FIRST IMPRESSION: Merasakan Keganasan MV Agusta All New Brutale 800

JAKARTA, 28 Februari 2017 – Setelah resmi meluncurkan All New Brutale 800, PT Motor Varese Indonesia (MVI) selaku pemegang merek MV Agusta di Indonesia menyediakan unit test ride bagi jurnalis otomotif di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu lalu. Menjajal kegarangan motor dengan desain body futuristis dengan sasis sadle yang terlihat seperti “mengambang” ini dikawasan Sirkuit Sentul, Motovaganza juga mendapatkan kesempatan tersebut. Melihat penampilannya, motor dengan aliran naked ini terlihat begitu buas, apalagi jika melihat tiga pipa buangan gas buang di bagian sisi kanan motor. Impresi pertama duduk di atas jok MV Agusta New Brutale 800 terasa sangat berkarakter. Hal ini diyakini dengan posisi berkendara yang sedikit agak menunduk serta dimensi setang yang terbilang lebar. MV Agusta New Brutale 800 memiliki tinggi kursi pengendara yang berjarak 829 mm – ini membuat pengendara yang memiliki postur tinggi badan sekitar 175 cm - tidak mengalami masalah  baik soal bobot maupun handling karena kaki bisa menapak sempurna. Speedometer hanya terlihat memuat informasi kecepatan, level bahan bakar, gir transmisi dan riding mode posisition. Tidak membutuhkan waktu lama setelah gelaran coaching clinic bertema safety riding usai, kami pun langsung mencoba untuk memacu motor yang memiliki mesin tiga silinder berkapasitas 800 cc. Baca juga: All New MV Agusta Brutale 800 Diperkenalkan, Harga Rp 530 Juta Baca juga: Intip Detail All New MV Agusta Brutale 800 Baca juga: Safety Riding MV Agusta Owner Club Indonesia (MVOCI) di Sentul Kesan pertama begitu kami mantap untuk memutir gas, motor sudah menghentak seolah mengajak berlari kencang. MV Agusta New Brutale dilengkapi dengan riding mode dengan tiga channel - Rain, Normal/Touring dan Sport - di posisi 3.000 rpm saja mesin masih ‘merengek’ butuh putaran lebih tinggi lagi. Torsi mesin masih terasa liar sampai menginjak rpm tinggi. Menguji fungsi quick shifter up and down yang tersemat pada motor dan juga telah dilengkapi dengan slipper clutch yang beroperasi melalui teknologi hidrolik dan Electronically Assisted Shift (EAS) 2.0 Up and Down Gear Shift, dikelola oleh sistem MVICS terbaru. Motor yang dijual seharga 530 juta rupiah (On The Road Jakarta) ini terbilang nyaman dan “mau” diajak maneuver. Torsi mesin masih terasa liar sampai menginjak rpm tinggi, seperti saat masuk gigi tiga. Di posisi sport pada riding mode, ban depan motor berkesan tidak menapak alias wheelie. Tarikannya terasa seperti rambut “dijambak” setan. Handling naked bike garang tersebut cukup stabil untuk bermanuver di tikungan. Suspensi milik Sachs mampu meredam guncangan dengan baik. Menurut informasi yang didapat, suspensi ini juga mengalami revisi dari model sebelumnya yang sedikit lebih keras sehingga motor seringkali terasa kehilangan traksi. Terlebih suspensi Marzocchi bertipe upside down dibagian depannya membuat handling motor kian mantab. Sayangnya, pihak PT Motor Varese Indonesia hanya menyediakan satu motor dengan waktu yang terbatas untuk media test sehingga kamipun harus “mau tak mau” bergantian dengan media lain yang juga penasaran dengan buasnya motor asal Italia ini. Syaiful Achmad

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Suzuki Luncurkan Satria Pro 2025, Punya Fitur Canggih dan Teknologi Terkini di Kelas Underbone 150cc
    Suzuki Luncurkan Satria Pro 2025, Punya Fitur Canggih dan Teknologi Terkini di Kelas Underbone 150cc
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2025
  • Piaggio Medley S Terbaru Tawarkan Performa Efisien dan Gaya Modern
    Piaggio Medley S Terbaru Tawarkan Performa Efisien dan Gaya Modern
    Zenuar Yoga . 07 Nov, 2025
  • GSrek Indonesia Rayakan Satu Dekade dengan The Grand Tour 2 dan Gesrek Festival di Ancol
    GSrek Indonesia Rayakan Satu Dekade dengan The Grand Tour 2 dan Gesrek Festival di Ancol
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Aprilia SR GT 400 Debut di EICMA 2025, Bawa Mesin 36 HP dan Desain Adventure Premium
    Aprilia SR GT 400 Debut di EICMA 2025, Bawa Mesin 36 HP dan Desain Adventure Premium
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Alva N3 Hadir di EICMA Italia 2025, Gandeng Kawago untuk Ekspansi Global
    Alva N3 Hadir di EICMA Italia 2025, Gandeng Kawago untuk Ekspansi Global
    Zenuar Yoga . 06 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025