IIMS Hybrid 2022: Yamaha Kenalkan Sepeda Motor Listrik E01

Yamaha E01

Yamaha Indonesia membawa semua produk unggulannya di IIMS Hybrid 2022. Mulai dari kelas 125 cc sampai moge. Paling menarik, ada edukasi konsumen terkait produk dan teknologi terbaru. Bintangnya tak lain sepeda motor listrik E01. Semua berada dalam booth bertemakan “Together, We are The Champion”.  Diartikan sebagai manifestasi atas berbagai pencapaian luar biasa yang telah diraih selama setahun terakhir

KEY TAKEAWAYS

  • Yamaha E01 adalah motor listrik yang masih berwujud konsep

    Baru sebatas eksibisi dan menampilkan teknologi elektrifikasi Yamaha, belum dijual
  • “Semangat Yamaha untuk menggairahkan kembali pasar otomotif nasional kini ditunjukan melalui partisipasi di pameran otomotif tahunan IIMS 2022. Berbagai hal menarik pun telah kami siapkan khusus bagi para pengunjung. Mulai dari kehadiran produk terbaru seperti Fazzio Hybrid Connected dan All New R15 Connected series, hingga jajaran skutik Maxi Yamaha dan skutik 125 yang banyak diminati oleh masyarakat. Tidak ketinggalan, beragam program penjualan spesial juga tersedia selama berlangsungnya pameran. Oleh sebab itu, bagi para konsumen dan pelanggan setia Yamaha, mari manfaatkan momen IIMS 2022 ini untuk mendapatkan motor Yamaha impian kalian,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

    Yamaha at IIMS 2022

    Selain produk-produk yang baru diluncurkan, Yamaha juga menyuguhkan banyak pilihan produk lainnya di area booth. Mulai dari jajaran skutik premium Maxi Yamaha yang meliputi XMax 250, All New NMax 155 Connected, All New Aerox 155 Connected dan Lexi 125, hingga line up skutik 125 Yamaha yang memiliki tingkat utilitas tinggi, yaitu Gear 125, Freego, Fino, X-ride, dan Mio series.

    Tidak hanya itu, bagi para pecinta Motorsport, Yamaha juga menampilkan varian lengkap sepeda motor yang mengusung livery khusus Yamaha 60th World Grand Prix dan juga bLU cRU di dalam booth. Khusus di area yang menampilkan bLU cRU, pengunjung bisa melihat langsung unit Yamaha YZR-M1 yang merupakan motor balap tunggangan sang juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP Team.

    Sementara bagi pecinta motor Sport Heritage, kehadiran All New XSR 155 custom yang telah mendapatkan sentuhan kreativitas dari tangan dingin para builder profesional siap menyapa mereka di area Yard Built. Hasil karya-karya builder nasional yang dipamerkan tentunya dapat menjadi referensi bagi para konsumen pecinta custom.

     

    Motor Konsep

    Yamaha E01

    Tidak hanya menampilkan jajaran motor produksi massal, booth Yamaha juga diramaikan dengan kemunculan motor konsep berbasis kendaraan listrik (Electric Vehicle), yakni E01 di area panggung utama.

    Kehadiran motor konsep yang sebelumnya telah lebih dulu hadir di pasar eropa ini, tentunya menjadi simbol komitmen kuat Yamaha untuk terus berinovasi dalam menciptakan kendaraan pintar, dan ramah lingkungan yang dapat mendukung kebutuhan mobilitas kaum urban di masa depan. Mengingat, saat ini eksistensi penggunaan kendaraan listrik tengah populer di masyarakat. Dengan desain yang futuristik serta sarat akan teknologi tinggi, tampilnya E01 di booth Yamaha akan menjadi daya tarik yang banyak menyedot perhatian para pengunjung pameran selama 10 hari berlangsungnya IIMS 2022.

    Desain depannya mirip skutik Maxi Series. Hanya saja lebih sporty karena banyak lekukan dan tarikan garis ke bawah. Lampu utamanya LED dengan bentuk yang ringkas. Bentuk sepatbornya menarik, ia mampu menutupi sebagian suspensi depan. Sepertinya terbuat dari carbon dan dibalut dengan warna sama dengan bodi, serta ada sedikit tarikan garis kuning.

    Garis bodinya terlihat lebih gemuk dan futuristis. Dek tengah terlihat mengembung, dipastikan menjadi tempat penyimpanan baterai. Ia tertutup dengan sempurna dan ada kisi-kisi sedikit untuk menyalurkan udara ke ruang motor penggeraknya. Bentuk setang juga mirip, apalagi dibungkus dengan cover ala jetski. Joknya unik, wujudnya menyatu dengan bodi dari tengah hingga belakang. Ada motif garis putih untuk menunjukkan motor masa depan. Pijakan kaki juga tidak beda jauh dengan NMax. Posisi duduk jadi lebih santai dan kaki bisa terjulur lurus ke depan ketika berkendara.

    Belakangnya lebih simpel, karena tidak ada silencer knalpot. Buntutnya hanya ada stoplamp, dan tidak terlihat jelas penempatan sein. Bawahnya dipasangkan mud guard berbahan carbon. Membuat buntutnya lebih garang, apalagi ditunjang dengan ban lebar lansiran Bridgestone bertipe slick. Jika dilihat, lengan ayun menggunakan bahan dari aluminium. Selain mendongkrak tampilan, ia juga punya bobot ringan. Dipasangkan suspensi ganda belakang untuk menunjang kestabilan motor. Pengereman pakai cakram, depan maupun belakang. Bisa dipastikan sudah dibekali dengan teknologi ABS. Sayang belum ada detail lebih mengenai hal teknis. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Biaya Perawatan Yamaha Fazzio Hybrid-Connected Cuma Rp200 Ribuan Setahun

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Yamaha Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Yamaha dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test