Land Rover Defender Bercengkerama Lagi Bersama Mesin V8

Defender V8

Perjumpaan Land Rover Defender dengan mesin V8 terjadi lagi. Sebenarnya bukan hal lumrah bagi keduanya, karena bukanlah pasangan serasi. Hanya sebatas saling kenal, namun tidak pernah dekat. Pernah menghuni kap mesin Defender orisinal Stage I era 1970-an. Lalu berlanjut versi spesifik Amerika Utara di 1990-an. Belakangan dikenal menjadi pemacu edisi spesial Defender Works. Bukan opsi reguler di pasar global dan tidak terdengar selazim unit diesel atau bensin empat silinder.

Kendati begitu, seiring pergantian generasi, hubungan itu ikut berubah. Kini Defender dan enjin V8 lebih platonis. Yep, pabrikan kenalkan varian tambahan bertenaga besar di ‘jip’ legendaris mereka. Memberikan pelanggan lebih banyak opsi, apalagi dikenalkan dalam versi pintu dua maupun empat. Bahkan bukan hanya itu, disediakan pula edisi spesial dengan sentuhan eksterior unik.

“Perkenalan mesin V8 ini menambah dimensi baru dalam mendorong keterlibatan dan kemampuan offroad Defender. Kencang dan menyenangkan untuk dipakai berkendara, merepresentasikan puncak keluarga Defender, dan sama menyenangkan di jalan beraspal sekaligus mumpuni untuk keluar dari itu. Kami juga meluaskan daya tarik seluruh jajaran Defender dengan turunan baru, paket opsi dan peningkatan konektivitas, sehingga Defender ada untuk semua orang,” komentar Chief Product Engineer Jaguar Land Rover, David Hemming.

Baca Juga: Mini Countryman Boardwalk, Edisi Spesial Bertemakan Pantai

Land rover defender V8

Senjatanya memanfaatkan keluarga mesin V8 5,0 liter supercharger di balik bonnet. Lontarkan daya sebesar 525 hp dan torsi 625 Nm. Angka yang fantastis untuk sebuah offroader. Tentu kapabilitas penggerak empat roda tidak luntur, putaran diantar melalui girboks otomatis delapan percepatan. Yang jelas, di atas aspal performanya semakin mumpuni. Mampu menuntaskan akselerasi ke 100 kpj dalam tempo 5,2 detik.

Di atas aspal, kemampuan bermanuver didukung revisi sektor kaki-kaki. Mengenakan anti-roll bar lebih tebal dan kaku demi meminimalisir body roll saat menikung. Sementara itu, traksi ke aspal diatur sedemikian rupa oleh Electronic Active Rear Differential dengan Yaw Controller. Memungkinkan sistem untuk mengatur sikap menikung sampai ke titik batas selip.

Kian piawai berlari di atas aspal bukan berarti melupakan kodratnya sebagai pendaki medan terjal nomor wahid. Itu nilai utama Defender. Khusus di versi V8 ini ditanamkan mode Dynamic dalam peranti offroad Terrain Response System. Mode ini disebut dapat bantu pengemudi mengeksploitasi keseimbangan handling dan karakter mesin di permukaan aspal dan berkerikil.

Baca Juga: VinFast Pamer SUV Baru Bertenaga Listrik

Land rover V8 engine

Tak hanya itu, kalibrasi Dynamic Mode memberikan karakter yang lebih menyenangkan, lincah, dan responsif. Di settingan ini respons pedal gas lebih tajam sementara kelincahan pergerakan didukung setelan spesifik Continuously Variable Damping dan dudukan suspensi lebih kaku. Disinergikan pula dengan Torque Vectoring via rem, Traction Control System, dan Yaw Controller.

Bukan sebatas menggendong kekuatan atlet lari, tampangnya ikut dibuat menyuarakan potensi. Sebagai pembeda, badging V8 ditempel ke tubuhnya. Itu mungkin kurang kentara. Diferensiasi utama bisa dilihat quad exhaust mejeng di area buritan. Lainnya adalah pelek 22 inci dengan finishing Satin Dark Grey berikut kaliper Xenon Blue nan kontras yang mendefinisikan kasta mesin terkuat di keluarganya. Seleksi warna Carpathian Grey, Yulong White, dan Santorini Black dengan opsi abu dan putih dipaketkan atap kontras Narvik Black.

Tersedia pula edisi spesial Carpathian Edition. Warna eksklusif Carpathian Grey dipadukan kelir kontras Narvik Black di atap, bonnet, dan pintu bagasi. Sorota visual lain ditemukan berupa jangkar towing Satin Black dan kaliper depan Xenon Blue. Khusus model spesial, eksterior dibungkus Satin Protective Film sehingga terlihat semi-doff sekaligus memberikan proteksi ekstra di tubuhnya.

Mau model V8 standar atau Carpathian Edition, semua kebagian penyesuaian desain. Bangku dibungkus Ebony Windsor Leather dengan campuran berbulu Dinamica suedecloth. Setir dibungkus alcantara dan kemudian dipasang pelindung sil pintu teriluminasi. (Krm/Odi)

Baca Juga: Bentley Bentayga Hybrid Facelift Membuka Jalur Transformasi Elektrifikasi

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Land Rover Unggulan