JAKARTA – Mazda3 hatchback versi standar sudah punya performa oke. Tenaga 153 ps dan torsi puncak 200 Nm yang dihasilkan mesin Skyactiv 2.0L, lebih dari cukup. Namun kabar baru beredar menyebutkan jika Mazda3 untuk model pembaruan 2021, bakal dapat suntikan turbo. Di kalangan internal combustion engine, dorongan turbin angin tengah naik daun secara global. Walau kubikasi mesin kecil, daya yang dihasilkan lebih besar dari mekanikal pacu konvensional.
Menurut sumber akurat Jalopnik, Mazda sepertinya akan mengikuti tren itu. Dokumen darinya juga benar, tatkala diesel CX-5 turbo 2019 mendebut. Dikabarkan pula tampak sekumpulan kode untuk model baru (MY) Mazda3, 6, CX- 5 dan CX-9 2021. Nah, Mazda3 2021 bakal ditawarkan dengan trim turbo. Baik di sedan maupun model hatchback. Mereka hanya tersedia cuma penggerak semua roda (AWD). Meski belum tentu gerak roda depan (FWD) benar-benar ditanggalkan.
Lebih menarik lagi, tertera kode MAZDA3 HB PP TURBO dalam daftar. HB merupakan kependekan dari hatchback. Kemudian PP bisa berarti beberapa hal. Entah itu singkatan untuk Preferred Package, Premium Package atau Performance Package. Namun semua model turbo hanya terdaftar sebagai 6A. Yang berarti mereka hanya menyodori transmisi otomatis. Hatchback 2.5 liter masih merupakan satu-satunya versi manual Mazda3.
Baca Juga: Mazda3 Hatchback Terjun Balap Touring Car
Lazimnya, turbo punya tiga komponen utama. Yakni roda turbin, roda kompressor dan rumah as. Bilah turbin ini berputar memanfaatkan tekanan gas buang keluar. Lantas menggerakkan roda kompresor. Sehingga memompa udara masuk dalam massa yang padat. Hasilnya pembakaran dalam enjin meningkat, resultan tenaga dan efisiensi mesin ikut terdongkrak.
Sementara ini memang belum ada info lebih detail berapa volume mesin yang disuntik turbo. Sekadar pembanding saja. Mazda3 yang dijual sekarang mengadopsi jantung mekanis berbahan bakar bensin Skyactiv-G 2.0 liter. Unit daya ini mendapatkan optimalisasi pada bagian intake port, bentuk piston, split fuel injection dan katup pendingin. Tujuannya menghasilkan tenaga lebih baik serta efisiensi bahan bakar optimal.
Torsi puncak tersedia 200 Nm pada 4.000 rpm. Resultan daya terlontar 153 PS di 6.000 rpm. Lalu distribusi tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed Skyactive-Drive plus paddle shift. Dipastikan mobil anyar kelak memompa tenaga lebih besar dari ini.
Baca Juga: Mazda3 Sukses Raih Titel World Car Design of The Year 2020
Fitur rasanya takkan berubah banyak. Mazda3 sekarang sudah dipasangi seabrek-abrek fitur terkini. Mereka mendapat peranti keamanan seperti ABS, EBD, EBA dan hill launch assist plus 7 airbags. Bahkan kian unggul lewat suguhan Lane Departure Warning, Lane keep Assist System, Smart Brake Support, Forward Obstruction Warning serta High Beam Control System. Mazda3 baik sedan maupun hatchback memiliki tampilan yang menawan.
Wajahnya juga sudah modern. Headlight tajam, menggunakan LED termasuk lampu siang hari. Lihat saja model bilah horizontal yang dilingkari bingkai kromium. Kisi-kisi besar pakai desain sarang tawon tampak sporty. Lalu desain air dam mencuat, dengan sirip hitam membentuk rumah fog lamp, meski tidak ada lampunya. Desain pelek pakai 10 palang berukuran 18 inci, dibalut ban bertapak lebar 215/45.
Interior tak perlu banyak komentar, mewah dan sporty. Bagian tengah dasbor terpasang layar monitor 8,8 inci. Head uni ini berisi hiburan, navigasi, pengaturan kendaraan dan sistem koneksi smartphone. Tambahan kenyamanan muncul dari 8 speaker 3 way sebagai pemanja telinga yang maksimal. Pastilah semua itu dipertahankan bila mereka meluncurkan unit pembaruan. (Alx/Raju)
Sumber: Jalopnik
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.