Mantan Bos Jeep Kecelakaan, Siap Tuntut Fiat-Chrysler

jeep grand cherokee summit crash

Muhammad Al Abdullah mengalami kecelakaan parah. Ia adalah mantan CEO Garansindo Inter Global yang pernah menjadi APM Jeep, Dodge, Fiat, Peugeot Motorcycle, Gesits dan Chrysler di Indonesia. Kejadian terjadi di tol Kanci arah ke Jawa Tengah saat mengendarai Jeep Grand Cherokee miliknya. Mobil rusak total, beruntung Pak Abdulah yang akrab disapa Memet ini selamat tanpa kurang sesuatu apapun.

Dalam unggahan di laman sosial medianya, Memet yang sedang berkendara di jalur kanan mendapati Toyota Avanza mengerem mendadak. Keadaan jadi runyam karena fitur keselamatan aktif berupa Active Brake and Collision System yang ada diam saja. Rem pun dibejek dalam dan setir banting kiri. Nahas, ada truk pengangkut kontainer sedang berjalan sesuai kodratnya. Sang Grand Cherokee pun menyeruduk truk dan hancur.

jeep grand cherokee summit crash

Inilah yang disesalkan oleh Memet. Fitur keselamatan aktif Jeep Grand Cherokee varian Summit berupa pengereman otomatis yang harusnya bereaksi, ternyata diam saja. Plus, tidak ada satupun airbag meletus untuk melindungi. “Alhamdulillah saya sedang nyetir sendiri, selamat tanpa luka, walaupun airbag tidak keluar!” tegasnya.

Di lihat dari foto-foto yang diunggah ke media sosial, memang terlihat Grand Cherokee hancur di bagian depan. Tampaknya, crumple zone (area penyerap daya tumbukan) dan safety belt bekerja dengan baik. Interior sudah pasti berantakan. Kecuali setir yang utuh, karena airbag-nya tidak keluar.

jeep grand cherokee summit crash

Cukup mengherankan, dilihat dari tingkat kerusakan, paling tidak airbag depan muncul saat tabrakan. “Bagaimana bisa mobil dengan fitur keselamatan canggih tapi saat kejadian tidak ada yang fungsi (Airbag dan pengereman aktif) satu pun,” kata Memet. Untuk itu dirinya akan mengajukan komplain kepada prinsipal Jeep melalui APM-nya di Indonesia yang sekarang dipegang oleh PT DAS Indonesia Motor. Kalau tidak ada jawaban, Memet akan membawa kejadian ini ke ranah hukum.

Kejadian ini bisa jadi salah satu motivasi untuk tidak terlalu percaya dengan yang namanya buatan manusia. Berapapun harganya. Berkendaralah yang aman supaya tidak kecelakaan dan tidak menjadi penyebab kecelakaan. Jangan lupa berdoa. (Ind/Odi)

Baca Juga: Baru Mau Dijual, Beberapa Toyota Land Cruiser 300 Hancur Total

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Jeep Unggulan