Fakta, AC Bugatti Bisa Sejukkan Apartment Berukuran 80 m2

Bugatti Julia Lemke

JAKARTA -- Sistem pendingin udara kendaraan atau umumnya disebut AC menjadi bagian kendaraan. Anda mungkin tahunya, AC berfugsi mendinginkan bagian kabin. Sebagai fitur umum sebuah mobil rasanya ini hal yang sederhana untuk dikembangkan. Padahal tak sesederhana itu.

Ditarik ke belakang, sejarah AC berjalan sejak 1933 silam, artinya sudah 87 tahun. Sebagian dari kita bakal berpikir pemasangan AC ke dalam sebuah kendaraan akan menjadi suatu hal yang standar seperti layaknya memasang jok mobil. Padahal tak sesederhana itu. Fungsinya terbilang sama seperti jok, unit AC juga harus spesifik dengan fungsi mobil itu sendiri.

Inilah yang terjadi dengan Bugatti, dan Julie Lemke, seorang wanita asal Jerman yang merancang sistem pendingin udara untuk Bugatti akan mengungkapkan pokok masalah yang sebenarnya. Lemke sendiri telah bekerja di industri otomotif sejak 2013 dan mulai bergabung dengan pabrikan Bugatti sejak empat tahun lalu.

Sebagai koordinator teknis keseluruhan untuk sistem pendingin udara Bugatti dan pemegang gelar doktor dalam bidang teknik, Julia Lemke telah merancang sistem pendingin udara baru untuk memastikan sistem aliran udara dan pendingin udara siap bekerja dengan sempurna pada model Chiron Pur Sport1 terbaru, Divo2 dan semua model Chiron3 lainnya.

Bugatti AC

Sistem Pendingin

Seperti dilansir motor1, Lemke menjelaskan bahwa salah satu tantangan dalam pemasangan sistem AC untuk semua model Bugatti adalah melalui keyakinan jika setiap orang memiliki suhu optimal sendiri. Contoh umumnya seperti ini, orang Eropa biasanya merasa nyaman dengan suhu antara 21 dan 22 derajat, sedangkan sebagian besar orang Amerika lebih menyukai beberapa derajat lebih dingin. Dalam hal ini, ia harus memastikan dengan pasti jika sistem AC akan langsung bekerja cepat tanpa suara, dan para penumpang hanya perlu merasakan kesejukan tanpa perlu menyadarinya. Sistem ini terdiri dari saluran AC dengan total panjang sekitar 9,5 meter karena konsep mesin yang diusung berada di tengah (mid-engine).

Rintangan penting lainnya adalah kecepatan. Saat nama Bugatti, khususnya Chiron, Divo, dan Chiron Pur Sport, dikenal sebagai supercar dengan kecepatan diatas 400 km/jam, maka sistem AC yang digunakan pun tentu berbeda dari yang konvensional. Hawa yang dihasilkan pun dapat berubah dengan kecepatan yang digapai. Jika kendaraan konvensional dapat menerima udara luar yang masuk ke interior melalui ujung bawah kaca depan, sektor kabin Bugatti hanya dapat menerima hawa udara luar saat mobil ini telah mencapai kecepatan 250 km/jam atau di atasnya karena sangat kedap.

Bugatti

Kaca Depan

Hal terpenting justru adalah posisi kaca depan Bugatti yang hampir terlihat datar. Kaca ini hanya memiliki sudut kemiringan 21,5 derajat dibandingkan dengan 30 derajat biasa milik mobil kompak konvensional. Akibatnya, kemiringan ini tentunya akan menambah bagian kabin menjadi lebih panas karena radiasi matahari yang lebih tinggi memasuki kabin, belum lagi jika ditambah dengan opsi sunroof Sky View yang populer di mobil Bugatti.

Untuk mengatasi hawa panas ini, Lemke pun menyematkan kompresor AC milik Bugatti dengan kapasitas pendinginan dengan tenaga yang lebih dari 10 kilowatt (13 hp). Dengan kapasitas besar ini rasanya cukup untuk mendinginkan seluruh gedung apartment Eropa berukuran 80 m2 (861 kaki persegi), klaim Bugatti. (Vox/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Honda CR-V Debut Versi e:FCEV di Japan Mobility Show 2025, Ngacir Pakai Hidrogen
    Honda CR-V Debut Versi e:FCEV di Japan Mobility Show 2025, Ngacir Pakai Hidrogen
    Bangkit Jaya . Hari ini
  • Sesuai Jadwal, GAC Indonesia Mulai Kirim Aion UT ke Konsumen
    Sesuai Jadwal, GAC Indonesia Mulai Kirim Aion UT ke Konsumen
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Mitsubishi Destinator Ultimate Premium Mejeng di The 7th Indonesia Autovaganza 2025
    Mitsubishi Destinator Ultimate Premium Mejeng di The 7th Indonesia Autovaganza 2025
    Tomi Tomi . 26 Okt, 2025
  • Menyusuri Jejak Perjalanan Daihatsu dari Masa ke Masa di Humobility World Osaka
    Menyusuri Jejak Perjalanan Daihatsu dari Masa ke Masa di Humobility World Osaka
    Editorial . Hari ini
  • Century 'Keluar' dari Toyota, Jadi Merek Lebih Mewah di Atas Lexus
    Century 'Keluar' dari Toyota, Jadi Merek Lebih Mewah di Atas Lexus
    Anindiyo Pradhono . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Toyota Membuka Babak Baru Lewat Corolla Concept
    Toyota Membuka Babak Baru Lewat Corolla Concept
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • Suzuki Gunakan Kembali Baterai EV Bekas untuk Lampu Jalan Tenaga Surya
    Suzuki Gunakan Kembali Baterai EV Bekas untuk Lampu Jalan Tenaga Surya
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Honda CR-V e:FCEV Curi Perhatian di Japan Mobility Show 2025
    Honda CR-V e:FCEV Curi Perhatian di Japan Mobility Show 2025
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Panggilan Buat Warga Tangsel dan Sekitarnya, Suzuki Fronx Hadir di Bintaro Xchange!
    Panggilan Buat Warga Tangsel dan Sekitarnya, Suzuki Fronx Hadir di Bintaro Xchange!
    OTO . Hari ini
  • GAC Indonesia Tepati Janji, Pengiriman Perdana AION UT Dimulai Oktober 2025
    GAC Indonesia Tepati Janji, Pengiriman Perdana AION UT Dimulai Oktober 2025
    Anjar Leksana . 30 Okt, 2025
  • Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
    Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
    Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
    Ardiantomi . Hari ini
  • Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
    Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
    OTO . Hari ini
  • Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
    Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
    Ardiantomi . 30 Okt, 2025
  • Mengintip Interior Jaecoo J5 EV, SUV Listrik dengan Kenyamanan Kelas Premium
    Mengintip Interior Jaecoo J5 EV, SUV Listrik dengan Kenyamanan Kelas Premium
    Setyo Adi Nugroho . 21 Okt, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2025
  • Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Muhammad Hafid . 23 Okt, 2025
  • Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Wahyu Hariantono . 22 Okt, 2025
  • First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    Muhammad Hafid . 17 Okt, 2025
  • First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    Anjar Leksana . 15 Okt, 2025