Ferrari F80 Lanjutkan Singgasana Supercar Hybrid LaFerrari

Ferrari F80

Kami menyaksikan peluncuran supercar Ferrari yang bersejarah. Sebuah peristiwa yang terjadi setiap sepuluh tahun sekali sejak tahun 1984, dimulai dengan produksi Ferrari GTO sebagai e-Turbo pertama. Penerbangan selama lebih dari 15 jam dari Jakarta ke Maranello, Italia, kami tempuh. Untuk melihat langsung kemunculan perdana F80

Menggantikan LaFerrari sebagai hybrid pertama, Ferrari F80 membawa esensi supercar yang sejati dengan DNA Formula 1. Namun masih menyenangkan untuk dikemudikan di jalan raya. Ferrari F80 didesain dengan tampilan eksterior agresif, yang didominasi oleh garis aerodinamis di seluruh bodinya.

Desain Ferrari F80 diilhami oleh mekanisme jet darat Formula 1. Penyelenggara memperlihatkan sasis tanpa bodi untuk menunjukkan "jeroan" dari Ferrari F80. Kita bahkan bisa melihat suspensi horizontal yang serupa dengan sistem shock absorber Formula 1. Merupakan keberuntungan untuk menyaksikan langsung peluncuran yang bersejarah ini dan menjadi satu-satunya media dari Indonesia yang mendapatkan kesempatan istimewa ini.

Ferrari F80

Ferrari F80 didesain untuk dapat beroperasi di berbagai kondisi jalan, memungkinkan pengguna menikmatinya tidak hanya di sirkuit balap tetapi juga di jalan umum. Desainnya yang mencerminkan supercar autentik dengan bonnet yang pendek dan bagian belakang yang lebih panjang dirancang untuk mengoptimalkan aerodinamika selama akselerasi.

F80 memiliki desain single-seater yang unik, namun masih dapat menampung satu penumpang tambahan. Kursi dibuat asimetris antara pengemudi dan penumpang depan, memberikan sensasi berkendara seperti single-seater. Akan tetapi, ini menyebabkan jarak antar penumpang menjadi sangat dekat, sehingga tidak tersedia ruang di konsol tengah.

Ferrari F80

Tidak perlu berharap akan adanya ruang penyimpanan yang luas. Mobil ini memang didesain untuk menampilkan mesin dengan konfigurasi belakang. Mesin V6 3.0-liter e-Turbo yang dipadukan dengan sistem penggerak e-4WD dan motor listrik terintegrasi.

Ferrari F80 diakui mampu menghasilkan tenaga hingga 1200 hp, dengan 900 hp berasal dari mesin konvensional dan 300 hp dari motor listrik. Suara knalpot yang memukau pun menegaskan keagungan mesin V6 tersebut.

Menariknya, Ferrari F80 tidak memiliki mode listrik atau e-mode. Motor listriknya hanya berperan dalam meningkatkan kinerja mesin, bukan sebagai penggerak utama layaknya mobil hybrid pada umumnya.

Ferrari F80

Pengembangan dan produksi baterai hybrid serta motor listrik Ferrari F80 dilaksanakan secara internal oleh pabrikan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan teknologi hybrid yang berkelanjutan, termasuk aspek durabilitas baterai dan motor listrik, serta menjaga performa mesin agar tetap sesuai dengan standar Ferrari.

Performa mesin sudah dibuktikan pabrikan. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dapat dicapai hanya dalam 2,1 detik. Sebuah rekor baru juga telah diukir dengan catatan waktu satu putaran di Sirkuit Fiorano hanya dalam 1 menit 15 detik. Hal ini menegaskan bahwa para penggemar Ferrari selalu mengharapkan performa puncak dan kekuatan yang mengagumkan. (Mc)

Baca Juga: Ferrari Ogah Pasang Turbo ke Mesin V12

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Ferrari Unggulan

Artikel Mobil Ferrari dari Carvaganza

  • Amalfi Tanpa Versi Spider Seperti Roma, Ferrari: Kami Tidak Bisa Ditebak
    Amalfi Tanpa Versi Spider Seperti Roma, Ferrari: Kami Tidak Bisa Ditebak
    Wahyu Hariantono . 03 Jul, 2025
  • 5 Hal Penting Ferrari Amalfi, Dari Penamaan Baru Sampai Penebusan 'Dosa'
    5 Hal Penting Ferrari Amalfi, Dari Penamaan Baru Sampai Penebusan 'Dosa'
    Wahyu Hariantono . 02 Jul, 2025
  • EKSKLUSIF DARI ITALIA: Ferrari Amalfi Debut, Redefinisi Desain dan Performa Sportscar Entry
    EKSKLUSIF DARI ITALIA: Ferrari Amalfi Debut, Redefinisi Desain dan Performa Sportscar Entry
    Wahyu Hariantono . 02 Jul, 2025
  • Tiga Model Terbuas Ferrari Menang Penghargaan Desain Terbaik
    Tiga Model Terbuas Ferrari Menang Penghargaan Desain Terbaik
    Wahyu Hariantono . 12 Jun, 2025
  • Kombinasi Modern dan Klasik Ferrari 12Cilindri Menangkan Car Design Award
    Kombinasi Modern dan Klasik Ferrari 12Cilindri Menangkan Car Design Award
    Wahyu Hariantono . 06 Mei, 2025

Artikel Mobil Ferrari dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Ferrari Amalfi Atap Terbuka Absen, Pabrikan Mau Lihat Respons Pasar
    Ferrari Amalfi Atap Terbuka Absen, Pabrikan Mau Lihat Respons Pasar
    Wahyu Hariantono . 04 Jul, 2025
  • Ferrari Amalfi Debut, Warisan Dolce Vita dengan Sentuhan Performa Modern
    Ferrari Amalfi Debut, Warisan Dolce Vita dengan Sentuhan Performa Modern
    Wahyu Hariantono . 02 Jul, 2025
  • Ferrari 12Cilindri Mendarat di Indonesia
    Ferrari 12Cilindri Mendarat di Indonesia
    Wahyu Hariantono . 21 Mar, 2025
  • Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Sports Car Award: Ferrari Roma Spider
    Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Sports Car Award: Ferrari Roma Spider
    Anindiyo Pradhono . 30 Okt, 2024
  • Diproduksi Hanya 799 Unit, Ferrari F80 Ludes Terjual
    Diproduksi Hanya 799 Unit, Ferrari F80 Ludes Terjual
    Alvando Noya . 24 Okt, 2024
  • La Nuova Dolce Vita, Berkencan ala Sultan Bersama Ferrari Roma
    La Nuova Dolce Vita, Berkencan ala Sultan Bersama Ferrari Roma
    Eka Zulkarnain . 04 Des, 2024
  • Fakta Menarik dari Supercar Terbaru Ferrari F80 yang Sarat Kecanggihan
    Fakta Menarik dari Supercar Terbaru Ferrari F80 yang Sarat Kecanggihan
    Alvando Noya . 22 Okt, 2024
  • 10 Mobil Klasik Ferrari Termahal di Dunia, Tembus Sampai Rp 1 Triliun
    10 Mobil Klasik Ferrari Termahal di Dunia, Tembus Sampai Rp 1 Triliun
    Rizki Satria . 04 Mei, 2021
  • First Drive Ferrari Roma Spider: Melayani dengan Kesempurnaan dan Kenyamanan
    First Drive Ferrari Roma Spider: Melayani dengan Kesempurnaan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 23 Sep, 2024
  • Test Drive Ferrari 296 GTS: Menikmati Raungan V6 Hybrid dengan Atap Terbuka di Tuscany
    Test Drive Ferrari 296 GTS: Menikmati Raungan V6 Hybrid dengan Atap Terbuka di Tuscany
    OTO . 26 Okt, 2022
  • First Drive Ferrari 296 GTB: Mesin V6 Hidup Kembali dengan Pendekatan Teknologi Hybrid
    First Drive Ferrari 296 GTB: Mesin V6 Hidup Kembali dengan Pendekatan Teknologi Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 05 Agu, 2022