Fakta, AC Bugatti Bisa Sejukkan Apartment Berukuran 80 m2

Bugatti Julia Lemke

JAKARTA -- Sistem pendingin udara kendaraan atau umumnya disebut AC menjadi bagian kendaraan. Anda mungkin tahunya, AC berfugsi mendinginkan bagian kabin. Sebagai fitur umum sebuah mobil rasanya ini hal yang sederhana untuk dikembangkan. Padahal tak sesederhana itu.

Ditarik ke belakang, sejarah AC berjalan sejak 1933 silam, artinya sudah 87 tahun. Sebagian dari kita bakal berpikir pemasangan AC ke dalam sebuah kendaraan akan menjadi suatu hal yang standar seperti layaknya memasang jok mobil. Padahal tak sesederhana itu. Fungsinya terbilang sama seperti jok, unit AC juga harus spesifik dengan fungsi mobil itu sendiri.

Inilah yang terjadi dengan Bugatti, dan Julie Lemke, seorang wanita asal Jerman yang merancang sistem pendingin udara untuk Bugatti akan mengungkapkan pokok masalah yang sebenarnya. Lemke sendiri telah bekerja di industri otomotif sejak 2013 dan mulai bergabung dengan pabrikan Bugatti sejak empat tahun lalu.

Sebagai koordinator teknis keseluruhan untuk sistem pendingin udara Bugatti dan pemegang gelar doktor dalam bidang teknik, Julia Lemke telah merancang sistem pendingin udara baru untuk memastikan sistem aliran udara dan pendingin udara siap bekerja dengan sempurna pada model Chiron Pur Sport1 terbaru, Divo2 dan semua model Chiron3 lainnya.

Bugatti AC

Sistem Pendingin

Seperti dilansir motor1, Lemke menjelaskan bahwa salah satu tantangan dalam pemasangan sistem AC untuk semua model Bugatti adalah melalui keyakinan jika setiap orang memiliki suhu optimal sendiri. Contoh umumnya seperti ini, orang Eropa biasanya merasa nyaman dengan suhu antara 21 dan 22 derajat, sedangkan sebagian besar orang Amerika lebih menyukai beberapa derajat lebih dingin. Dalam hal ini, ia harus memastikan dengan pasti jika sistem AC akan langsung bekerja cepat tanpa suara, dan para penumpang hanya perlu merasakan kesejukan tanpa perlu menyadarinya. Sistem ini terdiri dari saluran AC dengan total panjang sekitar 9,5 meter karena konsep mesin yang diusung berada di tengah (mid-engine).

Rintangan penting lainnya adalah kecepatan. Saat nama Bugatti, khususnya Chiron, Divo, dan Chiron Pur Sport, dikenal sebagai supercar dengan kecepatan diatas 400 km/jam, maka sistem AC yang digunakan pun tentu berbeda dari yang konvensional. Hawa yang dihasilkan pun dapat berubah dengan kecepatan yang digapai. Jika kendaraan konvensional dapat menerima udara luar yang masuk ke interior melalui ujung bawah kaca depan, sektor kabin Bugatti hanya dapat menerima hawa udara luar saat mobil ini telah mencapai kecepatan 250 km/jam atau di atasnya karena sangat kedap.

Bugatti

Kaca Depan

Hal terpenting justru adalah posisi kaca depan Bugatti yang hampir terlihat datar. Kaca ini hanya memiliki sudut kemiringan 21,5 derajat dibandingkan dengan 30 derajat biasa milik mobil kompak konvensional. Akibatnya, kemiringan ini tentunya akan menambah bagian kabin menjadi lebih panas karena radiasi matahari yang lebih tinggi memasuki kabin, belum lagi jika ditambah dengan opsi sunroof Sky View yang populer di mobil Bugatti.

