Mengenal Teknologi Katup Variabel MIVEC di Mesin Mitsubishi

mitsubishi mesin mivec

JAKARTA – Sejak 1992, Mitsubishi Motors melambungkan namanya berkat teknologi yang terpasang di mesinnya. Tak hanya bertenaga mesin ini juga dikenal bandel dan irit bahan bakar. Secara umum, teknologi pengaturan katup dimanfaatkan berbagai pabrikan untuk membuat keseimbangan efisiensi dan performa. Tapi di Mitsubishi, sistem pengaturan bukaan klep secara variabel ini diberi nama MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system).

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan Mitsubishi dengan menjajalnya pada mesin 4G92 yang mengkombinasikan 16 katup DOHC berkubikasi 1.597 cc. Pada saat itu, namanya masih Mitsubishi Innovative Valve timing dan lift Electronic Control. Mobil pertama menggunakan MIVEC adalah sedan Mitsubishi Lancer dan city car Mitsubishi Mirage.

Baca Juga: Olah Desain Mitsubishi Outlander Anyar, Mirip Engelberg Tourer Concept

mitsubishi mesin mivec turbo

MIVEC DOHC – 16 Valve

MIVEC sendiri dikembangkan dengan fokus mengatur bukaan klep secara variabel. Tujuannya agar mendapatkan output besar, sekaligus irit BBM dan rendah emisi. Sejak perkenalan perdana, sistem terus menerus disempurnakan. Pada 2005, Outlander perdana mengadopsi mekanisme canggih. Secara berkelanjutan penentuan valve timing tidak terletak di sisi intake saja. Titik membuka katup exhaust pun bisa berubah sesuai kebutuhan mesin.

Ibarat mengatur jadwal kerja, sistem menentukan kapan katup intake atau exhaust harus membuka. Semua disesuaikan lewat aktuator, entah itu untuk menghasilkan torsi, atau bahkan output optimal saat beban mesin tinggi. Bisa juga menghasilkan konsumsi bahan bakar sehemat mungkin saat berjalan.

Komposisi ini terdapat dalam keluarga mesin empat silinder 4B1. Ditemukan bersemayam di balik bonnet Outlander, Delica D:5, dan Galant Fortis. Bukan hanya di mobil biasa, model sedan performa tinggi Mitsubishi turut menggendong mesin ini. Ialah 4B11 MIVEC dengan Twin Scroll Turbo, penerus unit 4G63 di keluarga Lancer Evolution.

https://youtu.be/KbSxhS73vLI

 

MIVEC DOHC – 12 Valve

Dukungan MIVEC juga eksis dalam keluarga mesin tiga silinder, namun cara kerja berbeda dari sistem di 4B1. Pasalnya, aktuator MIVEC hanya dipasangkan pada noken as intake. Meski begitu, penerapan timing seperti overlap antara exhaust dan intake tetap terlaksana lewat satu sisi. Keseimbangan performa dan efisiensi pun masih mungkin diraih. Beginilah cara kerja MIVEC di Mirage 1.200 cc yang disuntik mati pada 2018 lalu.

Baca juga: Berkenalan dengan Teknologi Katup Variabel MIVEC di Mobil Mitsubishi

MIVEC SOHC

Sampailah Mitsubishi pada teknologi MIVEC termutakhir mereka di model mesin 4J1. Bukan DOHC melainkan SOHC, hanya mengatur sisi intake pula. Tapi bukan berarti lebih payah, diklaim performa setara dengan sistem MIVEC sebelumnya. Hal ini dikarenakan katup intake dapat diatur kapan harus membuka (valve timing), sekaligus jarak bukaan (valve lift) secara simultan.

Keuntungan efisiensi lewat valve timing kian dikuatkan oleh kemampuan penyesuaian jarak terjauh katup. Ia mereduksi pumping loss saat kondisi beban putaran mesin ringan sampai moderat. Caranya menyesuaikan volume udara masuk di sisi klep kepala silinder, dan juga dari sisi katup throttle. Efisiensi bahan bakar lantas didapat. Di samping itu, komposisi jeroan unit MIVEC teranyar ini turut mendukung penghematan BBM.

Penggunaan pemacu model 4J1 belum dapat kita rasakan saat ini. Di luaran sana dapat ditemukan bersembunyi di balik bonnet Outlander, serta sang adik RVR atau ASX (Kita kenal sebagai Outlander Sport).

Baca Juga: Ini Manfaat Lebih Dari Mitsubishi Outlander PHEV

mitsubishi xpander

Teknologi MIVEC di Tanah Air

Aplikasi teknologi MIVEC juga disematkan pada kendaraan penumpang Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Seperti halnya model flagship Small MPV Mitsubishi Motors, Mitsubishi Xpander dibekali mesin 4A91 MIVEC 1.5L DOHC 16 Valve yang memiliki tenaga hingga 104 PS @6,000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm @4,000 rpm. Mesin yang sama juga digunakan Xpander Cross.

