Mengenal Teknologi Katup Variabel MIVEC di Mesin Mitsubishi

mitsubishi mesin mivec

JAKARTA – Sejak 1992, Mitsubishi Motors melambungkan namanya berkat teknologi yang terpasang di mesinnya. Tak hanya bertenaga mesin ini juga dikenal bandel dan irit bahan bakar. Secara umum, teknologi pengaturan katup dimanfaatkan berbagai pabrikan untuk membuat keseimbangan efisiensi dan performa. Tapi di Mitsubishi, sistem pengaturan bukaan klep secara variabel ini diberi nama MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system).

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan Mitsubishi dengan menjajalnya pada mesin 4G92 yang mengkombinasikan 16 katup DOHC berkubikasi 1.597 cc. Pada saat itu, namanya masih Mitsubishi Innovative Valve timing dan lift Electronic Control. Mobil pertama menggunakan MIVEC adalah sedan Mitsubishi Lancer dan city car Mitsubishi Mirage.

Baca Juga: Olah Desain Mitsubishi Outlander Anyar, Mirip Engelberg Tourer Concept

mitsubishi mesin mivec turbo

MIVEC DOHC – 16 Valve

MIVEC sendiri dikembangkan dengan fokus mengatur bukaan klep secara variabel. Tujuannya agar mendapatkan output besar, sekaligus irit BBM dan rendah emisi. Sejak perkenalan perdana, sistem terus menerus disempurnakan. Pada 2005, Outlander perdana mengadopsi mekanisme canggih. Secara berkelanjutan penentuan valve timing tidak terletak di sisi intake saja. Titik membuka katup exhaust pun bisa berubah sesuai kebutuhan mesin.

Ibarat mengatur jadwal kerja, sistem menentukan kapan katup intake atau exhaust harus membuka. Semua disesuaikan lewat aktuator, entah itu untuk menghasilkan torsi, atau bahkan output optimal saat beban mesin tinggi. Bisa juga menghasilkan konsumsi bahan bakar sehemat mungkin saat berjalan.

Komposisi ini terdapat dalam keluarga mesin empat silinder 4B1. Ditemukan bersemayam di balik bonnet Outlander, Delica D:5, dan Galant Fortis. Bukan hanya di mobil biasa, model sedan performa tinggi Mitsubishi turut menggendong mesin ini. Ialah 4B11 MIVEC dengan Twin Scroll Turbo, penerus unit 4G63 di keluarga Lancer Evolution.

https://youtu.be/KbSxhS73vLI

 

MIVEC DOHC – 12 Valve

Dukungan MIVEC juga eksis dalam keluarga mesin tiga silinder, namun cara kerja berbeda dari sistem di 4B1. Pasalnya, aktuator MIVEC hanya dipasangkan pada noken as intake. Meski begitu, penerapan timing seperti overlap antara exhaust dan intake tetap terlaksana lewat satu sisi. Keseimbangan performa dan efisiensi pun masih mungkin diraih. Beginilah cara kerja MIVEC di Mirage 1.200 cc yang disuntik mati pada 2018 lalu.

Baca juga: Berkenalan dengan Teknologi Katup Variabel MIVEC di Mobil Mitsubishi

MIVEC SOHC

Sampailah Mitsubishi pada teknologi MIVEC termutakhir mereka di model mesin 4J1. Bukan DOHC melainkan SOHC, hanya mengatur sisi intake pula. Tapi bukan berarti lebih payah, diklaim performa setara dengan sistem MIVEC sebelumnya. Hal ini dikarenakan katup intake dapat diatur kapan harus membuka (valve timing), sekaligus jarak bukaan (valve lift) secara simultan.

Keuntungan efisiensi lewat valve timing kian dikuatkan oleh kemampuan penyesuaian jarak terjauh katup. Ia mereduksi pumping loss saat kondisi beban putaran mesin ringan sampai moderat. Caranya menyesuaikan volume udara masuk di sisi klep kepala silinder, dan juga dari sisi katup throttle. Efisiensi bahan bakar lantas didapat. Di samping itu, komposisi jeroan unit MIVEC teranyar ini turut mendukung penghematan BBM.

Penggunaan pemacu model 4J1 belum dapat kita rasakan saat ini. Di luaran sana dapat ditemukan bersembunyi di balik bonnet Outlander, serta sang adik RVR atau ASX (Kita kenal sebagai Outlander Sport).

Baca Juga: Ini Manfaat Lebih Dari Mitsubishi Outlander PHEV

mitsubishi xpander

Teknologi MIVEC di Tanah Air

Aplikasi teknologi MIVEC juga disematkan pada kendaraan penumpang Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Seperti halnya model flagship Small MPV Mitsubishi Motors, Mitsubishi Xpander dibekali mesin 4A91 MIVEC 1.5L DOHC 16 Valve yang memiliki tenaga hingga 104 PS @6,000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm @4,000 rpm. Mesin yang sama juga digunakan Xpander Cross.