Untuk mengatasi hawa panas ini, Lemke pun menyematkan kompresor AC milik Bugatti dengan kapasitas pendinginan dengan tenaga yang lebih dari 10 kilowatt (13 hp). Dengan kapasitas besar ini rasanya cukup untuk mendinginkan seluruh gedung apartment Eropa berukuran 80 m2 (861 kaki persegi), klaim Bugatti. (Vox/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • GWM Mulai Rakit Lokal Ora 03 di Pabrik Inchcape, TKDN Sudah 40 Persen
    GWM Mulai Rakit Lokal Ora 03 di Pabrik Inchcape, TKDN Sudah 40 Persen
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Mitsubishi Fuso Meriahkan JAMNAS XII CMIC 2025, Ribuan Member Serbu Purwokerto
    Mitsubishi Fuso Meriahkan JAMNAS XII CMIC 2025, Ribuan Member Serbu Purwokerto
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Lamborghini Jakarta Resmikan ‘Rumah’ Baru di Jaksel, Luncurkan Urus SE ke Indonesia
    Lamborghini Jakarta Resmikan ‘Rumah’ Baru di Jaksel, Luncurkan Urus SE ke Indonesia
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • GJAW 2025: VinFast Pamer Dua Calon Model Baru, Salah Satunya SUV Konsep
    GJAW 2025: VinFast Pamer Dua Calon Model Baru, Salah Satunya SUV Konsep
    Tomi Tomi . 24 Nov, 2025
  • GJAW 2025: MG Bawa Line Up Lengkap, Ada Promo Model ICE dan EV
    GJAW 2025: MG Bawa Line Up Lengkap, Ada Promo Model ICE dan EV
    Wahyu Hariantono . 24 Nov, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bridgestone Tampilkan Edukasi Ban dan Produk Unggulan di GJAW 2025
    Bridgestone Tampilkan Edukasi Ban dan Produk Unggulan di GJAW 2025
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Jetour Targetkan Penambahan 18 Diler Baru Hingga 2026
    Jetour Targetkan Penambahan 18 Diler Baru Hingga 2026
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Mengenal LEX Platform Lepas L8, Diklaim Berbeda dengan Milik Chery
    Mengenal LEX Platform Lepas L8, Diklaim Berbeda dengan Milik Chery
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Chery X: SUV Konsep Serbaguna yang Bisa Jadi Double Cabin, Tampil Perdana di Indonesia
    Chery X: SUV Konsep Serbaguna yang Bisa Jadi Double Cabin, Tampil Perdana di Indonesia
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Target dan Rencana LEPAS Bikin Pasar Mobil Indonesia yang Membosankan Jadi Lebih Berwarna
    Target dan Rencana LEPAS Bikin Pasar Mobil Indonesia yang Membosankan Jadi Lebih Berwarna
    Ardiantomi . Hari ini
  • Mengenal Changan Deepal S07, SUV Listrik Premium Seharga Rp599 Juta
    Mengenal Changan Deepal S07, SUV Listrik Premium Seharga Rp599 Juta
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Intip Spesifikasi Changan Lumin: Mobil Listrik Imut dengan Harga Rp178 juta
    Intip Spesifikasi Changan Lumin: Mobil Listrik Imut dengan Harga Rp178 juta
    Zenuar Yoga . 24 Nov, 2025
  • Deret Fitur Mitsubishi Xforce Ini Bikin Berkendara Lebih Aman dan Nyaman
    Deret Fitur Mitsubishi Xforce Ini Bikin Berkendara Lebih Aman dan Nyaman
    Ardiantomi . 20 Nov, 2025
  • Menjelajah Mazda Museum: Napak Tilas Teknologi, Desain, dan Warisan Rotary
    Menjelajah Mazda Museum: Napak Tilas Teknologi, Desain, dan Warisan Rotary
    Eka Zulkarnain . 14 Nov, 2025
  • Ulik Spesifikasi 849 Testarossa, Spesies Terbaru dari Ferrari
    Ulik Spesifikasi 849 Testarossa, Spesies Terbaru dari Ferrari
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Ardiantomi . 20 Nov, 2025
  • Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Muhammad Hafid . 17 Nov, 2025
  • First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    Bangkit Jaya Putra . 10 Nov, 2025
  • First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    Anjar Leksana . 07 Nov, 2025
  • Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2025