Lainnya, Outlander Sport menggendong unit 4B11 2.000 cc, serta Eclipse Cross yang berjantung 4B40 1.500 cc turbo. Unit diesel 4N15 2.400 cc milik Pajero dan 4B12 di Outlander PHEV juga tak ketinggalan disematkan teknologi klep variabel. Mesin MIVEC 4 (empat) silinder pada PHEV ini menghasilkan tenaga maksimum 128 PS @4,500 rpm dan torsi maksimum 199 Nm @4,500 rpm. (Krm/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Mitsubishi Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Mitsubishi dari Carvaganza

  • Aplikasi My Mitsubishi Motors ID Tambah Game Interaktif, Ada Hadiah Ratusan Juta
    Aplikasi My Mitsubishi Motors ID Tambah Game Interaktif, Ada Hadiah Ratusan Juta
    Anjar Leksana . 30 Mei, 2025
  • Detail New Mitsubishi Xpander Ultimate 2025: Desain Baru, Fitur Canggih, Harga Kompetitif
    Detail New Mitsubishi Xpander Ultimate 2025: Desain Baru, Fitur Canggih, Harga Kompetitif
    Anjar Leksana . 23 Mei, 2025
  • Mitsubishi Incar 10% Pangsa Pasar Otomotif Indonesia pada 2025
    Mitsubishi Incar 10% Pangsa Pasar Otomotif Indonesia pada 2025
    Anjar Leksana . 20 Mei, 2025
  • Mitsubishi Indonesia Segarkan Xpander dan Xpander Cross 2025, Bukan Hybrid!
    Mitsubishi Indonesia Segarkan Xpander dan Xpander Cross 2025, Bukan Hybrid!
    Bangkit Jaya . 17 Mei, 2025
  • NJKB Mitsubishi Xforce 7-Seater Sudah Muncul, Bakal Pakai Mesin 1.5L Turbo
    NJKB Mitsubishi Xforce 7-Seater Sudah Muncul, Bakal Pakai Mesin 1.5L Turbo
    Anjar Leksana . 15 Apr, 2025

Artikel Mobil Mitsubishi dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Mitsubishi Rilis Video dan Foto Kotak Misteri Penggoda, Apakah Mobil Baru DST?
    Mitsubishi Rilis Video dan Foto Kotak Misteri Penggoda, Apakah Mobil Baru DST?
    Ardiantomi . Hari ini
  • Model Facelift 2025 Baru Muncul, Berapa Harga Xpander CVT Bekas?
    Model Facelift 2025 Baru Muncul, Berapa Harga Xpander CVT Bekas?
    Anjar Leksana . 13 Jun, 2025
  • Varian Baru Mitsubishi Xpander Exceed Tourer 2025, Selengkap Apa?
    Varian Baru Mitsubishi Xpander Exceed Tourer 2025, Selengkap Apa?
    Anjar Leksana . 21 Mei, 2025
  • Mitsubishi Berambisi Cengkeram Pangsa Pasar Otomotif Nasional 10 Persen 2025
    Mitsubishi Berambisi Cengkeram Pangsa Pasar Otomotif Nasional 10 Persen 2025
    Anjar Leksana . 20 Mei, 2025
  • Detail Ubahan New Mitsubishi Xpander Ultimate 2025 dari Model Lawas
    Detail Ubahan New Mitsubishi Xpander Ultimate 2025 dari Model Lawas
    Anjar Leksana . 19 Mei, 2025
  • Bongkar Kelengkapan Mitsubishi Xpander Ultimate dan Exceed Touring Terbaru
    Bongkar Kelengkapan Mitsubishi Xpander Ultimate dan Exceed Touring Terbaru
    Ardiantomi . 30 Mei, 2025
  • Mitsubishi Xpander Cross 2025: Ubahan Eksterior, Interior, dan Fitur Terbaru
    Mitsubishi Xpander Cross 2025: Ubahan Eksterior, Interior, dan Fitur Terbaru
    Ardiantomi . 30 Mei, 2025
  • Daftar Low SUV Lebih Segar Berkat Kehadiran New Xpander Cross
    Daftar Low SUV Lebih Segar Berkat Kehadiran New Xpander Cross
    Setyo Adi Nugroho . 23 Mei, 2025
  • Mitsubishi Xpander Dapat Penyegaran, Ini Pilihan LMPV Terbaru Mei 2025
    Mitsubishi Xpander Dapat Penyegaran, Ini Pilihan LMPV Terbaru Mei 2025
    Setyo Adi Nugroho . 19 Mei, 2025
  • Perbandingan Spesifikasi Mobil Komersial Listrik di Indonesia
    Perbandingan Spesifikasi Mobil Komersial Listrik di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 05 Mei, 2025
  • First Drive Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense: Suntikan ADAS Bikin Naik Kelas
    First Drive Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense: Suntikan ADAS Bikin Naik Kelas
    Bangkit Jaya Putra . 28 Nov, 2024
  • First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    Anjar Leksana . 10 Sep, 2024
  • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
  • Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
    Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2023
  • First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
    First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
    Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2023