Mengenal DFSK Seres SF5, Mobil Listrik Berkemampuan Seperti Sportscar

DFSK Seres SF5

 

KEY TAKEAWAYS

  • DFSK Seres SF5 sangatlah unik

    Menyandang EV Range Extender berupa mesin bensin turbo, tapi digunakan sebagai generator pemberi daya listrik bila baterai sisa sedikit
  • Tak bisa disebut hybrid, bukan Plug-in Hybrid, namun memakai platform mobil listrik murni

    Tapi bisa dicas ulang di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)
  • Di IIMS Hybrid 2022, DFSK unjuk teknologi lewat sebuah kendaraan unik. Ialah Seres SF5 yang tak bisa dibilang sebagai mobil listrik murni. Bukan pula bergenre hybrid, namun dengan menyandang EV Range Extender. Memang ia memiliki mesin bensin turbo, tapi digunakan sebagai generator pemberi daya listrik, bila baterai kurang dari 20 persen. Terus kombinasi kekuatan setara sportscar. Mari berkenalan lebih dekat.

    Ia menganut sistem gerak all wheel drive (AWD) didukung oleh high performance dual electric motor. Pengemudi disuguhkan dinamo penggerak SEP200AC. Aliran tenaga maksimal tembus 255 kW (347 PS) di depan dan HW150 dengan power 150 kW (204 PS). Kalau ditotal, tenaga menyentuh 551 PS. Lalu torsi maksimal versi Range Extender EV 820 Nm. Kemampuan ini setara sporstcar secara umum. Momentum puntir sangat perkasa, sehingga akselerasi rampung hanya 4,7 detik untuk mengilat dari 0-100 kpj.

    Seres SF5

    Agar sensasi berkendara semakin menyenangkan dan bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan perjalanan. Seres SF5 dilengkapi sejumlah pilihan mode berkendara serta dukungan pengaturan elektronik. Anda dapat memilih lima mode berkendara, empat mode perjalanan, tiga mode steer dan dua mode pengereman untuk disesuaikan gaya berkendara yang dibutuhkan. Kemudian baterai menggunakan Li-ion berdaya 35 kWH. Pengemudi bisa pakai fast charging untuk mengisi daya baterai 80 persen kurang dari 1 jam.

    Nah, menariknya, bila Anda tidak menemukan charging station di sekitar selama perjalanan. Seres SF5 dilengkapi Intelligent Extended Range Technology. Yakni sebuah enjin 1,5 liter turbo yang sama seperti DFSK Glory i-Auto. Mesin hanya bisa dipakai saat kondisi energi listrik di baterai tersisa sekitar 20 persen. Ia sanggup melaju hingga 1.000 kilometer. Jadi prinsip kerjanya, ia merupakan mobil listrik namun menggendong internal combustion engine sebagai generator. Bukan untuk penggerak roda. Berbeda pula dari Nissan e-Power yang baterai tak bisa dicas mandiri.

    Baca Juga: Walau Sudah Dipamerkan, DFSK Belum Berencana Jual Seres SF5 EV Range Extender

     

    Interior Seres SF5

    Energi listrik yang dihasilkan serta dimiliki oleh Seres SF5 bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Tidak terbatas hanya kepada penggunaan berkendara saja. Misal digunakan sebagai sumber energi peralatan listrik rumah tangga, seperti teko pemanas air, audio speaker. Lalu asistensi berkendara pun dibilang canggih.

    Seres SF5 mendapatkan dukungan asisten berkendara melalui Seres Pilot Safe Driving Intelligent Assistant System. Fitur ini merupakan generasi terbaru yang didasari kebiasaan penggunaan. Perangkat didukung oleh 16 titik sensor. Memungkinkan kendaraan membaca kondisi jalanan serta berkendara dengan akurat.

    DFSK Seres SF5

    Gabungan fitur terdiri atas Lane Change Assistant, Lane Change Warning, Side Door Opening Warning, Lane Departure Warning. Lalu ada High-Speed Pilot Assistance, Full-Speed Adaptive Cruise, Automatic Emergency Braking, Traffic Jam Assist, Rear Cross Traffic Alert, Lane Keep Assist, Speed Limit Assist, dan 360 Panoramic View. Keunggulan dan desain modern dari Seres SF5 saat ini bisa disaksikan secara langsung di IIMS Hybrid 2022. Namun DFSK sepertinya hanya pamer, riset pasar, belum mau menjual dalam waktu dekat. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Seres SF5 Jadi Bintang Booth DFSK

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil DFSK Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil DFSK dari Carvaganza

    • Startup Milik Dongfeng Sedang Garap SUV Mewah Sekelas Cullinan
      Startup Milik Dongfeng Sedang Garap SUV Mewah Sekelas Cullinan
      Muhammad Hafid . 15 Agu, 2025
    • DFSK dan Seres Raup Total 565 SPK di GIIAS 2025, Segmen Niaga Masih Andalan
      DFSK dan Seres Raup Total 565 SPK di GIIAS 2025, Segmen Niaga Masih Andalan
      Muhammad Hafid . 07 Agu, 2025
    • GIIAS 2025: Seres 3 Ramaikan Pasar SUV Listrik, Meluncur Rp349 Juta
      GIIAS 2025: Seres 3 Ramaikan Pasar SUV Listrik, Meluncur Rp349 Juta
      Anjar Leksana . 27 Jul, 2025
    • DFSK Rayakan Milestone Produksi Super Cab Tembus 12 Ribu Unit
      DFSK Rayakan Milestone Produksi Super Cab Tembus 12 Ribu Unit
      Muhammad Hafid . 28 Mei, 2025
    • Bedah Spesifikasi Seres 3, Siap Goyahkan Pasar SUV Listrik Tanah Air
      Bedah Spesifikasi Seres 3, Siap Goyahkan Pasar SUV Listrik Tanah Air
      Alvando Noya . 05 Mei, 2025

    Artikel Mobil DFSK dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • DFSK Gelora E Jadi Kendaraan Operasional Perusahaan Logistik, Intip Spesifikasinya
      DFSK Gelora E Jadi Kendaraan Operasional Perusahaan Logistik, Intip Spesifikasinya
      Bangkit Jaya Putra . 06 Agu, 2025
    • DFSK dan Seres Raup 565 SPK di GIIAS 2025, Seres 3 dan Gelora E Jadi Andalan
      DFSK dan Seres Raup 565 SPK di GIIAS 2025, Seres 3 dan Gelora E Jadi Andalan
      Muhammad Hafid . 06 Agu, 2025
    • DFSK Gelora E Jadi Fondasi Armada Elektrifikasi Dash Electric
      DFSK Gelora E Jadi Fondasi Armada Elektrifikasi Dash Electric
      Zenuar Yoga . 31 Jul, 2025
    • Diumumkan di GIIAS 2025, Harga Mobil Listrik Seres 3 Rp349 Juta
      Diumumkan di GIIAS 2025, Harga Mobil Listrik Seres 3 Rp349 Juta
      Anjar Leksana . 24 Jul, 2025
    • DFSK Super Cab Capai Produksi ke-12.000, Bukti Kepercayaan Konsumen Indonesia
      DFSK Super Cab Capai Produksi ke-12.000, Bukti Kepercayaan Konsumen Indonesia
      Muhammad Hafid . 28 Mei, 2025
    • Perbandingan Spesifikasi Mobil Komersial Listrik di Indonesia
      Perbandingan Spesifikasi Mobil Komersial Listrik di Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . 05 Mei, 2025
    • 6 Mobil Listrik Harga Murah yang Tersedia di Pameran IIMS 2025
      6 Mobil Listrik Harga Murah yang Tersedia di Pameran IIMS 2025
      Anjar Leksana . 20 Feb, 2025
    • Komparasi Mobil Listrik Murah, Wuling Air ev Lite Vs Seres E1
      Komparasi Mobil Listrik Murah, Wuling Air ev Lite Vs Seres E1
      Setyo Adi Nugroho . 30 Agu, 2023
    • 4 Hal yang Membuat DFSK Glory 560 Layak Jadi Alternatif Pilihan
      4 Hal yang Membuat DFSK Glory 560 Layak Jadi Alternatif Pilihan
      Raju Febrian . 26 Mar, 2021
    • Komparasi Dua Alternatif Medium SUV Terjangkau: MG HS vs DFSK Glory i-Auto
      Komparasi Dua Alternatif Medium SUV Terjangkau: MG HS vs DFSK Glory i-Auto
      Ahmad Karim . 15 Agu, 2020
    • Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
      Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
      Ardiantomi . 01 Okt, 2024
    • Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
      Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2024
    • Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 2): Rayuan Mekanikal Pacu 1.5L Turbo, Seberapa Cuan?
      Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 2): Rayuan Mekanikal Pacu 1.5L Turbo, Seberapa Cuan?
      Anjar Leksana . 18 Sep, 2020
    • Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 1): Menimbang Gimik Taburan Fitur Pelengkap
      Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 1): Menimbang Gimik Taburan Fitur Pelengkap
      Anjar Leksana . 17 Sep, 2020
    • Road Test DFSK Glory 560: Sanggup Melahap Medan Offroad? (Part-2)
      Road Test DFSK Glory 560: Sanggup Melahap Medan Offroad? (Part-2)
      Rizki Satria . 25 Sep, 2019