Menelisik Performa dan Kapabilitas Mitsubishi Destinator 1.5L Turbo

test drive Mitsubishi Destinator

Kalau dilihat dari rancangan eksterior Mitsubishi Destinator relatif mirip Xforce versi panjang. Tatanan dasbor pun tak jauh berbeda. Namun apakah rasa berkendara juga sama? Di balik kap depan bersemayam enjin 1,5 liter turbo. Dan model ini menggunakan transmisi tipe CVT racikan anyar agar memberi penyaluran mulus nan responsif. Kombinasi ini bikin makin penasaran. Seberapa jauh ia bisa membuktikan nama besarnya di kelas SUV 7-seater.

KEY TAKEAWAYS

  • Di balik kap Mitsubishi Destinator tertancap enjin 1,5 liter turbo dengan transmisi tipe CVT

    Benefit dari tipe penyaluran ini, dapat memberikan performa halus, juga senyap. Saat tenaga lebih besar dibutuhkan sistem memberi respons tangkas
  • Konfigurasi Enjin Destinator

    Mitubishi Destinator mode berkendara Gravel

    Oke langsung saja tengok kemampuan mekanikal pacu Mitsubishi Destinator turbo 4B40. Di dalamnya tertanam water cooled intercooler dan sebuah siklus rasio ekspansi tinggi (Atkinson cycle). Menurut pabrikan, formulasi ini memungkinkan kombinasi antara akselerasi bertenaga dan efisiensi bahan bakar tinggi. Kubikasi ruang bakar 1499 cc DOHC 16 valve, memberikan tenaga tertinggi 163 PS di 5.000 rpm. Kemudian torsi puncak 250 Nm dari 2.500 rpm sampai 4.000 rpm. Jelas dari data spesifikasi jauh berbeda dari Xforce. 

    Penyaluran tenaga ke roda depan Mitsubishi Destinator dipercayakan via Continuously Variable Transmission (CVT). Duduk di balik kemudi langsung bisa merasakan karakter transmisi ini.  Akselerasi dorongan tenaga begitu linear sesuai tekanan pedal gas. Lalu respons mesin terbilang sangat agresif ketika menekan pedal gas sedikit saja. Padahal pertama pengujian dalam mode berkendara Normal.

    Benefit dari tipe penyaluran ini, dapat memberikan performa halus, juga senyap. Saat tenaga lebih besar dibutuhkan, seperti saat menyalip di tanjakan atau masuk ke jalan bebas hambatan. Sistem ini memberikan akselerasi cekatan. Namun kalau pandai memainkan momentum malah minim raungan mesin. Karakter CVT Destinator mampu menjaga putaran mesin tetap rendah walau sedang melesat kencang. Misal melaju 100 km/jam jarum putaran masih di bawah 2.000 rpm. 

    Handling dan Bantingan

    Mitubishi Destinator mode berkendara Gravel

    Respons lingkar kemudi terasa pas, mengikuti pilihan mode yang Anda gunakan. Termasuk mengikuti kecepatan berkendara. Semakin kencang Mitsubishi Destinator melesat, setir kian padat. Sehingga pengemudi bisa merasakan handling yang presisi. Tatkala harus menikung tajam pun masih percaya diri. Sebab terjadi penyatuan rasa berkendara yang kuat.  

    Untuk peredam guncangan. Destinator menggunakan suspensi MacPherson struts di depan dan torsion beam sebagai penyangga roda belakang. Pengembalian pegas (rebound) rigid, buat melesat kencang. Ia sangat stabil. Namun harus sedikit mengorbankan kelembutan saat berjalan pelan di medan tak rata. Tapi lagi-lagi itu masih dalam batas wajar. Sehingga tetap enak dipakai buat bertualang bareng keluarga. 

    5 Mode Berkendara 

    5 Mode berkendara Mitsubishi Destinator

    Lima mode berkendara untuk performa optimal di berbagai kondisi jalan diberikan. Dengan mengadopsi sistem penggerak roda depan. All New Destinator memanfaatkan teknologi all wheel control dari Mitsubishi Motors. Bisa menambah pengalaman berkendara aman, andal dan nyaman. Teknologi ini menawarkan pengendalian mantap khas SUV di berbagai permukaan jalan dan kondisi cuaca. 

    Sistem ini mengintegrasikan berbagai fitur pengendali. Termasuk Active Yaw Control (AYC) yang mengatur distribusi tenaga antara penggerak roda depan kiri dan kanan guna meningkatkan kinerja menikung. Lalu kontrol traksi buat mengelola selip ban, serta kontrol mesin dan power steering – memungkinkan kinerja stabil di berbagai kondisi jalan.

    Punya Fungsi Berbeda

    Nah, Anda dapat memilih lima mode berkendara yang dirancang untuk berbagai kondisi permukaan jalan. Misalnya saat kondisi jalan hujan. Wet Mode memberikan stabilitas tinggi dan mengurangi risiko selip ban. Sedangkan mode Tarmac menawarkan respons tangkas dan presisi, di jalan beraspal berkelok-kelok dan akselerasi tajam saat keluar dari kemacetan. Potensi tenaga dan torsi dikeluarkan semua saat berkendara dalam mode ini. 

