Hyundai Casper Tampil Perdana di Korea, Bermodal Tampang dan Mesin Turbo

Hyundai Casper

Hyundai juga tak mau ketinggalan garap small SUV. Dirancanglah Casper yang baru saja mendebut meski belum resmi dijual. Ia dipastikan sebagai SUV terkecil dalam line-up pabrikan. Posisinya tepat berada di bawah Venue.

Nama Casper mengingatkan tokoh hantu lucu tontonan saat kita kecil. Nyatanya bukan diambil dari kartun itu. Menurut Hyundai, Casper adalah teknik kick-flip di dunia skateboard. Kalau ditranslasikan sesuai konteks tagline, berarti "change of direction". Entah apa maksudnya lebih mendalam, tapi SUV ini punya daya pikat menarik dari sisi desain. Lucu, seperti hantu Casper itu.

Hyundai Casper

Rancang desain sedikit tergambar saat unit terkamuflase kepergok. Posturnya tegak menegaskan sebuah SUV. Malah ada banyak kemiripan profil dengan Suzuki Ignis. Begitu semua selubung terbuka, tampak fasad dan buritan yang menggambarkan bahasa desain baru. Ada kesan futuristik seperti Staria dan juga mobil listrik Ioniq 5.

Interior belum diungkap sama sekali. Sepertinya menunggu peluncuran resmi bersamaan semua data teknis. Cuma sekadar rumor, tatanan dasbor maupun lingkar kemudi mirip dengan Kona. Setir tiga palang gaya modern dan ada head unit layar sentuh model mengambang (floating monitor). Tak menutup kemungkinan infotainment canggih dan pengaturan iklim otomatis, teknologi mobil yang terhubung, pengisi daya telepon nirkabel.

 

Baca Juga: Penampakan Diduga Hyundai Stargazer Terlihat dalam Balutan Kamuflase Tebal

Hyundai Casper

Ukurannya sangat kompak menggambarkan mobil untuk kaum urban. Belum ada data resmi dikeluarkan. Yang pasti panjang tak sampai 4 meter. Sepatutnya lebih mini ketimbang Venue dengan dimensi panjang 4.036 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.565 mm dan wheelbase 2.520 mm. Berarti cocok juga masuk dalam segmen SUV Sub-4m yang lagi booming di India.

Toh memang ada rencana Casper mengaspal di jalan-jalan Negeri Hindustan. Market sana sudah siap dengan kompetisi kuat. Kelak bakal jadi pesaing bagi Tata Punch, Renault Kwid dan Maruti Suzuki Ignis. Rumornya memakai mesin 4-silinder 1,2-liter naturally aspirated seperti dipakai Hyundai Grand i10 Nios. Tanpa turbo cukup menghasilkan 83 hp dan torsi 114 Nm.

Opsi berbeda ditawarkan di kampung halamannya. Dua opsi tersedia berkubikasi 1,0-liter. Satu natural 1,0-liter MPI dan 1,0-liter T-GDI turbocharger bertenaga 100 PS dan 172 Nm. Sementara pasar global ada perlakuan khusus. Kemungkinan Hyundai hanya menawarkan Casper dalam pilihan hybrid atau listrik murni. Gosipnya diproduksi pertengahan 2023. Kemungkinan memakai integrated drive module (iDM) garapan BorgWarner. Mampu mengombinasikan motor elektrik, girboks dan kelistrikan dalam satu unit modular. (Odi)

 

Baca Juga: Menggali Prospek Kehadiran Hyundai Creta di Indonesia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang