Mazda6 Elite Sedan dan Estate 2021 Mendapat Sentuhan Fitur Baru

Mazda6 elite 2021

Mazda Indonesia menyegarkan Mazda6 Elite. Tidak banyak, hanya sedikit menambah peranti kenyamanan. Tapi tergolong cukup untuk kekuatan daya saing di sedang medium. Terlebih ia sudah dilengkapi banyak sekali fitur dan tersedia dalam dua pilihan bodi. Tentu saja ada penyesuaian harga. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menawarkan All New Mazda6 Elite Sedan dengan banderol Rp 698,8 juta (OTR DKI Jakarta). Sementara versi Estate Rp 729,9 juta (OTR DKI Jakarta).

Tidak tampak ada perubahan desain. Wajar, model ini masih masuk fase facelift yang terjadi 2018 silam. Model global pun tetap mengadopsi desain serupa. Perubahan di pasar Amerika Utara malah bersifat teknis. Yaitu mendapat opsi mesin turbocharger. Sayang pasar Indonesia belum mendapatkannya.

Fitur baru untuk model 2021 ada dua. Pertama Smartphone Integration. Sesuai namanya, berfungsi menyambungkan smartphone ke head unit. Tapi kini tidak perlu lagi kabel agar tersambung. Cukup melalui koneksi Bluetooth dan Wi-Fi, segala pengaturan smartphone bisa dilakukan melalui monitor layar sentuh. Semakin nyaman dan juga aman. Tanpa perlu menyentuh smartphone, pengemudi bisa mengakses hiburan maupun komunikasi. Meski begitu, koneksi pakai kabel USB tetap bisa dilakukan.

Baca Juga: Mengorek Keunggulan Mazda3 Hatchback dalam Rivalitas Hatchback Kelas Atas

Lalu fitur baru kedua adalah 7-G Model Key-fob. Sebenarnya ini hanya perubahan desain smart key. Mengacu rancangan generasi terbaru, supaya seragam dengan model lain. Fungsinya tak ada bedanya. Desain baru dirancang lebih ramping agar semakin nyaman digenggam. Masih ada anak kunci sembunyi bila keadaan darurat diperlukan.

Mazda6 estate

Selebihnya masih sama seperti sebelumnya. Mazda6 Elite sudah dilengkapi seabrek fitur keselamatan dan keamanan mutakhir. Sebut saja Adaptive LED Headlight (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Lane-Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support Rear (SCBS R), Smart City Brake Support (Advanced SCBC), Dynamic Stability Control & Traction Control System (DCS/TCS), Antilock Brake System (ABS), Driver Attention Alert (DAA) dan 360 View Monitor.

Mekanikal penggerak masih sangat kompetitif untuk pasar sini. Jantung pacu tetap mengandalkan SKYACTIV-G 4-silinder 2,5-liter 16-valve. Tenaga dihasilkan sebesar 190 Hp di 6.000 rpm dan torsi maksimum 252 Nm di 4.000 rpm. Versi station wagon sedikit berbeda karena diferensiasi dimensi dan bobot. Dari mesin sama memiliki daya 194 Hp di 6.000 rpm dan momen puntir 258 Nm di 4.000 rpm. Penyalur tenaga ditugaskan ke transmisi SKYACTIV-Drive otomatis 6-speed.

Seandainya mesin turbo masuk, tentu tambah menggiurkan. Seperti di negeri Paman Sam, Mazda6 diperkuat enjin SKYACTIV-G 2.5T. Unit sama dipakai Mazda CX-9 dengan output mencapai 250 hp dan torsi puncak 420 Nm yang tersedia mulai 2.000 rpm. Tentu bukan lawan sepadan Toyota Camry dan Honda Accord.

Baca Juga: Pertimbangan Memilih Mazda6 Elite Daripada Toyota Camry atau Honda Accord

Rumor Layout RWD untuk Generasi Baru

Kabar ini memang sudah lama tak terdengar lagi. Kemungkinan memang sedang dalam tahap perancangan atau pengembangan. Jika benar, sebuah perubahan revolusioner bagi Mazda6. Pernah kami beritakan, ubahannya bakal sangat drastis. Layout berganti menjadi penggerak roda belakang (RWD) dan ingin naik kelas.

Mazda Vision Concept 2017 cocok dengan penggambaran konstruksi itu. Bodi streamline dan kap mesin panjang, cocok dibenamkan mesin longitudinal yang diteruskan driveshaft panjang ke as belakang. Desainnya pun jelas punya ciri sama seperti Kai Concept alias Mazda3 hatchback. Evolusi Kodo Design yang lebih mengedepankan kesederhanaan untuk mendongkrak level kemewahan.

Begitulah ambisi Mazda. Bisa dilihat dari Mazda3 dan CX-30 yang menggambarkan level berbeda. Mulai dari desain, fitur, sampai rasa berkendara, amat pantas terjadi. Stratanya ingin meningkat, agar disetarakan brand papan atas. Konsep Vision 2017 bisa dijadikan acuan. Santer dibicarakan bakal menjadi generasi penerus Mazda6 untuk melawan rival dari Jerman. Diwartakan juga siap mendebut akhir 2022. Momen yang tepat untuk Mazda6 berganti generasi. Mengingat usianya yang sudah sangat matang. (Odi)

Baca Juga: Keunggulan Utama Mazda CX-30 yang Paling Mencolok Dibanding Rivalnya

Jelajahi Mazda 6

  • Tampak Depan Bawah Mazda 6 Sedan
  • Tampak samping 6 Sedan
  • Lampu depan 6 Sedan
  • lampu belakang 6 Sedan
  • handle pintu 6 Sedan
  • Pelek 6 Sedan
  • Tampak belakang 6 Sedan
  • Tampak belakang sisi tengah 6 Sedan
  • Tampak kanan Mazda 6 Sedan
Mazda 6
Rp 703,3 - 706,6 Juta Cicilan : Rp 16,05 Juta

Model Mobil Mazda

Mobil Mazda
  • Mazda CX-3
    Mazda CX-3
  • Mazda 2
    Mazda 2
  • Mazda CX 5
    Mazda CX 5
  • Mazda 2 Sedan
    Mazda 2 Sedan
  • Mazda 3 Hatchback
    Mazda 3 Hatchback
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Mazda Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sedan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Mazda 6 Sedan dari Carvaganza

  • Teaser Calon Mazda6 Listrik Beredar Jelang Debut di Cina, Jadi Sedan Listrik?
    Teaser Calon Mazda6 Listrik Beredar Jelang Debut di Cina, Jadi Sedan Listrik?
    Wahyu Hariantono . 17 Apr, 2024
  • Mazda6 Stop Produksi Tahun Ini, Fokus Pada Model CX
    Mazda6 Stop Produksi Tahun Ini, Fokus Pada Model CX
    Alvando Noya . 21 Jan, 2024
  • Mazda6 Rayakan 20 Tahun, Tapi Siapa Saja Lawannya?
    Mazda6 Rayakan 20 Tahun, Tapi Siapa Saja Lawannya?
    Alvando Noya . 07 Feb, 2023
  • Mengintip Keistimewaan Mazda6 20th Anniversary Edition Dibanding Versi Standar
    Mengintip Keistimewaan Mazda6 20th Anniversary Edition Dibanding Versi Standar
    Muhammad Hafid . 06 Feb, 2023
  • Mazda6 Limited Edition Meluncur, Hanya 50 Unit Di Sini
    Mazda6 Limited Edition Meluncur, Hanya 50 Unit Di Sini
    Eka Zulkarnain H . 03 Feb, 2023

Artikel Mobil Mazda 6 Sedan dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Changan Mazda Umbar Teaser Sedan Baru
    Changan Mazda Umbar Teaser Sedan Baru
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Mazda6 Bakal Setop Produksi, Pabrikan Pilih Fokus pada SUV
    Mazda6 Bakal Setop Produksi, Pabrikan Pilih Fokus pada SUV
    Alvando Noya . 22 Jan, 2024
  • Mazda6 20th Anniversary Dijual Terbatas, Ini Keistimewaannya
    Mazda6 20th Anniversary Dijual Terbatas, Ini Keistimewaannya
    Muhammad Hafid . 04 Feb, 2023
  • Edisi Terbatas Mazda6 20th Anniversary Hadir di Indonesia, Cuma Ada 50 Unit!
    Edisi Terbatas Mazda6 20th Anniversary Hadir di Indonesia, Cuma Ada 50 Unit!
    Eka Zulkarnain . 03 Feb, 2023
  • Mazda6 Generasi Baru Gunakan Mesin 6 Silinder dan RWD, Ini Reka Tampilannya
    Mazda6 Generasi Baru Gunakan Mesin 6 Silinder dan RWD, Ini Reka Tampilannya
    Wahyu Hariantono . 13 Okt, 2021
  • Nilai Mazda6 yang Membuatnya Lebih Menarik Dari Toyota Camry dan Honda Accord
    Nilai Mazda6 yang Membuatnya Lebih Menarik Dari Toyota Camry dan Honda Accord
    Ahmad Karim . 11 Jan, 2021
  • Road Test Mazda6 Elite Estate: Performa Sempurna Sang Station Wagon (Part - 2)
    Road Test Mazda6 Elite Estate: Performa Sempurna Sang Station Wagon (Part - 2)
    Ardiantomi . 09 Nov, 2018
  • Road Test Mazda6 Elite Estate: Mengembalikan Popularitas Estate (Part - 1)
    Road Test Mazda6 Elite Estate: Mengembalikan Popularitas Estate (Part - 1)
    Ardiantomi . 09 Nov, 2018