Ferrari Tunjuk APM Baru di Indonesia, Langsung Buka Diler dan Luncurkan Dua Model

Ferrari SF90 Stradale

Ferrari kembali hadir di Indonesia lewat Agen Pemegang Merek (APM) baru. Kini pabrikan supercar Italia menunjuk PT Eurokars Prima Utama menjadi importir dan distributor ekslusif untuk Indonesia. Pihak APM mengatakan, Indonesia adalah pasar yang penting bagi Ferrari dan senang telah menemukan partner lokal yang kuat dan sangat memahami eksklusivitas brand dengan logo the Prancing Horse.

Diler baru langsung dibuka. Sekaligus juga mengenalkan dua model yang telah lama dinanti di Indonesia: SF90 Stradale dan Ferrari Roma. Dua supercar terbaru dengan karakter berbeda, namun disatukan dalam semangat DNA Prancing Horse, kedua model ini menampilkan gaya, kemewahan, dan kecepatan.

Ferrari SF90 Stradale

Ferrari SF90 Stradale

SF90 Stradale merupakan supercar Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) pertama Ferrari. Ia mengawali era baru dalam sejarah merek ini. Ekstrem dari setiap sudut pandang, SF90 Stradale diklaim sebagai mobil yang menjanjikan performa tinggi didukung teknologi canggih Maranello yang dikembangkan untuk Formula 1.

SF90 Stradale memiliki mesin turbo 90 derajat V8 yang mampu menghasilkan 780 cv (769 hp). Angka ini merupakan output tertinggi dari semua mesin 8 silinder dalam sejarah Ferrari. Masih ada tambahan 220 cv (216 hp) dari tiga motor listrik, dua di depan, satu di belakang, yang dikenal sebagai MGUK (Motor Generator Unit Kinetic). Sebuah teknologi dari Formula 1 yang terletak diantara mesin dan “8-speed dual-clutch transmission” baru di as roda belakang, dan dua di as roda depan.

Teknologi canggih tidaklah rumit, Justru sebaliknya. Pengemudi hanya perlu memilih salah satu dari empat “power unit modes”, dan hanya perlu konsentrasi mengemudi. Sistem Kontrol yang canggih menangani ini dengan mengatur aliran daya antara mesin, motor listrik, dan baterai.

SF90 Stradale juga merupakan supercar pertama Ferrari yang dilengkapi dengan 4WD. Sebuah langkah penting agar tenaga besar yang dikeluarkan oleh “Hybrid Powertain” dapat dieksploitasi sepenuhnya. Memastikan akselerasi tuntas dalam 0-100 kpj dalam 2,5 detik dan 0-200 kpj hanya dalam 6,7 detik.

Ferrari Roma

Ferrari Roma

Roma merupakan model coupe 2+2, karena terdapat tambahan 2 kursi di belakang. Tapi hanya cukup ditumpangi oleh anak-anak karena sempit sekali. Roma merupakan perwujudan dari "La Nuova Dolce Vita" yang membangkitkan gaya hidup riang dan menawan pada 1950an dan 60an di Roma.

Eksteriornya cukup elegan dan minimalis disandingkan dengan serangkaian teknologi terkini. Di antaranya adalah rear spoiler adaptif yang dirancang untuk mempertahankan keanggunan formal mobil saat ditutup walau tetap menjamin downforce yang esensial untuk kinerja mobil dan bisa diaktifkan secara otomatis di kecepatan tinggi.

Berbeda dengan SF90 Stradale, mesin Roma terletak di bagian depan dengan konfigurasi V8 turbo 3,9-liter. Tenaganya 620 cv (611 hp), berhasil memenangkan International Engine of the Year selama empat tahun berturut-turut.

Mesin ini dipadukan transmisi 8-speed-dual clutch yang baru, komponen ringan, dan berbagai sistem penggerak dinamis. Menjadikan Roma sebagai mid-front-engined V8 2+ terkuat dalam sejarah Ferrari tanpa mengorbankan kenyamanan berkendara sehari-hari. Ferrari Roma merupakan supercar yang didesain untuk penggunaan sehari-hari yang tidak hanya mengedepankan tenaga buas, tapi juga kenyamanan. (Val/Odi)

Baca Juga: The Beast BMW M2, Modifikasi Lokal yang Diakui International

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua