Hyundai Sebar Teaser Kona N, Spek Mulai Terungkap

Hyundai Kona N Prototype

Hyundai sudah mulai menampakkan versi performa tinggi Kona. Baru-baru ini diedarkan teaser resmi berikut informasi mesin apa yang bakal digendongnya. Kelak masuk bagian dalam tonggak sejarah pabrikan sebagai SUV high-performance pertama mereka. Detailnya perlahan terkuak, 

Sudah dapat dipastikan bahwa SUV kencang asal Korea Selatan ini akan dipersenjatai enjin empat silinder 2,0 liter turbo. Baru segitu saja informasinya sebab tidak ada kejelasan terkait potensi memacu. Meski begitu, diekspektasikan membawa kemampuan setara hatchback performa lain. Sebut saja i30 N atau Veloster N. Bila demikian, boleh jadi ia menyiapkan tenaga antara 254 PS hingga 279 PS dengan torsi 353 Nm tergantung settingan.

Tugas pengantaran daya diemban oleh girboks Dual-Clutch Transmission (N DCT) delapan percepatan. Ekspektasinya tentu membawa fitur-fitur menarik ala video game. Contoh N Grin Shift, N Power Shift, hingga N Track Sense Shift. Memberikan potensi ekstra misal melontarkan kekuatan maksimum slama 20 detik, perpindahan ekstra cepat saat dibejek, hingga mengenali kondisi optimal untuk berkendara penuh hasrat seperti di sirkuit. Tidak diketahui apakah seluruh kekuatan disalurkan ke roda depan atau mengadopsi sistem AWD. Di lain sisi, besar kemungkinan tidak ada opsi perpindahan manual enam percepatan sebagai standar.

Baca Juga: Nilai Jual Hyundai Palisade Sebagai SUV Premium untuk Keluarga

Hyundai Kona N

Dari komposisi tadi diharapkan Kona N membawa fungsi Limited-Slip Differential (e-LSD) yang juga dikenal sebagai N Corner Carving Differential. Bertujuan mereduksi selip sekaligus meminimalisir saat memahat tikungan. Tak ketinggalan N Grin Control System sebagai pengatur mode berkendara. Bisa menentukan dinamika berkendara seperti respons mesin, e-LSD, kontrol stabilitas, setir, redaman suspensi hingga nyanyian dari pembuangan gas.

Terlepas dari semua itu, setidaknya ada dua anggota pencipta senyum dikonfirmasi hadir. Merupakan ketersediaan launch control demi suguhkan traksi optimal begitu dipecut dari posisi diam. Di samping itu dijanjikan pula pengalaman suara yang emosional.

Urusan gaya, Kona N dibangun dari basis model facelift. Versi paling segar dengan rombakan cukup signifikan di wajah dan bokongnya. Tampil sedikit lebih intimidatif sekaligus modern. Yang jelas sebagai pembeda versi performa tinggi, sudah sewajarnya dihiasi aksen hitam dan merah di sekujur tubuh. Tampil lebih gahar dari N Line juga wajar untuk diantisipasi. Diketahui lenggoknya disudahi pelek masif 19 atau 20 inci berisi kaliper merah spesifik N dan dual exhaust di buritan.

Baca Juga: Pengereman Potensi Bermasalah, Ribuan Hyundai Kona Electric dan Nexo Kena Recall

Hyundai Kona N

Bukan sebatas kencang, Hyundai Kona N menjanjikan kepraktisan sebuah SUV. Tapi dari situ, keseruan berkendaranya juga ditingkatkan sebagaimana anggota jajaran N lain. Digadang sebagai mobil yang dapat dinikmati di mana saja mulai dari jalan raya hingga ke sirkuit.

Pun walau sudah pasti dibuat bertenaga besar, Kona N tentu tidak bisa begitu saja melupakan sisi keselamatan. Besar harapan tetap membawa peranti keselamatan dan asistensi aktif Hyundai SmartSense termutakhir. Termasuk di dalamnya Forward Collision-Avoidance Assist yang sudah disempurnakan untuk mendeteksi pejalan kaki. Ada pula Lane Following Assist (LFA), bekerja menjaga posisi mobil di tengah jalur bahkan sebelum ‘mabal’ ke samping. Masih ada potensi lagi seperti asisten blind spot dan rear cross traffic alert yang sudah dilengkapi fungsi rem otomatis. Semua mencegah atau setidaknya meminimalisir risiko celaka.

Vice President of Marketing & Product Hyundai Motor Europe, Andreas-Christoph Hofmann berkomentar,”Kami bersemangat untuk memperluas resep sukses yang sudah kami kembangkan dengan i30 N dan paling terakhir pada i20 N kepada SUV paling populer kami di pasaran: Kona. Penambahan Kona ke dalam keluarga N akan membawa merek performa tinggi kami ke tingkatan berikutnya,”

Hyundai akan menginformasikan detail lain terkait Kona N pada beberapa minggu kedepan. Ini mengindikasikan bahwa momen peluncuran Kona N dapat terjadi tak lama lagi. Kita tunggu saja tanggal mainnya. (Krm/Odi)

Baca Juga: Hyundai Santa Fe Facelift 2021 Bakal Rilis di Indonesia, NJKB Sudah Tercantum

Jelajahi Hyundai Kona

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Kona
  • Tampak belakang serong Kona
  • Tampak Grille Kona
  • Lampu depan Kona
  • Ban depan Hyundai Kona
  • lampu belakang Kona
  • Hyundai Kona Drivers Side Mirror Front Angle
  • Pelek Kona
  • Lampu sein samping belakang Hyundai Kona
  • Lampu belakang Hyundai Kona
  • Tampak depan Kona, tilted
  • Tampak depan medum angle Kona
  • Hyundai Kona Carrier
Hyundai Kona
Rp 393 Juta Cicilan : Rp 8,97 Juta

Model Mobil Hyundai

Mobil Hyundai
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang