. Sistem kemudi Electronic Power Steering (EPS) membuat perputaran sangat ringan Radius putar cuma 4,4 meter sangat memudahkan saat harus berputar balik.

Kalau dana lebih terbatas, boleh cari tipe GLS. Tipe tengah yang memadukan tampang varian GLX dengan kelengkapan Exceed. Fitur banyak terpangkas dan kurang istimewa. Belum dilengkapi Keyless Operating System (KOS) seperti di Mirage Exceed, sehingga masih perlu anak kunci untuk menyalakan mesin dan tanpa adanya fitur immobilizer. Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) sampai sensor parkir belakang juga nihil, yang ada hanya dual SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Mirage GLS 2017 bisa dimiliki dengan harga pasaran sekitar Rp105-110 jutaan.

Baca Juga: Panduan Beli Suzuki Ignis 2017 Bekas, Harganya Makin Terjangkau

 

Mitsubishi Mirage exceed

 

Spek Teknis

Harus diakui, mesin 3-silinder bisa jadi kelebihan dan juga kekurangan. Di kelasnya, hanya Mirage dan Nissan March yang pakai silinder ganjil. Getaran memang lebih besar dari 4-silinder, karena pergerakan tak imbang. Kalau sudah terlalu mengganggu, perlu mengecek engine mounting, siapa tau sudah saatnya diganti. Tapi usia 4 tahun dengan odometer rendah seharusnya belum perlu.

Unit 3A92 termasuk paling halus dibanding 3-silinder lain. Performanya jangan diremehkan. Meski hanya 77 PS dan torsi 100 Nm, mampu berakselerasi cepat. Bobot hanya 860 kg dan aerodinamis terbaik (Coefficient of Drag 0,27), membuatnya begitu licin membelah angin.

Apalagi dipasangkan transmisi CVT INVECS III. Unik, dari beberapa kali pengujian bisa lebih irit dari transmisi manual. Dan tentunya bebas pegal untuk pemakaian dalam kota. Sebelumnya wajib cek riwayat perawatan dari bengkel resmi. Pastikan penggantian oli CVT tidak terlambat.

Soal efisien bahan bakar, Mirage bisa diandalkan. Pakai teknik eco driving dan metode full to full, didapat konsumsi BBM 22 kpl untuk transmisi CVT dan 24,2 kpl untuk transmisi manual. Untuk pemakaian normal di perkotaan, angka 13-14 kpl mudah dicapai. Pastikan semuanya dalam keadaan sehat. Catatan perawatan berkala di bengkel resmi merupakan sebuah nilai plus.

Di antara hatchback 1,2-liter yang ada, Mirage paling empuk dan nyaman. Itu bisa juga jadi kelemahan dibanding yang lain. Berimbas menyumbang gejala limbung besar. Sisi positifnya, kenyamanan tentu didapat. Bantingan suspensi enak dengan peredaman baik untuk menyerap jalanan tak ramah. (Odi)

 

Baca Juga: Rekomendasi Honda Brio Bekas, Lansiran 2018 Berkisar Rp100 Jutaan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Mitsubishi Unggulan