GIIAS 2022: Hino Kenalkan Truk Listrik Dutro Z EV

Hino Dutro Z EV

 

Dari bagian kendaraan komersial, ada Hino yang memperkenalkan truk listrik. PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memajang Hino Dutro Z EV meski masih berstatus future product. Sekaligus sebagai komitmen terhadap perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Truk ini menggunakan baterai lithium dengan kapasitas 40 kWh untuk menyalurkan tenaga ke motor listrik. Menggunakan pengisian daya tipe normal AC type 1 dengan waktu pengisian 5 jam. Bisa juga pengisian daya cepat DC CHAdemo yang hanya butuh 1 jam. Dari penuh, mampu menempuh lebih dari 100 km. Pengalaman berkendaranya tentu minim getaran dan suara. Didesain dengan sasis rendah untuk mempermudah keluar masuk barang dan pengemudi ke dalam kabin.

Fitur-fitur keselamatan dari Dutro Z EV cukup lengkap. Terdapat pre collision safety untuk memberi peringatan ketika ada kemungkinan terjadi tabrakan dari depan. Selain itu hadir fitur electric parking brake, clearance sonar untuk mendeteksi hambatan ketika mobil digas secara mendadak akibat salah injak pedal akselerator. Lainnya erroneous start prevention function untuk pencegahan kesalahan menekan pedal gas dan rem. Fitur lane departure warning system hadir sebagai alat bantu keselamatan pada kendaraan yang dapat mendeteksi perpindahan jalur secara mendadak.

Perkenalan Hino EV ini juga bertepatan dengan ulang tahun HMSI yang ke 40 tahun sekaligus menjadi tema di GIIAS 2022. Perusahaan yang berdiri 1982 ini telah berkembang pesat dan menjadi bagian tak terpisahkan dalam pembangunan di Indonesia. Selain Dutro Z EV, Hino juga memperlihatkan beragam produk untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha perkebunan, pertambangan, logistik, distribusi dan transportasi lainnya.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih, kepada customer Hino Indonesia, atas kepercayaannya selama 40 tahun ini. Karena berkat customer setia kami. Saat ini, Hino berhasil menjadi market leader medium duty truck selama 22 tahun terakhir ini, dengan pangsa pasar diatas 50%” ungkap Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI dalam keterangannya.

Hino at GIIAS

Selain Dutro Z EV, terdapat lima unit kendaraan baik truk maupun bus. Hino hadir dengan luas lantai pameran 760 meter persegi. Model lain yang menjadi bintang pameran adalah Hino Ranger FM 280 JD Mining Spec yang diklaim merupakan market leader. Produk ini memiliki GVM 26 ton dengan tenaga maksimal 285 ps dan didesain untuk beroperasi di area pertambangan. Ini terlihat dari penggunaan sasis yang lebih kuat dengan material 8 mm, power take off transmisi, under guard protector serta safety feature seperti Easy start, digital hour meter, air conditioner, door lock dan power window. Model ini juga sudah menggunakan ban block yang cocok digunakan di area pertambangan.

Produk lainnya ada Hino Bus GB 150 AT. Bus bertransmisi otomatis ini diklaim menjadi yang yang pertama pada segmen bus medium, cocok untuk penggunaan sebagai bus pariwisata, rapid transit, transportasi dalam kota karena karakter lalu lintas stop and go. Bus ini menawarkan sistem bahan bakar yang disesuaikan dengan kualitas biofuel, tilt & teleskopik steering serta fitur eco dan fuel consumption indicator. Hino menawarkan GB150 AT dalam dua varian yakni wheelbase berukuran 3.870 mm dan 4.200 mm.

Model terbaru ada Ranger FMX 280 Tractor Head. Produk ini memiliki GCW 38 ton dengan tenaga maksimal 285 ps yang diklaim menghasilkan akselerasi kecepatan dan efisiensi bahan bakar di jalan datar. Produk ini sudah dilengkapi fitur rem trailer untuk tambahan pengereman yang lebih baik. Ada juga auto slack adjuster meningkatkan aspek keselamatan pada sistem pengereman dan mengurangi biaya perawatan.

Produk terbaru lainnya adalah Hino Ranger FLX 280 JW (8x2). Truk ini memiliki wheelbase yang lebih panjang untuk meningkatkan kestabilan dan distribusi beban yang merawat. Produk ini memiliki GVM 32 ton dan penambahan axle yang memiliki daya angkut lebih besar.

Masih dari model Ranger adalah FLE 260 JW (6x2) yang memiliki sasis lebih ringan. Ada juga Ranger FG 260 dengan panjang 12 meter dan wheelbase terpanjang. Model ini juga menghasilkan torsi yang lebih tinggi dengan penggunaan transmisi 7 percepatan. Kestabilan, performa dan efisiensi yang lebih baik.

Terakhir adalah model Hino Dutro 136 HDX 5.8 Plantation untuk memenuhi permintaan pasar pada bisnis kelapa sawit. Tenaganya sekitar 136 PS, final gear ratio 5.8 dengan GVW hingga 8,6 ton. Model ini dilengkapi dengan PTO Transmisi dan heavy duty suspension mendukung beban di medan kasar serta lug tires 7,5-16 untuk memudahkan bermanuver di lintasan off road.

Hino juga memperlihatkan model konsep dan future product lainnya. Pertama ada Dutro 136 HDL 6x2 Plantation yang merupakan light duty truck pertama di Indonesia dengan konfigurasi 6x2 atau 10 roda. Produk ini memiliki GVM hingga 14 ton dan membuatnya bisa dioperasikan di jalan sempit. Produk ini dibuat untuk aplikasi bodi tangki CPO alias sawit dan cocok sebagai pengangkutan di perkebunan serta masih sesuai regulasi.

Future product Hino200 Series hadir sebagai segmen baru truk Hino. Produk ini memiliki dimensi panjang 3 meter serta wheelbase 2.545 mm dan GVW 3,4 ton. Truk ini memiliki tenaga 144 ps dengan mesin Euro4 dan transmisi 5 percepatan. Penggunaannya ditujukan pada bisni harian dengan tampilan kabin serta fitur kenyamanan lengkap. Truk ini juga hadir dengan aplikasi bodi boks maupun flat deck.

“Hino200 Series, kami perkenalkan dan diskusikan dengan customer setia kami disini, untuk segmen terbaru Hino di pasar truk kecil. Harapan kami truk ini dapat melengkapi jajaran produk Hino yang sudah ada, sehingga customer mendapat pilihan baru untuk meningkatkan operasional bisnisnya” ungkap Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI. (Sta/Odi)

 

Baca Juga: Hino Siapkan Layanan Purnajual dan DX Tools untuk Menyongsong Regulasi Euro 4 Diesel

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Truk Hino Unggulan

Artikel Truk Hino dari Oto

  • Berita