Hyundai Luncurkan i20 N Line, Pilihan Bergaya Sporty

Divisi balap N sedang diangkat namanya oleh Hyundai. Dibuatlah line-up tersendiri sebagai opsi tampilan lebih sporty. Hyundai i20 generasi terbaru pun kebagian jatah itu. Versi N Line resmi meluncur meski jangan berharap ada peningkatan performa. 


“Lewat i20 N Line terbaru, kami kemas opsi trim yang stylish dan sporty untuk i20 untuk pertama kali. Dengan model terbaru ini, kami berusaha memenuhi kebutuhan konsumen yang lebih luas dengan menawarkan gaya performa eksklusif yang terinspirasi dari merek N, sebagai penegas akar dunia motorsport dalam merek kami,” papar Andreas-Christoph Hofmann, Vice President Marketing and Product at Hyundai Motor Europe.


Gaya sporty sudah pasti jadi sorotan utama. Memadukan bahasa desain Hyundai ‘Sensuous Sportiness’ dengan estetika detail dunia performa tinggi. Sekilas mungkin tidak ada beda di wajah dari segi visual dan lekukan. Komposisi menyerupai, didominasi oleh cascading grille ekstra besar di tengah dilanjut imaji splitter tipis area dagu. Kendati begitu, ketika ditelisik lebih dalam, detail dari tiap ornamen dibuat beda.


i20 N Line


Contoh grille, menganut aransemen rongga ala chequered flag. Dikelir hitam lalu direkatkan emblem N Line sebagai identitas trim racikan divisi N. Lanjut ke sisi terluar, dimensi bingkai lampu kabut mengembang bak mengisyaratkan intake besar. Melekat pula garis karakter abu yang menghubungkan kedua foglamp. Sekaligus menjadi pembatas antara grille dan apron.


Lain cerita di buritan, rancangan bumper dibuat benar-benar beda dari base model. Sisi terbawah dipahat menggambarkan dua bukaan diffuser. Tak mengherankan bila menilai punya darah balap. Lihat saja di tengah bumper terdapat elemen menyerupai rain light segitiga. Belum lagi dual exhaust tip melengkapi layout bumper gahar.


Seluruh penyesuaian gaya eksterior disudahi oleh sepatu 17 two tone inci dengan pahatan palang atraktif. Juga empat pilihan corak baju untuk dikenakan i20 N Line. Meliputi Phantom Black, Aurora Grey, Polar White, dan Brass. Andai senang dengan kelir two tone, khusus Polar White dapat dikombinasikan dengan atap kontras Phantom Black.


Terjemahan model trim N Line turut diaplikasikan ke dalam kabin. Nuansa balap ditampilkan oleh bangku sporty khusus yang dijahit dengan aksen benang merah dan logo N. Dipasang pula roda kemudi spesifik N. Di samping itu, ada ornamen penguat rasa lain meramaikan interior. Termasuk set pedal metal serta tuas transmisi dibalut kulit hitam dan aksen strip merah.


i20 N Line


Urusan teknologi, i20 N Line mengadopsi fitur konektivitas mobil serupa model standar. Adalah Hyundai Bluelink, menawarkan layanan Connected Car seperti Hyundai Live Services sampai fitur hubungan nirkabel via aplikasi smartphone. Ambil contoh remote start dan remote lock yang dapat dilaksanakan melalui gawai.


Hanya lenggokan sporty tanpa tambahan kemampuan memacu, seleksi mesin serupa i20 standar. Entry level-nya diisi oleh unit 1.200 cc Naturally Aspirated. Tentu bukan jantung superkuat, hanya siapkan ekstraksi 84 PS. Namun, tersedia pula mesin dengan potensi ekstra: 1,0 liter turbo T-GDI. Dua opsi keluaran daya ditawarkan, mau itu 100 PS atau 120 PS. Yang jelas, versi T-GDi mendapatkan penyempurnaan suspensi, respons mesin, dan suara knalpot.


Bukan hanya revisi, efisiensi dari teknologi mild hybrid 48 Volt dapat dinikmati. Bagian dari opsional untuk pemacu 100 PS dan standar di varian 120 PS. Sebagai komponen peningkat efisiensi bahan bakar, sistem hybrid dipadu transmisi Intelligent Manual Transmission (iMT). Gaya sporty dan segala penyesuaian karakter pada i20 N Line ini bakal tersedia di Eropa mulai musim semi 2021. (Krm/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda