Chery Motor Indonesia Berencana Jual Omoda 5 Sebagai Rival Hyundai Creta dan Honda HR-V

Chery Omoda

Omoda 5 merupakan SUV global lansiran pabrikan Tiongkok, Chery. Ia dikembangkan selama 18 bulan untuk menjadi produk global. Sejak debut di Guangzhou Auto Show 2021, mobil telah menerima respons yang positif. Baik di pasar otomotif Cina maupun luar negeri. Rancangan dilakukan secara ekstensif dan mencerminkan gagasan baru perusahaan mengenai sebuah SUV kompak. Kalau dilihat dari segmentasi, kendaraan menjadi rival Hyundai Creta dan Honda HR-V. Rencananya bakal dijual di Indonesia.

KEY TAKEAWAYS

  • Chery Omoda 5 adalah produk global

    Untuk menyasar market Rusia, Eropa dan negara dengan setir kanan
  • Omoda 5 ditenagai mesin bensin TGDI 1,6 liter

    Menghasilkan tenaga 197 PS dan torsi 290 Nm
  • Kemungkinan dipajang di IIMS 2022

    Tapi baru perkenalan saja
  • Secara umum, target marketnya ialah konsumen muda kelompok usia 25-30 tahunan. Tujuan pasar internasional pertama untuk Omoda 5 adalah Rusia, diikuti Uni Eropa dan negara dengan pasar setir kanan seperti Indonesia, Australia, Malaysia. “Kami berharap Omoda 5 bisa menjadi pengalaman pembelian dan pilihan baru yang lebih baik. Yakni bagi konsumen khususnya generasi muda di Indonesia,” terang Qin Gang, Marketing and Product Director Chery Motor Indonesia, dalam surel resmi kepada Zigwheels.

    Chery Omoda 5

    Langsung saja ke performa. Jantung pacu Omoda 5 ditenagai oleh mesin bensin TGDI 1,6 liter (dari keluarga mesin Tiggo 8 Pro), menghasilkan tenaga 197 PS dan torsi 290 Nm. Daya dikirim ke roda depan melalui girboks dual-clutch tujuh percepatan. Kemudian mengenai desain tubuh. Ia mengusung filosofi gaya Art in Motion anyar. Itu terwujud dalam aksentuasi tarikan garis tubuh kontemporer. Grille depan besar tanpa bingkai. Kisi-kisi bahkan menyatu dengan LED daytime running lamp. Rumah lampu utama juga bergaya nyentrik, sudah mengadopsi teknologi diode.

    Baca Juga: Chery Omoda 5, SUV Rival Honda HR-V yang Bertampang Agresif

     

    Bentuk headlamp agak mirip SUV Hyundai dengan pola Matrix. Posisi lebih jauh ke bawah, sedangkan lampu ekor mencolok memiliki sentuhan mirip Toyota atau Lexus. Terutama bila dipandang dari siluet samping. Lalu ada spoiler menonjol di atas kaca belakang yang tajam. Sementara bumper buritan memiliki skid plate tebal dan pelapis knalpot kromium dipasang tinggi. Dari segi dimensi, Chery Omoda 5 memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.585 mm, plus jarak sumbu roda 2.630 mm. Sebagai perbandingan, Honda HR-V terbaru punya panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.590 mm, serta wheelbase 2.610 mm.

    Chery Omoda 5

    Anda juga bakal mendapati lingkar kemudi berlapis kulit, tiga palang datar. Terpasang layar kembar 12,3 inci (seperti Mercedes-Benz), panel terpusat untuk kontrol media dan HVAC. Konsol tengah dibikin tinggi agar memberikan pemisahan yang jelas antara pengemudi dan penumpang depan. Jok mobil mengusung semi bucket dengan sandaran kepala terintegrasi. Secara keseluruhan, kabinnya terlihat cukup mewah, bahkan tak kalah dari Tiggo series. Unit dikabarkan bakal mejeng di IIMS 2022 dari 31 Maret hingga 10 April. Nantikan saja. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Mengenal Chery Tiggo 8 Pro Calon Lawan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Chery Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Chery dari Carvaganza

    • BEIJING AUTO SHOW 2024: Jetour Rilis Shanhai T2, SUV Off-road Bermesin PHEV
      BEIJING AUTO SHOW 2024: Jetour Rilis Shanhai T2, SUV Off-road Bermesin PHEV
      Anjar Leksana . 26 Apr, 2024
    • Bukan Cuma Mobil, Omoda dan Jaecoo Pamer Robot Cantik di Beijing Auto Show 2024
      Bukan Cuma Mobil, Omoda dan Jaecoo Pamer Robot Cantik di Beijing Auto Show 2024
      Alvando Noya . 25 Apr, 2024
    • Chery Group Catat Pertumbuhan di Q1 2024, Punya Senjata Baru di Beijing Auto Show
      Chery Group Catat Pertumbuhan di Q1 2024, Punya Senjata Baru di Beijing Auto Show
      Muhammad Hafid . 19 Apr, 2024
    • 1.000 Unit Pertama Chery Omoda E5 Diterima Konsumen, Dapat Install Car Link O Gratis
      1.000 Unit Pertama Chery Omoda E5 Diterima Konsumen, Dapat Install Car Link O Gratis
      Wahyu Hariantono . 31 Mar, 2024
    • Cek Perbedaan Varian Chery Tiggo 5X, Champion dan Classic
      Cek Perbedaan Varian Chery Tiggo 5X, Champion dan Classic
      Setyo Adi . 30 Mar, 2024

    Artikel Mobil Chery dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Kasus Bocah Tabrak Tembok Mall Pakai Chery Omoda E5 Berakhir Damai
      Kasus Bocah Tabrak Tembok Mall Pakai Chery Omoda E5 Berakhir Damai
      Bangkit Jaya Putra . 26 Apr, 2024
    • Chery Jetour Shanhai T2, SUV Canggih Seharga Rp400 Jutaan
      Chery Jetour Shanhai T2, SUV Canggih Seharga Rp400 Jutaan
      Anjar Leksana . 26 Apr, 2024
    • Omoda dan Jaecoo Pamer Robot Canggih di Beijing Auto Show 2024
      Omoda dan Jaecoo Pamer Robot Canggih di Beijing Auto Show 2024
      Alvando Noya . 25 Apr, 2024
    • Dalam Kuartal Pertama 2024, Chery Jual Setengah Juta Unit Kendaraan
      Dalam Kuartal Pertama 2024, Chery Jual Setengah Juta Unit Kendaraan
      Anjar Leksana . 19 Apr, 2024
    • Chery Tuntaskan Pengiriman 1.000 Unit Pertama Omoda E5
      Chery Tuntaskan Pengiriman 1.000 Unit Pertama Omoda E5
      Wahyu Hariantono . 01 Apr, 2024
    • Chery Tiggo 5X atau Wuling Alvez, Ini Perbandingan Keduanya
      Chery Tiggo 5X atau Wuling Alvez, Ini Perbandingan Keduanya
      Setyo Adi Nugroho . 26 Feb, 2024
    • Rivalitas SUV 7 Penumpang, Chery Tiggo 8 Pro dan Honda CR-V
      Rivalitas SUV 7 Penumpang, Chery Tiggo 8 Pro dan Honda CR-V
      Setyo Adi Nugroho . 02 Mei, 2023
    • First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
      First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
      Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2024
    • Road Test Chery Tiggo 7 Pro: Ada Kelebihan Tapi Ada Juga Kekurangannya
      Road Test Chery Tiggo 7 Pro: Ada Kelebihan Tapi Ada Juga Kekurangannya
      Setyo Adi Nugroho . 17 Mar, 2022