Lainnya, Outlander Sport menggendong unit 4B11 2.000 cc, serta Eclipse Cross yang berjantung 4B40 1.500 cc turbo. Unit diesel 4N15 2.400 cc milik Pajero dan 4B12 di Outlander PHEV juga tak ketinggalan disematkan teknologi klep variabel. Mesin MIVEC 4 (empat) silinder pada PHEV ini menghasilkan tenaga maksimum 128 PS @4,500 rpm dan torsi maksimum 199 Nm @4,500 rpm. (Krm/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Mitsubishi Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Mitsubishi dari Carvaganza

  • Sukses Tarik Animo Tinggi, Bulan Depan Mitsubishi Destinator Berubah Harga
    Sukses Tarik Animo Tinggi, Bulan Depan Mitsubishi Destinator Berubah Harga
    Tomi Tomi . 29 Sep, 2025
  • Mitsubishi Destinator Resmi Pakai Ban OEM Bridgestone Turanza 6 Enliten
    Mitsubishi Destinator Resmi Pakai Ban OEM Bridgestone Turanza 6 Enliten
    Anindiyo Pradhono . 12 Agu, 2025
  • Mitsubishi Imbau Pemilik L300 Periksa ke Bengkel, Potensi Mesin Mati Mendadak
    Mitsubishi Imbau Pemilik L300 Periksa ke Bengkel, Potensi Mesin Mati Mendadak
    Setyo Adi . 11 Agu, 2025
  • Mitsubishi Tembus 4.000 SPK Lebih di GIIAS 2025, Destinator Paling Banyak Diminati
    Mitsubishi Tembus 4.000 SPK Lebih di GIIAS 2025, Destinator Paling Banyak Diminati
    Setyo Adi . 09 Agu, 2025
  • Ketahui Menariknya Mitsubishi Destinator GLS, Varian Bawah Andalkan Performa
    Ketahui Menariknya Mitsubishi Destinator GLS, Varian Bawah Andalkan Performa
    Anindiyo Pradhono . 07 Agu, 2025

Artikel Mobil Mitsubishi dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Mitsubishi Destinator Laris Manis, Harga Terbaru Ada Penyesuaian
    Mitsubishi Destinator Laris Manis, Harga Terbaru Ada Penyesuaian
    Ardiantomi . 29 Sep, 2025
  • Mitsubishi XForce Bekas Makin Banyak Dijumpai, Harga Mulai Rp290 Jutaan
    Mitsubishi XForce Bekas Makin Banyak Dijumpai, Harga Mulai Rp290 Jutaan
    Anjar Leksana . 02 Sep, 2025
  • Bridgestone Turanza 6 ENLITEN Jadi Ban Standar Mitsubishi Destinator
    Bridgestone Turanza 6 ENLITEN Jadi Ban Standar Mitsubishi Destinator
    Anindiyo Pradhono . 11 Agu, 2025
  • Connecting Rod Terindikasi Masalah, Mitsubishi Recall L300
    Connecting Rod Terindikasi Masalah, Mitsubishi Recall L300
    Setyo Adi Nugroho . 07 Agu, 2025
  • Mitsubishi Destinator Kontributor Terbesar Penjualan di GIIAS 2025
    Mitsubishi Destinator Kontributor Terbesar Penjualan di GIIAS 2025
    Setyo Adi Nugroho . 06 Agu, 2025
  • Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
    Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
  • Masih Tertarik Mitsubishi Xforce, Pilih Varian Ultimate Diamond Sense! Ini Alasannya
    Masih Tertarik Mitsubishi Xforce, Pilih Varian Ultimate Diamond Sense! Ini Alasannya
    Ardiantomi . 29 Sep, 2025
  • Pilihan Mobil Keluarga, Mitsubishi Destinator atau Toyota Kijang Innova Zenix
    Pilihan Mobil Keluarga, Mitsubishi Destinator atau Toyota Kijang Innova Zenix
    Setyo Adi Nugroho . 03 Sep, 2025
  • Lima Poin Menarik Mitsubishi Destinator, SUV 7-Seater Baru yang Nyaman dan Tangguh
    Lima Poin Menarik Mitsubishi Destinator, SUV 7-Seater Baru yang Nyaman dan Tangguh
    Ardiantomi . 31 Agu, 2025
  • Ada Hyundai Stargazer Cartenz, Ini Tawaran Low MPV Terbaru di Bulan Kemerdekaan
    Ada Hyundai Stargazer Cartenz, Ini Tawaran Low MPV Terbaru di Bulan Kemerdekaan
    Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2025
  • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
  • First Drive Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense: Suntikan ADAS Bikin Naik Kelas
    First Drive Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense: Suntikan ADAS Bikin Naik Kelas
    Bangkit Jaya Putra . 28 Nov, 2024
  • First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    Anjar Leksana . 10 Sep, 2024
  • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
  • Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
    Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2023