GAIC Aion UT Disiapkan untuk Melawan BYD Dolphin

GAC Aion UT

GAC Aion baru saja membuka jalur pemesanan untuk model UT di Tiongkok, siap bersaing dengan BYD Dolphin di segmen hatchback elektrik. Menariknya, Aion UT dibanderol lebih murah 10 ribu yuan atau sekitar Rp 22 jutaan dibandingkan dengan model pabrikan yang saat ini memimpin pasar elektrifikasi global. Harganya berkisar antara 89.800 yuan (Rp198,9 jutaan) hingga 109.800 yuan (Rp242,9 jutaan berdasarkan kurs pada 09/01).

Potensi Aion UT untuk masuk ke pasar Indonesia cukup besar. Mobil ini adalah model ketiga dari Aion yang dirancang untuk pasar global, setelah generasi kedua Aion V dan sedan Aion RT. Ini menunjukkan kemungkinan besar bahwa model ini akan dipasarkan ke luar negeri setelah peluncuran domestiknya.

BYD telah lebih dulu masuk ke Indonesia dengan memasarkan Dolphin dan mendapatkan respons yang cukup positif. Jika Aion UT juga dipasarkan di sini, bisa jadi akan meningkatkan daya saing dengan banderol yang lebih kompetitif.

GAC Aion UT

Aion UT, yang sebelumnya dikenal dengan nama kode AY2, adalah mobil kompak yang dirancang untuk mobilitas perkotaan. Dimensinya panjang 4.270 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.575 mm. Sebagai perbandingan, BYD Dolphin memiliki dimensi panjang 4.290 mm, lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.570 mm. Aion UT memiliki jarak sumbu roda 2.750 mm.

Desain Aion UT mencerminkan gaya khas Aion dengan banyak bagian tubuh yang membulat. Tampilan depannya terkesan menggemaskan dengan sektor penerangan berbentuk tajam. Bumper depan dilengkapi grille dengan kisi-kisi hitam dan lampu kabut LED. Bagian belakang memiliki konsep minimalis dengan bumper kontras yang menyambung dengan cladding hitam yang mengelilingi mobil. Lampu kombinasi belakang bermain dengan pola geometris yang sederhana, dan pilar D diberi kover sewarna bodi untuk menambah detail tampilan.

Untuk performa, GAC Aion UT menggunakan motor listrik magnet permanen dengan tenaga puncak 100 kW atau 134 hp. Energi berasal dari baterai jenis LFP berkapasitas 44 kWh, memberikan jarak tempuh 420 km. Jarak tempuh ini cukup untuk penggunaan di perkotaan, namun diperlukan strategi pengisian daya jika digunakan untuk perjalanan luar kota. Meski begitu, jarak tempuh ini lebih kecil dari klaim awal yang menunjukkan 600 km. Proses pengisian daya dari 30% ke 80% membutuhkan waktu sekitar 24 menit.

GAC Aion UT

Interiornya membawa nuansa futuristik dan minimalis dengan minim tombol fisik di dasbor. Material soft touch dipadukan dengan trim kromium matte pada setir dan handle. Fitur seperti pengisi daya smartphone nirkabel, cupholder, dan banyak kompartemen juga hadir. Konsol tengah bergaya floating menambah kesan modern.

Layar utama untuk multimedia sekaligus kontrol fungsi kendaraan berukuran besar, yaitu 14,6 inci, sementara panel instrumen digital berukuran 8,8 inci. Sistem infotainment mendukung HiCar, CarLink, dan CarPlay. Ada juga asisten suara berbasis AI yang memungkinkan pengguna mengatur navigasi, kursi, dan kontrol suhu melalui perintah suara.

Kabinnya lapang dengan bagasi berkapasitas 440 liter, mampu menampung empat koper medium. Kapasitas ini bisa dimaksimalkan hingga 1.600 liter dengan melipat rata kursi belakang. (Hfd)

Baca Juga: 

Canggihnya Platform Teknologi Magazine Battery di Seluruh Mobil-mobil AION

GAC Aion Rilis Model Global Hyper GT, Berpeluang Dijual di Indonesia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil GAC Unggulan

Artikel Mobil GAC dari Carvaganza

  • Aion UT Siap Rilis di GIIAS 2025, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasinya
    Aion UT Siap Rilis di GIIAS 2025, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasinya
    Anjar Leksana . 08 Jul, 2025
  • Eksplorasi dan Impresi Awal GAC Aion UT Sebelum Rilis di Indonesia, Hatchback Listrik Stylish
    Eksplorasi dan Impresi Awal GAC Aion UT Sebelum Rilis di Indonesia, Hatchback Listrik Stylish
    Setyo Adi . 01 Jul, 2025
  • GAC Aion Resmikan Pabrik EV di Purwakarta, Fokus Pasar Lokal dan Ekspor
    GAC Aion Resmikan Pabrik EV di Purwakarta, Fokus Pasar Lokal dan Ekspor
    Zenuar Yoga . 11 Jun, 2025
  • Aion Ekspansi Akses Elektrifikasi ke Timur Indonesia, Buka Dealer di Makassar
    Aion Ekspansi Akses Elektrifikasi ke Timur Indonesia, Buka Dealer di Makassar
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Aion V Sudah Mulai Produksi Lokal, Siap Dikirim ke Konsumen Bulan Ini
    Aion V Sudah Mulai Produksi Lokal, Siap Dikirim ke Konsumen Bulan Ini
    Anjar Leksana . 04 Jun, 2025

Artikel Mobil GAC dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Siap Mengaspal di GIIAS 2025, Berapa Harga Mobil Listrik Aion UT?
    Siap Mengaspal di GIIAS 2025, Berapa Harga Mobil Listrik Aion UT?
    Anjar Leksana . 07 Jul, 2025
  • Harga Aion V di Indonesia Sesuai CKD Sejak Awal Jualan
    Harga Aion V di Indonesia Sesuai CKD Sejak Awal Jualan
    Anjar Leksana . 12 Jun, 2025
  • Pabrik GAC AION di Purwakarta Resmi Beroperasi
    Pabrik GAC AION di Purwakarta Resmi Beroperasi
    Zenuar Yoga . 11 Jun, 2025
  • Aion Resmikan Diler Perdana di Makassar
    Aion Resmikan Diler Perdana di Makassar
    Zenuar Yoga . 05 Jun, 2025
  • Dirakit di Fasilitas Indomobil, Aion V Siap Dikirim Awal Juni 2025
    Dirakit di Fasilitas Indomobil, Aion V Siap Dikirim Awal Juni 2025
    Anjar Leksana . 03 Jun, 2025
  • Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
    Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
    Setyo Adi Nugroho . 28 Jun, 2025
  • Perjalanan Mengunjungi Pabrik Mobil dan Baterai AION di Cina (Part-1)
    Perjalanan Mengunjungi Pabrik Mobil dan Baterai AION di Cina (Part-1)
    Eka Zulkarnain . 05 Mei, 2025
  • Mengintip Pabrik Baterai GAC AION, Dari Riset Hingga Produksi Massal
    Mengintip Pabrik Baterai GAC AION, Dari Riset Hingga Produksi Massal
    Eka Zulkarnain . 28 Apr, 2025
  • Mengintip Pabrik Baterai GAC AION, Dari Riset Hingga Produksi Massal
    Mengintip Pabrik Baterai GAC AION, Dari Riset Hingga Produksi Massal
    Eka Zulkarnain . 28 Apr, 2025
  • Mengintip Pabrik Baterai GAC AION, Dari Riset Hingga Produksi Massal
    Mengintip Pabrik Baterai GAC AION, Dari Riset Hingga Produksi Massal
    Eka Zulkarnain . 28 Apr, 2025
  • First Drive Aion ES: Cocok Buat Sedan EV Pertama Kalian!
    First Drive Aion ES: Cocok Buat Sedan EV Pertama Kalian!
    Setyo Adi Nugroho . 27 Jul, 2024