Ducati Uji Coba Purwarupa MotoE

Ducati MotoE

Ducati mulai pamer prototipe motor listrik yang akan dipakai dalam balap MotoE 2023 nanti. Mereka akan menggantikan Energica sebagai pemasok motor balap senyap paling bergengsi itu. Visual pengujian sudah dipublikasikan saat dibesut test rider Michele Pirro di Sirkuit Misano, Italia. Memiliki kode pengembangan V21L, desain motor listrik terlihat lebih simpel dibanding motor balap Ducati Desmosedici GP21.

Fairing tampak polos tanpa winglet besar. Desainnya sepintas seperti mengambil ide dari Ducati Panigale, mulai dari bentuk fairing depan, garis penutup di bagian tangki, dan model jok ridernya. Beberapa komponen penunjang balap juga diaplikasikan. Mulai dari penggunaan peredam kejut besutan Ohlins, sistem pengereman dari Brembo dan Marchesini, sampai swing arm dan subframe berbahan full serat karbon. Penggunaan rangka dan lengan ayun karbon bertujuan mengurangi bobot motor serendah mungkin.

Ducati MotoE

Mengutip laman resmi Ducati, tim pengembangan masih membatasi performanya sampai 70 persen. Artinya masih ada ruang untuk produk itu terus dikembangkan. Mengingat statusnya memang masih prototipe atau bukan produk akhir yang akan digunakan pada 2023. Ducati juga memastikan jika perancang motor ini berbeda dengan departemen balap MotoGP. Perakitan V21L adalah hasil kerja sama dari tim Ducati Corse dibantu para insinyur Ducati R&D yang dipimpin langsung oleh Direktur Ducati eMobility Roberto Cane.

"Kami mendapatkan momen yang sangat luar biasa. Saya merasa sulit untuk percaya bahwa ini adalah realitas dan bukan mimpi lagi. Melihat motor listrik Ducati melaju di lintasan sangat mengagumkan, bukan hanya berkat keunikannya, tapi juga dari pendekatannya. Menantang dari target performa dan perakitan yang dilakukan dalam waktu singkat," kata Roberto Cane, mengutip laman resmi Ducati (21/12).

Baca Juga: Belum Ada Tanda-tanda Motor Listrik Ducati, Ini Alasannya

Ducati MotoE

Sayang memang belum ada data atau catatan resmi menyoal performa dari Ducati V21L, namun menurut test rider Michele Pirro motor tersebut punya akselerasi yang buas, ringan, dan punya keseimbangan yang sangat baik.

 

MotoE Sejak 2019

Sekadar informasi, ajang balap motor listrik MotoE pertama kali dilakukan pada 2019. Energica menjadi pemasok tunggal motor kepada seluruh tim yang ikut. Gelaran balap ini digalakkan Dorna Sports yang tujuannya mempromosikan alternatif bahan bakar untuk motor, utamanya di ajang balapan.

Dan pada Oktober lalu, Energice menginformasikan jika di 2022 adalah musim terakhir bagi mereka menjadi penyuplai di MotoE. Tak lama, Ducati ditunjuk oleh Dorna Sports sebagai supplier motor baru MotoE pada 2023 nanti. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Ducati Panigale V4 R Direncanakan Pakai Seamless Shift Gearbox MotoGP

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Ducati Unggulan