Menjelang Peluncuran, Hyundai Sebar Wujud Utuh Kona N

Jajaran mobil kencang Hyundai makin ramai. Setelah kehadiran i30N dan Veloster N, sudah tersiar luas mengenai Kona N. Versi performa tinggi SUV kompak tinggal menunggu hari peluncuran. Sebelum hari-H, Hyundai menggoda lewat teaser resmi. Untuk pertama kalinya wujud Kona N terpampang jelas. Sekaligus menggelitik potensi besar di balik kulit yang sangar. 


Tanggal peresmian tidak akan lama lagi. Dan Kona N akan menjadi model performa pertama dari divisi N dengan wujud SUV atau crossover. Yang jelas, Kona N akan mengadopsi basis dan tampilan seperti versi terbaru Kona yang mengalami facelift September tahun lalu.


Meski masih sedikit tertutup oleh bayangan hitam, namun sebagian besar wujud Kona N sudah bisa terlihat. Tentu sudah bisa ditebak kalau tampil lebih agresif dan sporty mengikuti tema performa kencang. Bisa langsung terlihat dari tampilan grille depan yang besar dan terpasang logo N, berikut kisi-kisi honeycomb yang berdimensi besar. Dan sebagai khas dari Kona versi facelift, ada tiga slot udara di atas grille utama.


Hyundai Kona N


Grafis LED DRL sejajar dengan tiga slot alias intake udara tadi. Seolah menjadi ‘alis’ dari lampu utama. Bertempat di samping grille besar yang bentuknya seakan menunjukkan ekspresi menyeringai, lampu utama LED dibuat dalam satu frame dengan intake samping. Kemudian di bahian bawah juga ada intake memanjang, yang diikuti lip spoiler dengan aksen merah khas Hyundai N.


Klaim Hyundai, desain grille bawah terinspirasi dari bentuk badan pesawat luar angkasa. Tujuannya diadopsi desain ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan pada sisi aerodinamika. Meski mayoritas identik, pembeda tampilan antara Kona N dan Kona N Line ada pada proporsi desain grille dan aksen merah pada lip spoiler.


Sementara di bagian belakang, rombakan desainnya lebih signifikan. Terutama lewat aplikasi roof spoiler ganda demi optimalkan produksi downforce. Di tengah-tengah spoiler atas ini, terpasang lampu rem (stop lamp) berbentuk segitiga sebagai penyangga pada kaca belakang. Grafis LED bar pada lampu belakang punya garis seragam seperti DRL di depan. Menjadi penegas Kona N, adalah dua knalpot besar yang bersemayam di diffuser besar.


Hyundai Kona N teaser


Tidak seperti Kona versi standar yang tampil two tone dengan over fender hitam ala crossover urban. Kona N justru akan pakai fender sewarna body. Cara ini untuk membuat tampilan Kona N secara visual lebih ‘menempel’ dengan aspal. Apalagi dengan desain velg lebih sporty, berpalang ramping dan mengekspos rem cakram besarnya.


Seperti i30 N, mesin Kona N akan mengandalkan empat silinder 2,0 liter turbo, dengan kombinasi output tenaga 275 hp dan torsi 353 Nm. Output yang sama seperti dihasilkan oleh Veloster N, yang juga berbagi mesin ini. Sementara transmisinya, kabarnya akan mengutamakan jenis otomatis dual-clutch 8-percepatan. Tidak disebutkan soal transmisi manual apakah akan tersedia atau tidak.


Tak ingin basa-basi, Hyundai mengatakan Kona N akan menyajikan pengalaman berkendara yang jauh lebih gesit dan powerful. Begitu juga dengan fitur-fitur pendukung performanya, termasuk disediakan launch control. Jadi untuk para pecinta kecepatan dan kepraktisan pada kendaraan, tidak lagi harus pasrah membeli Kona N Line saja. (Why/Odi)

Jelajahi Hyundai Kona

Tampak Depan Bawah Hyundai Kona
Hyundai Kona Rp 363,9 Juta Cicilan Mulai : Rp 8,3 Juta
Lihat Promo

Artikel yang direkomendasikan untuk anda