Hyundai Umbar Interior Ioniq 5, Futuristis Sekaligus Ramah Lingkungan

Sedikit demi sedikit wujud Hyundai Ioniq 5 terkuak. Menjelang hari H peluncuran, makin banyak yang diungkap ke muka publik. Setelah eksterior, kini pabrikan mulai memamerkan sepotong foto bagian kabin. Sekaligus membuat rasa penasaran bagaimana kemewahan mobil listrik keluaran terbaru pabrikan Korea Selatan ini.


Tak banyak foto diberikan. Sebatas bagian kursi dari sudut pandang dari atas. Namun dipercaya bakal terasa futuristis, mewah sekaligus ramah lingkungan. Pun berkat mengusung platform khusus E-GMP, kelapangan kabin bisa dipastikan impresif.


“Ioniq 5 adalah pernyataan desain yang menawarkan pandangan optimis terhadap apa yang pelanggan harapkan di era EV,” jelas SangYup Lee sebagai Senior Vice President and Head of Hyundai Global Design Centre dalam keterangan resmi. “Wheelbase panjang diterjemahkan sebagai dimensi ruang baru. Kami desain ruang spesial ini sebagai tempat sempurna untuk memulihkan energi – seperti di rumah sendiri,” tambahnya.


Sorotan utama Ioniq 5 dalam kabin memang boleh jadi dikaitkan dengan kepraktisan ruang. Dari basis pembangun bisa terbaca. Arsitektur Electric-Global Modular Platform (E-GMP) memungkinkan lantai dibuat rata sepenuhnya. Permukaan bebas dari gundukan bonggol transmisi atau misal terowongan as kopel atau knalpot – karena memang tentu Ioniq 5 tidak perlu. Pasalnya, kabin ditempatkan persis di atas susunan baterai rata.


Bila dibayangkan, potensinya jauh melebihi kepraktisan ruang sebuah MPV berpenggerak roda depan. Sama seperti satu ruangan di rumah hanya saja diisi dasbor dan susunan bangku. Pun kalau mengacu pada catatan dimensi yang pernah bocor sebelumnya di situs resmi Hyundai Austria, Ioniq 5 sangat mungkin untuk memukau. Murni menawarkan hal besar dalam paket kompak.


Hyundai Ioniq 5


Dimensi eksterior mungkin menggambarkan bahwa Ioniq 5 merupakan sebuah crossover. Hampir sepantaran Santa Fe tapi tidak lebih besar. Tercatat figur 4.640 x 1.890 x 1.600 mm (PxLxT) untuk Ioniq 5 sementara Santa Fe menorehkan 4.770 x 1.890 x 1.705 mm. Namun, crossover listrik pertama dalam sub brand baru itu membawa nilai yang bahkan melampaui potensi Palisade. Adalah jarak antarsumbu sepanjang 3.000 mm. Fantastis dan jelas mengindikasikan keberlimpahan ruang kaki dalam kabin.


Tak hanya lapang, ia dikuatkan juga oleh sisi fleksibilitas posisi komponen kabin. Misal konsol tengah, tidak lagi tertanam paten sebagaimana kita lihat pada kebanyakan mobil. Beralih ke panel ‘Universal Island’, dapat digeser maju mundur. Fungsional terutama ketika salah satu pintu tak mungkin dibuka lantaran terlalu mempet, penumpang dapat keluar dengan mudah di sisi lainnya.


Posisi jok juga sama fleksibel, seluruh bangku disebut dapat diposisikan ulang. Entah sebebas apa pengaturannya sebab sebatas digambarkan lewat pernyataan, bukan visual. Konon memungkinkan penumpang depan untuk bermain dengan anak atau binatang peliharaan di belakang. Bisa jadi menyuguhkan pergeseran yang begitu panjang, kita tunggu saja kejelasannya. Satu hal pasti, ruang kabin depan dapat dialihfungsikan sebagai tempat beristirahat sembari mengisi ulang daya. Pasalnya Hyundai sematkan leg rest di bangku Zero-Gravity sisi penumpang dan pengemudi.


