Ducati kembali menegaskan posisinya di dunia motor adventure lewat peluncuran Multistrada V4 Rally 2026 dalam ajang Ducati World Première. Model terbaru ini merupakan hasil pengembangan mendalam dari lini Multistrada V4 yang dikenal tangguh untuk perjalanan jarak jauh. Versi 2026 tampil semakin siap menjelajahi berbagai medan—aspal, tanah, hingga pegunungan—berkat kombinasi desain, sasis, dan teknologi mutakhir.
Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2023, Multistrada V4 Rally telah menjadi motor pendamping ideal untuk touring ekstrem. Kini, Ducati membawa peningkatan signifikan yang membuatnya semakin kompetitif di segmen adventure-touring premium.
Multistrada V4 Rally 2026 tampil dalam dua warna eksklusif: Jade Green dengan velg emas dan Ducati Red dengan tangki aluminium bertekstur. Kombinasi ini memunculkan kesan tangguh sekaligus elegan, menegaskan karakter adventure sejati.
Tangki bahan bakar berkapasitas 30 liter mendukung daya jelajah panjang tanpa sering mengisi ulang. Rangka monokok aluminium ringan, pelindung mesin kokoh, dan velg jari-jari memperkuat kesan fungsional sekaligus siap tempur di medan berat.
Salah satu fitur unggulan Multistrada V4 Rally adalah suspensi semi-aktif Adaptive Ducati Skyhook Suspension (DSS) EVO dengan jarak pergerakan 200 mm. Sistem ini mampu menyesuaikan karakter suspensi secara real-time sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara.
Suspensi kini dilengkapi pengaturan preload otomatis, menjaga distribusi bobot tetap ideal baik saat berkendara sendiri, berdua, atau membawa beban tambahan. Pengendara juga bisa mengatur karakter suspensi kapan saja, bahkan saat motor sedang berjalan.
Teknologi Ducati Vehicle Observer (DVO) turut hadir sebagai “otak tambahan” yang mensimulasikan masukan dari 70 sensor virtual. DVO meningkatkan presisi sistem ABS Cornering dan Ducati Wheelie Control (DWC), menghasilkan kendali sempurna di berbagai kondisi.
Ducati menyempurnakan sistem Electronic Combined Braking, yang kini dapat mengontrol rem depan dan belakang secara simultan. Ketika tuas depan ditekan, rem belakang ikut membantu memperlambat laju, dan sebaliknya. Hasilnya adalah stabilitas lebih baik saat deselerasi, terutama ketika membawa penumpang.
Sebagai pelopor penggunaan radar di sepeda motor, Ducati menambahkan fitur baru berupa Forward Collision Warning (FCW). Sistem ini memperingatkan pengendara terhadap potensi tabrakan melalui tampilan di layar dasbor. Fitur radar lain seperti Adaptive Cruise Control dan Blind Spot Detection tetap dipertahankan.
Sistem pencahayaan kini dilengkapi Cornering Lights dan desain lampu depan baru untuk visibilitas maksimal. Fitur Coming Home Light memungkinkan lampu tetap menyala beberapa detik setelah mesin dimatikan, membantu saat membuka pintu garasi di malam hari.
Untuk kemudahan manuver di kecepatan rendah, Ducati menyematkan Automatic Lowering Device yang menurunkan ketinggian motor saat melambat di bawah 10 km/jam. Saat kecepatan meningkat di atas 50 km/jam (jalan raya) atau 20 km/jam (off-road), suspensi otomatis kembali ke posisi normal. Fitur ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan.
Panel instrumen TFT berwarna 6,5 inci hadir dengan antarmuka baru yang lebih intuitif. Pengendara dapat mengatur suspensi, memantau tekanan ban melalui TPMS, hingga menyesuaikan tingkat pemanas pada setang dan jok.
Melalui aplikasi Ducati Connect, pengguna dapat mengakses navigasi peta, menerima panggilan telepon, atau memutar musik saat menggunakan helm berinterkom Bluetooth.
Multistrada V4 Rally 2026 dirancang untuk kenyamanan maksimal. Kaca depan kini 40 mm lebih lebar dan 20 mm lebih tinggi, memberikan perlindungan lebih baik dari terpaan angin. Dudukan boks samping diatur ulang agar ruang kaki penumpang lebih luas, ditambah pegangan tangan aluminium baru yang ergonomis.
Motor ini menyediakan beragam opsi ketinggian jok dan paket suspensi yang direndahkan, memudahkan penyesuaian bagi berbagai postur tubuh. Fitur lain seperti stand tengah standar dan pegangan tangan berpemanas lima tingkat suhu semakin meningkatkan kenyamanan.
Mesin V4 Granturismo 1.158 cc menghasilkan tenaga 170 hp pada 10.750 rpm dan torsi 121 Nm pada 8.750 rpm. Kurva torsi linear memberikan respons halus di semua putaran mesin.
Poros engkol berputar berlawanan arah—teknologi turunan dari MotoGP—mengurangi efek gyroskopik roda, membuat motor lebih stabil dan lincah. Sistem deaktivasi silinder belakang aktif saat idle atau putaran rendah, meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menurunkan emisi.
Fitur Ducati Quick Shift (DQS) 2.0 menghadirkan perpindahan gigi lebih halus tanpa mikroswitch, memberikan sensasi mekanis yang lebih presisi. Sistem pengereman belakang kini memakai cakram 280 mm, meningkatkan daya henti di berbagai kondisi.
Multistrada V4 Rally tersedia dalam tiga pilihan trim:
Ducati juga menyediakan aksesori seperti jok dengan ketinggian berbeda, kaca depan alternatif, dan solusi penyimpanan barang. Tas samping aluminium kini memakai sistem penguncian baru tanpa kunci.
Ducati merancang lini pakaian touring khusus, termasuk setelan musim panas dengan ventilasi besar dan jaket Strada C5 berbahan stretch tahan lama dengan lapisan Gore-Tex® anti air.
Motor ini memiliki interval servis katup setiap 60.000 km dan penggantian oli setiap 15.000 km atau dua tahun. Ducati memberikan garansi 4 tahun tanpa batas jarak tempuh melalui program 4EVER Ducati, lengkap dengan Roadside Assistance yang mencakup bantuan darurat, transportasi, motor pengganti, hingga akomodasi hotel bintang empat. (Bgx)
Baca Juga: Voge SR4Max, Skuter Bongsor Satu Platform dengan BMW C 400 GT
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.