Melihat Langsung Kesibukan Hyundai i30 N Safety Car di Mandalika

Hyundai i30N safety car

Kiprah Hyundai patut dicermati dan diperhitungkan. Sepak terjangnya saat mulai memasuki era milenial seolah tidak terbendung. Entah yang lain tidak peduli atau menganggap enteng. Yang jelas semua dibuat khawatir oleh merek Korea Selatan ini. Elektrifikasi produk roda empatnya bergulir cepat. Termasuk produksi infrastruktur pendukung seperti baterai.

Tapi bukan itu yang akan dibahas. Di sisi adu kebut Hyundai juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Di arena rally, mereka sukses juara dunia dengan Hyundai i20. Beberapa arena balap touring juga dikangkangi. Itulah sepak terjang Divisi N yang dibentuk Hyundai beberapa tahun lalu. Timsus ini setara dengan BMW M, Toyota GR atau Mercedes-AMG.

Hari ini (20/11), kami berkesempatan mengunjungi sirkuit Mandalika yang menggelar balapan Superbike. Dorna, penyelenggara ajang itu menunjuk Hyundai N untuk menyediakan safety car Superbike. Yang menurunkan i30 N. Sedan model fastback (bagian belakang lebih landai) empat pintu ini dinilai mumpuni untuk menjaga laju motor peserta saat diperlukan.

Hyundai i30N safety car

Jujur, sejak Hyundai memperkenalkan Veloster N yang diterima dengan baik oleh media Amerika -pasar terkenal bawel terhadap sebuah produk- kami jadi penasaran. Dan kini terjawab karena ada i30 N di depan kami. Soal rasa saat ikut berpacu di dalam, akan kami bahas di artikel berikutnya, tapi yang bikin kagum adalah spesifikasi dan bagaimana Hyundai mentransformasi mobil keluarga sederhana jadi 'binatang buas'.

Baca Juga: Hyundai Elantra N 2022 Perkenalkan Diri sebagai Perwakilan Sedan Terkencang Pabrikan

Dari data spesifikasi, diketahui mesin empat silinder dengan kapasitas 2.0 liter menghasilkan 280 PS dan tonjokan torsi 320 Nm. Suspensinya didesain untuk bisa melibas belokan secara maksimal tanpa khawatir mobil oleng. Saat beraksi, kami perhatikan lembar spesifikasi ini sepertinya tidak berlebihan. Raungan mesin dan letupan dari knalpot menunjukan ini bukan mobil sembarangan.

Interiornya agak berbeda dengan versi jalan raya. Karena sebagai safety car, dijejali peranti komunikasi dengan pit. Ditambah lagi tombol-tombol lampu strobo untuk memandu pembalap di belakang. Yang mengejutkan, di belakang masih tersedia jok layak diduduki meski ditembus oleh batang roll cage. Peranti wajib mobil yang berlaga di sirkuit balap.

 

Mengapa Pilih Hyundai N?

Hyundai i30N safety car

Pertanyaan ini terjawab setelah beberapa kali menelusuri situs otomotif dunia. Kesimpulannya, Hyundai membentuk produk N berdasarkan kebutuhan sebuah mobil balap yang kompetitif. Mobilnya harus bertenaga, lincah di lintasan.

Dari situ, hadir tiga pilar utama yang wajib ada saat mobil tersebut diberikan logo N. Ini berlaku juga untuk i30 N. Pertama disebut Corner Rascal, mobil haris lincah. Makanya muncul suspensi khusus dibuat untuknya.

Kedua, HMI atau Human Machine Interface. Memberikan beragam informasi untuk pengendara atau penumpang. Baik dalam bentuk digital yang tampil di layar di kabin. Ini yang memberikan sensasi berbeda saat mobil dikendarai.

Ketiga, peranti khusus balap. Mulai dari penggunaan ban khusus balap agar pengemudinya mengetahui apa yang dialami mobil, sekaligus memberikan cengkraman ke aspal secara maksimal. Ada juga indikator G-force, launch control hingga peranti aerodinamika adaptif.

Itulah modal yang membuat Hyundai percaya diri menyodorkan i30 N untuk memandu pembalap Superbike, sampai musim balap 2023. Kami mencoba mobil ini di Sirkuit Mandalika. Hasilnya akan kami sajikan di artikel berikutnya. (Ddn/Odi)

 

Baca Juga: Disinyalir Hyundai Ioniq 5 Versi N Tertangkap Kamera Paparazzi

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Hyundai dari Carvaganza

  • Bedah Perubahan All New Hyundai Palisade Dibanding Generasi Lama
    Bedah Perubahan All New Hyundai Palisade Dibanding Generasi Lama
    Muhammad Hafid . 13 Jun, 2025
  • All New Hyundai Palisade Hybrid Meluncur di Indonesia, Tinggalkan Mesin Diesel
    All New Hyundai Palisade Hybrid Meluncur di Indonesia, Tinggalkan Mesin Diesel
    Setyo Adi . 13 Jun, 2025
  • All-New Hyundai Palisade Siap Rilis di Indonesia, Sudah Bisa Dipesan di Dealer
    All-New Hyundai Palisade Siap Rilis di Indonesia, Sudah Bisa Dipesan di Dealer
    Anindiyo Pradhono . 03 Jun, 2025
  • Turnamen Sepak Bola Asia Tenggara Resmi Berganti Nama Jadi ASEAN Hyundai Cup
    Turnamen Sepak Bola Asia Tenggara Resmi Berganti Nama Jadi ASEAN Hyundai Cup
    Muhammad Hafid . 26 Mei, 2025
  • Hyundai dan ITB Kembangkan Bersama Teknologi Perintah Suara AI untuk Kendaraan di Indonesia
    Hyundai dan ITB Kembangkan Bersama Teknologi Perintah Suara AI untuk Kendaraan di Indonesia
    Setyo Adi . 22 Mei, 2025

Artikel Mobil Hyundai dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Detail All New Hyundai Palisade dan Bedanya dengan Model Lama
    Detail All New Hyundai Palisade dan Bedanya dengan Model Lama
    Muhammad Hafid . 13 Jun, 2025
  • Detail All New Hyundai Palisade dan Bedanya dengan Model Lama
    Detail All New Hyundai Palisade dan Bedanya dengan Model Lama
    Muhammad Hafid . 13 Jun, 2025
  • Hyundai Palisade Generasi Terbaru Resmi Meluncur, Kini dengan Teknologi Hybrid
    Hyundai Palisade Generasi Terbaru Resmi Meluncur, Kini dengan Teknologi Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 13 Jun, 2025
  • Hyundai Indonesia Buka Pemesanan Palisade Generasi Terbaru
    Hyundai Indonesia Buka Pemesanan Palisade Generasi Terbaru
    Anindiyo Pradhono . 02 Jun, 2025
  • Intip Dapur Produksi Hyundai di Cikarang: Jantung Ekosistem EV Kona Electric dan Ioniq 5N
    Intip Dapur Produksi Hyundai di Cikarang: Jantung Ekosistem EV Kona Electric dan Ioniq 5N
    Muhammad Hafid . 15 Mei, 2025
  • Daftar Low SUV Lebih Segar Berkat Kehadiran New Xpander Cross
    Daftar Low SUV Lebih Segar Berkat Kehadiran New Xpander Cross
    Setyo Adi Nugroho . 23 Mei, 2025
  • Mitsubishi Xpander Dapat Penyegaran, Ini Pilihan LMPV Terbaru Mei 2025
    Mitsubishi Xpander Dapat Penyegaran, Ini Pilihan LMPV Terbaru Mei 2025
    Setyo Adi Nugroho . 19 Mei, 2025
  • Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
    Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2025
  • Tawaran Model Low MPV Terbaru, Ada Ertiga, Stargazer, Xpander, dan Avanza Veloz
    Tawaran Model Low MPV Terbaru, Ada Ertiga, Stargazer, Xpander, dan Avanza Veloz
    Setyo Adi Nugroho . 28 Apr, 2025
  • Seleksi Low SUV Incaran Bulan Ini, Ada Rush, BR-V, Terios, Stargazer X, Xpander Cross
    Seleksi Low SUV Incaran Bulan Ini, Ada Rush, BR-V, Terios, Stargazer X, Xpander Cross
    Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    Bangkit Jaya Putra . 03 Des, 2024