Menurut pabrikan roda dua "geng hijau" asal Jepang. Minat masyarakat terhadap lini retro sport dalam beberapa bulan terakhir tampak tinggi. Makanya Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kembali memperkuat posisi di segmen itu dengan merilis pembaruan komprehensif. Yakni untuk Z900RS series model year 2026, yang meliputi Z900RS reguler dan Z900RS Cafe. Kacek harga keduanya Rp12,1 juta.
Pembaruan Kawasaki Z900RS dan Z900RS Cafe model year 2026 semakin memperkuat posisi KMI di segmen retro premium. Untuk pasar Indonesia, perusahaan merilis harga resmi Rp360,9 juta untuk Z900RS dan sediakan bujet Rp373 juta (OTR Jakarta) bila tertarik Z900RS Cafe. Dengan struktur harga ini. Mereka menawarkan pilihan lengkap di segmen retro sport premium sesuai kebutuhan karakter dan preferensi pengendara.
Ubahan Kawasaki Z900RS series 2026 diklaim bukan sekadar penyegaran tampilan. Segi teknis tak luput disempurnakan demi memanjakan pengguna. Enjin empat silinder 948 cc kini menerima sistem Electronic Throttle Valves. Sehingga membuat karakter tenaga lebih halus saat putaran rendah dan tetap agresif di putaran tinggi. Rangka dan respons kendaraan disetel ulang guna memberikan rasa berkendara lebih natural. Dan terasa sambung dengan pengendara melalui setiap getaran dan pergerakan. Knalpot megaphone-style telah direvisi tampil lebih ekspresif. Terjadi perpaduan visual dan suara supaya memberikan sentuhan jadul namun tetap modern.
|
Jenis Mesin |
Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four |
|
Sistem Pengapian |
Digital |
|
Power Maksimum |
86,0 kW {117 PS} / 9.300 rpm |
|
Torsi Maksimum |
99,5 Nm {10,1 kgfm} / 7.700rpm |
|
Diameter x Langkah |
73,4 x 56,0 mm |
|
Kapasitas Mesin |
948 cc |
|
Sistem Katup |
DOHC, 16 valves |
|
Perbandingan Kompresi |
11,8:1 |
|
Transmisi |
6-speed, return |
|
Primary Reduction Ratio |
1,627 (83/51) |
|
Final Reduction Ratio |
2,867 (43/15) |
|
Suspensi Depan |
ø41 mm inverted fork with compression and rebound damping and spring preload adjustability |
|
Suspensi Belakang |
Horizontal Back-link, gas-charged shock with rebound damping and spring preload adjustability (Z900RS & Z900RS Cafe) |
|
Rem Depan |
Dual semi-floating ø300 mm discs (Z900RS & Z900RS Cafe) |
|
Kaliper Depan |
Dual radial-mount, monobloc, opposed 4-piston (Z900RS & Z900RS Cafe) |
|
Rem Belakang |
ø250 mm disc |
|
Kaliper Belakang |
Single-piston |
|
Dimensi |
2.100 x 815 x 1.135 mm (Z900RS) |
|
2.100 x 845 x 1.190 mm (Z900RS Cafe) |
|
|
Jarak poros roda |
1.465 mm |
|
Jarak ke Tanah |
135 mm (Z900RS) |
|
135 mm (Z900RS Cafe) |
|
|
Jarak Jok ke Tanah |
810 mm (Z900RS) |
|
820 mm (Z900RS Cafe) |
|
|
Berat Kosong |
216 kg (Z900RS) |
|
218 kg (Z900RS Cafe) |
|
|
Berat Kering |
197 kg (Z900RS) |
|
199 kg (Z900RS Cafe) |
|
|
Kapasitas Bensin |
17 liter |
Kawasaki Z900RS 2026 juga mempertahankan desain ikonik yang terinspirasi dari Z1. Mulai dari bentuk tangki teardrop memanjang elegan. Lampu depan bulat dengan chromed ring supaya memberikan nuansa retro autentik. Oval LED taillight menghasilkan tampilan cahaya utuh dan bersih. Semua elemen ini dirancang dengan detail craftsmanship tinggi. Termasuk penggunaan finishing hairline, aluminium die-cast ultra-thin pada beberapa komponen.
Serta jahitan kursi dibuat double-stitched agar menghadirkan kesan handmade. Untuk tahun ini, Kawasaki Z900RS tersedia dengan warna premium seperti candy tone red yang memberikan karakter elegan dan misterius di bodi motor. Menurut pabrikan, sentuhan ini menjadikannya pilihan ideal bagi pengendara yang ingin tampil klasik namun berkelas.
Z900RS Cafe tetap menjadi perwujudan gaya klasik nan agresif. Dengan front cowl ala Cafe racer, drop handlebar lebih rendah, serta stepped seat berkarakter sporty. Model ini memberikan pengalaman berkendara yang memberikan suasana vintage racer kian intimate. Finishing knalpot dibuat hairline dan grafis minimalis tangki terinspirasi Mach Series Rainbow Line. Sangat menekankan kesan old-school, subtle namun tetap modern. Motor ini diciptakan sebagai “second way to enjoy the vintage bike life”. Sebuah interpretasi alternatif bagi pengendara pencari pengalaman retro lewat sentuhan racing secara elegan.
Nah, seluruh varian Kawasaki Z900RS 2026 kini dilengkapi perangkat elektronik yang jauh lebih maju dibanding generasi lama. Penyematan IMU membuat fungsi ABS bekerja lebih presisi sesuai sudut kemiringan motor. Sementara fitur Kawasaki Cornering Management Function dan Traction Control meningkatkan rasa aman. Tanpa mengurangi karakter analog dari mesin empat silinder klasik. Quick shifter dua arah, cruise control dan konektivitas smartphone melalui RIDEOLOGY THE APP. Dijanjikan memberikan kenyamanan dan teknologi modern di balik bodywork vintage.
“Pembaruan Z900RS series 2026 menjadi refleksi bagaimana Kawasaki terus mendengarkan keinginan para pengendara. Model ini selalu menjadi simbol penting dalam lini retro sport kami. Menggabungkan estetika klasik dengan engineering modern. Pada MY2026, kami melakukan penyempurnaan pada karakter mesin, kestabilan handling, serta sistem elektronik. Sehingga pengalaman berkendara menjadi lebih intuitif dan berkelas. Kami ingin ia menjadi motor yang menghidupkan cerita, perjalanan dan pengalaman baru bagi para pemilik,” ujar Michael C. Tanadhi, Dept. Head Sales & Promotion Kawasaki Motor Indonesia, dalam surel resmi. (ALX/ODI)
Baca Juga: Kawasaki Rilis Z900 MY2026 dengan Warna Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.