Lakon di segmen ramah lingkungan seolah dijalani sepenuh hati oleh Ioniq 5. Bukan hanya menggendong pemacu niremisi, sampai ke material kabin semua dibuat eco-friendly. Solusi ke lingkungan harus menyeluruh. Untuk itu, para desainer memanfaatkan material bersahabat.


Ioniq 5 mengenakan pembungkus kulit olahan ramah lingkungan. Diolah dan diwarnai dengan ekstraksi minyak nabati dari biji rami. Sebaran panel lembut memanfaatkan tekstil dari serat berkelanjutan seperti komponen tebu, wol dan benang poly, hingga tenun dari serat olahan plastic PET. Permukaan lain seperti dasbor, sakelar, setir, dan panel pintu dilumuri cat polyurethane bio paint. Merupakan campuran komposisi bunga rapa dan jagung.


Soal rancangan, foto tampak atas sedikit memberikan gambaran bagaimana sensasinya di mata. Dijamin futuristis, memainkan monitor dalam set bingkai lebar telanjang tak bertudung. Tombol, tuas dan kenop fisik masih ditemukan namun sepertinya terdapat pula panel kontrol sentuhan. Seperti apa jelasnya? Kita tunggu saja 23 Februari mendatang.


Nantinya, debut global Ioniq 5 akan dibarengi peluncuran model terbatas khusus pasar Britania Raya dan sebagian Eropa. Disebut “Project 45”, pemesanan dapat dilakukan dengan harga spesial saat resmi meluncur. Salah satu keuntungannya adalah konten tambahan berupa video, foto, dan update berita sampai status pemesanan dari saat meninggalkan pabrik. Selain itu, pelanggan juga dibebaskan dari biaya langganan stasiun pengisian baterai bertenaga besar di Eropa yakni Ionity. Memberikan kesempatan untuk menikmati kepraktisan dan kecepatan pengisian sistem 800 V Hyundai. Hanya 3.000 unit tersedia untuk pasar Eropa dan Britania Raya dengan pengiriman dimulai musim panas 2021.


Teaser Eksterior


Hyundai Ioniq 5 2022


Wujud eksterior sudah lebih dulu dipamerkan oleh pabrikan berlambang H italik itu. Baru sebatas olahan grafis komputer hanya saja sudah dapat dilihat beberapa titik detail. Dalam rilis Hyundai menekankan bahasa desain “Parametric Pixel” sebagai ciri khas rancangan Ioniq 5. Bisa diartikan sebagai unit terkecil dalam imaji digital. Mungkin mudahnya adalah mencirikan satuan kotak pixel dalam sebuah suguhan grafis digital – layar monitor laptop Anda, misalnya.


Hal itu pun bisa dilihat dari pemasangan quad headlamp mengotak berbentuk huruf U. Dipasang dengan tujuan mencirikan kemutakhiran teknologi. Tema lampu pixel pun lebih terasa kuat di buritan. Komposisinya bernuansa 8 bit, memadukan deret kotak kecil untuk menciptakan bentuk utama yang tentunya juga mengotak. Persis seperti grafis dalam gimbot.


Jangan salah, meski dalam teaser ia terlihat seperti hatchback, sebenarnya Ioniq 5 adalah sebuah keturunan SUV. Lebih tepatnya disebut sebagai Coupe Utility Vehicle (CUV) dengan memadukan elemen ketangguhan utilitarian dan kecantikan kupe. Dapat dilihat pemanfaatan cladding pelindung sepatbor. Sensasi futuristis nan sederhana dan bersih lantas ditunjukkan oleh clamshell hood – membentuk satu bagian utuh hingga turun ke lengkung sepatbor bak cangkang kerang. Merupakan eksekusi pertama di Hyundai.


Rancangan keseluruhan disudahi kelir ramah lingkungan Color Material Finish (CMF). Dilanjut pula sepatu masif berukuran 20 inci yang dipastikan membuat proporsi model produksi seflamboyan sebuah gambar konsep. Diklaim sebagai pelek terbesar yang pernah dipasang pada EV Hyundai. Bentuk mukanya unik, seperti turbin mengipas berisi kesibukan persilangan garis. (Krm/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda