Dongfeng Rambah Kendaraan Militer, Kenalkan Fearless M50

Dongfeng Fearless M50

Ternyata Dongfeng Motors tidak hanya membuat mobil penumpang dan komersial. Kendaraan militer pun digarap. Mereka mengenalkan mobil tempur gagah bernama Fearless M50. Kalau memperhatikan tampangnya, banyak kemiripan dengan Humvee. SUV spesialis medan perang yang biasa dipakai tentara Amerika Serikat. 

Nah, pabrikan otomotif di Cina terkenal acap menyontek desain asli produsen lain. Namun Dongfeng memegang lisensi untuk memproduksi jenis Humvee atau High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle buat militer sejak 2003. Dan sekarang mereka meluncurkan kendaraan transportasi militer Fearless M50 versi sipil di sana. Meski mengusung bentuk ala militer, Fearless M50 mendapat beberapa perubahan eksterior.

Dongfeng Fearless M50

Ia menggunakan tatanan kabin tunggal, bukan gaya D-Cab standar. Lihat saja, kaca depan satu bagian (one piece). Kemudian untuk menyeka air, tersedia tiga wiper. Lalu wujud grille dibikin berbeda. Bentuk trapesium serta sedikit sentuhan kromium bersama logo Dongfeng. Sorot mata utama berbentuk bulat, bukan mengotak. Pelat besi tetap menjadi pelindung utama. Alur tubuh terlihat sangat kaku dan berotot.

Baca Juga: Mahasiswa ITS Rancang SUV Listrik Berwajah Futuristis

Begitu melengok ke dalam M50. Susunan kabin relatif sederhana. Lingkar kemudi pakai kulit, tapi tampil polos tanpa audio switch. Kemudian ada pengatur suhu udara (AC), radio double DIN. Tapi tak terlihat head unit layar sentuh. Selebihnya ada beberapa sakelar di dekat sisi pengemudi. Kemungkinan ada tombol untuk mengaktifkan mode 4x4, saat kendaraan menerjang medan berat.

dongfeng fearless M50 cabin

Di bawah kap Fearless M50 bersemayam mesin turbo diesel 4,0 liter. Resultan daya maksimal diraih 200 PS kemudian momen puntir puncak digapai 600 Nm. Jangan berharap untuk menemukan transmisi otomatis di sini. Karena Dongfeng hanya menyuguhi girboks manual. Namun demikian, perusahaan tak menyebutkan berapa banyak jumlah gigi yang dimilikinya. Sedangkan Maung mengandalkan mesin diesel turbo 2.400 cc, 4 silinder (DOHC) 16 katup. Tenaga tersaji 151 PS dan torsi 400 Nm. Rantis Pindad ini punya sistem penggerak roda 4WD dengan Rear Differential Lock. Kecepatan maksimal sampai 120 km per jam.

Harga Fearless M50 memang cukup mahal. Di Tiongkok satu unit dibanderol CNY 668.000 atau setara Rp1,5 miliaran. Tetapi ada kelebihan lain. Dongfeng mengklaim ia dapat menembus medan dengan kedalaman air 1,2 meter. Dan bisa dikendarai di daerah 4.500 meter di atas permukaan laut. Lebih penting lagi, kendaraan dapat bertahan di suhu udara antara -35 derajat dan 41 derajat celcius. (Alx/Odi)

Sumber: Autoindustriya

Baca Juga: Spy Shot MPV Terbaru Dongfeng, Cocok Jadi Lawan Tanding Wuling Cortez

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • KALEIDOSKOP 2025: Mobil-Mobil Cina Paling Dicari di Indonesia
    KALEIDOSKOP 2025: Mobil-Mobil Cina Paling Dicari di Indonesia
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • KALEIDOSKOP 2025: Deretan Mobil Listrik Baru Ramaikan Pasar Indonesia
    KALEIDOSKOP 2025: Deretan Mobil Listrik Baru Ramaikan Pasar Indonesia
    Setyo Adi . Hari ini
  • Hyundai Andalkan Stargazer Maksimalkan Segmen Fleet di Indonesia
    Hyundai Andalkan Stargazer Maksimalkan Segmen Fleet di Indonesia
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • GAC Group Siap Produksi Baterai Solid-State di 2027, Bikin EV Bisa Tempuh 1.000 Km Lebih
    GAC Group Siap Produksi Baterai Solid-State di 2027, Bikin EV Bisa Tempuh 1.000 Km Lebih
    Anjar Leksana . 24 Des, 2025
  • Mendekati Target 2025, Chery Resmikan Dealer ke-69 di Bintaro
    Mendekati Target 2025, Chery Resmikan Dealer ke-69 di Bintaro
    Bangkit Jaya . 24 Des, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Toyota Operasikan 3 Posko Siaga 24 Jam Selama Masa Mudik Nataru 2025/2026
    Toyota Operasikan 3 Posko Siaga 24 Jam Selama Masa Mudik Nataru 2025/2026
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Kaleidoskop 2025: Teknologi Hybrid Makin Merakyat, Tawaran Model Makin Beragam
    Kaleidoskop 2025: Teknologi Hybrid Makin Merakyat, Tawaran Model Makin Beragam
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • GR Enthusiast Rayakan Hari Jadi Ke-2, Terus Jadi Wadah Penggemar GR Toyota
    GR Enthusiast Rayakan Hari Jadi Ke-2, Terus Jadi Wadah Penggemar GR Toyota
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Hyundai Tetap Fokus Bisnis Fleet di Indonesia, Stargazer Jadi Tulang Punggung
    Hyundai Tetap Fokus Bisnis Fleet di Indonesia, Stargazer Jadi Tulang Punggung
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Kawal Libur Nataru, Auto2000 Siagakan Posko 24 Jam dan Ratusan Bengkel
    Kawal Libur Nataru, Auto2000 Siagakan Posko 24 Jam dan Ratusan Bengkel
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Ford Everest XLT Next-Gen: Varian Tengah yang Serbaguna
    Ford Everest XLT Next-Gen: Varian Tengah yang Serbaguna
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Review Kabin Volkswagen ID.Buzz Bozz Edition: Definisi Kemewahan 'Silent Luxury' untuk Para Bos
    Review Kabin Volkswagen ID.Buzz Bozz Edition: Definisi Kemewahan 'Silent Luxury' untuk Para Bos
    Anindiyo Pradhono . 23 Des, 2025
  • Kijang Lovers, Pilih Toyota Innova Reborn 2.4 Diesel atau Zenix 2.0 G CVT?
    Kijang Lovers, Pilih Toyota Innova Reborn 2.4 Diesel atau Zenix 2.0 G CVT?
    Anjar Leksana . 23 Des, 2025
  • 5 Merek Mobil Baru yang Ramaikan Pasar Indonesia Sepanjang 2025
    5 Merek Mobil Baru yang Ramaikan Pasar Indonesia Sepanjang 2025
    Anjar Leksana . 22 Des, 2025
  • 5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
    5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
    Anjar Leksana . 19 Des, 2025
  • Cara Mengoptimalkan EV untuk Perjalanan Keluarga
    Cara Mengoptimalkan EV untuk Perjalanan Keluarga
    Setyo Adi Nugroho . 24 Des, 2025
  • Kondisi Ban Mobil Jadi Hal Penting saat Perjalanan Mudik Nataru Musim Hujan
    Kondisi Ban Mobil Jadi Hal Penting saat Perjalanan Mudik Nataru Musim Hujan
    Anjar Leksana . 24 Des, 2025
  • Jelang Libur Akhir Tahun, Simak Tips Maksimalkan Bepergian dengan Mobil Hibrida
    Jelang Libur Akhir Tahun, Simak Tips Maksimalkan Bepergian dengan Mobil Hibrida
    Setyo Adi Nugroho . 19 Des, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Wahyu Hariantono . 04 Des, 2025
  • Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Ardiantomi . 20 Nov, 2025
  • Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Muhammad Hafid . 17 Nov, 2025
  • First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    Bangkit Jaya Putra . 10 Nov, 2025
  • First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    Anjar Leksana . 07 Nov, 2025