    Lalu mode Normal paling pas. Sebab memberi keseimbangan untuk berkendara sehari-hari. Kemudian Mode Gravel mengurangi gejala selip dan memastikan pengendalian andal di jalan tidak beraspal. Misalnya buat jalanan tanah kering. Kemudian Mud mode memberikan pengendalian jalan kuat bahkan di medan berlumpur maupun kasar. Secara keseluruhan, berbagai mode ini menghasilkan pengalaman berkendara menenangkan. Asyik dipakai di berbagai skenario bermobilitas. (Alx)

    Baca Juga: 

    Harga Mitsubishi Destinator Dilepas Mulai Rp385 Juta, Tersedia Paket Premium 

    Mau Kredit Suzuki Fronx, Cek Dulu Skema Cicilannya dan Tawaran Menarik di GIIAS 2025

    Jelajahi Mitsubishi Destinator

    • Tampak Depan Bawah Mitsubishi Destinator
    • Tampak samping Destinator
    • Tampak Depan Mitsubishi Destinator
    • Tampak belakang Destinator
    • Tampak Grille Destinator
    • Lampu depan Destinator
    • lampu belakang Destinator
    • Mitsubishi Destinator Drivers Side Mirror Front Angle
    • Pelek Destinator
    • Tampak belakang Destinator
    • Mitsubishi Destinator Front Side View
    • Tampak depan medium Mitsubishi Destinator
    • Tampak belakang tengah Destinator
    Mitsubishi Destinator
    Rp 385 - 495 Juta Cicilan : Rp 8,78 Juta

    Model Mobil Mitsubishi

    Mobil Mitsubishi
    • Mitsubishi Xpander
      Mitsubishi Xpander
    • Mitsubishi L300
      Mitsubishi L300
    • Mitsubishi Destinator
      Mitsubishi Destinator
    • Mitsubishi L100 EV
      Mitsubishi L100 EV
    • Mitsubishi Pajero Sport
      Mitsubishi Pajero Sport
    • Mitsubishi Pajero Sport Elite
      Mitsubishi Pajero Sport Elite

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Mitsubishi Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren SUV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Mitsubishi Destinator dari Carvaganza

    • GIIAS 2025: Mitsubishi Destinator Umumkan Harga Resmi, Mulai Rp385 Juta
      GIIAS 2025: Mitsubishi Destinator Umumkan Harga Resmi, Mulai Rp385 Juta
      Anjar Leksana . 23 Jul, 2025
    • Mitsubishi Destinator Tampil di Segmen SUV Medium, Ini Daftar Rival Beratnya
      Mitsubishi Destinator Tampil di Segmen SUV Medium, Ini Daftar Rival Beratnya
      Setyo Adi . 21 Jul, 2025
    • Harga Baru Diumumkan di GIIAS, Mitsubishi Destinator Hanya Xforce yang Dipanjangkan?
      Harga Baru Diumumkan di GIIAS, Mitsubishi Destinator Hanya Xforce yang Dipanjangkan?
      Eka Zulkarnain H . 21 Jul, 2025
    • Performa Mesin Turbo 1.5L Mitsubishi Destinator, Janjikan Efisiensi dan Akselerasi Optimal
      Performa Mesin Turbo 1.5L Mitsubishi Destinator, Janjikan Efisiensi dan Akselerasi Optimal
      Anjar Leksana . 18 Jul, 2025
    • Harga Masih Rahasia, Kenali Setiap Varian Mitsubishi Destinator
      Harga Masih Rahasia, Kenali Setiap Varian Mitsubishi Destinator
      Setyo Adi . 18 Jul, 2025

    Artikel Mobil Mitsubishi Destinator dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Mitsubishi Kantongi 2.000 SPK Destinator Sejak Peluncurannya di GIIAS 2025
      Mitsubishi Kantongi 2.000 SPK Destinator Sejak Peluncurannya di GIIAS 2025
      Setyo Adi Nugroho . 29 Jul, 2025
    • Mitsubishi Indonesia Umumkan Harga Resmi Destinator di GIIAS 2025
      Mitsubishi Indonesia Umumkan Harga Resmi Destinator di GIIAS 2025
      Anjar Leksana . 23 Jul, 2025
    • Mitsubishi Jawab Keraguan Mesin 1.5L Turbo Destinator
      Mitsubishi Jawab Keraguan Mesin 1.5L Turbo Destinator
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
    • Mitsubishi Destinator dan Xforce Dinilai Mirip: Desain Serupa, Dimensi Melar
      Mitsubishi Destinator dan Xforce Dinilai Mirip: Desain Serupa, Dimensi Melar
      Eka Zulkarnain . 20 Jul, 2025
    • Dibawa Keliling Jakarta, Pengalaman Perdana Bersama Mitsubishi Destinator
      Dibawa Keliling Jakarta, Pengalaman Perdana Bersama Mitsubishi Destinator
      Setyo Adi Nugroho . 20 Jul, 2025
    • Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
      Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
      Setyo Adi Nugroho . 18 Jul, 2025
    • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025