Mercedes-Benz Resmi Boyong GLA dan GLB Baru di Indonesia

Mercedes-Benz

JAKARTA -- Mercedes-Benz Indonesia melengkapi jajaran line-upnya. Kali ini jenama asal Jerman itu memperkenalkan keluarga baru SUV kompak Mercedes-Benz. Generasi baru Mercedes-Benz GLA diperkenalkan bersama GLB. Keduanya meluncur dengan sesi virtual launch yang digelar pada hari Kamis (24/9/2020) sore dalam acara Indonesia Digital Launch.

Kedua model ini melebarkan sayap model kompak Mercedes-Benz, yang dibangun berbasis pada A-Class terbaru. Jadi, GLA dan GLB hadir dengan berbagi platform Bersama A-Class, B-Class, dan CLA terbaru. GLA dan GLB hadir menawarkan keunggulan masing-masing di segmen SUV.

“Peluncuran New GLA dan New GLB merupakan puncak dari pembaruan lengkap keluarga mobil compact kami. Permintaan yang tinggi untuk SUV kami menunjukkan bahwa kami dapat memberikan model yang tepat untuk semua pelanggan kami di sini. Mencerminkan permintaan pelanggan, hal ini termasuk dua model off-road, GLA dan GLB, yang saling melengkapi dengan sempurna,” jelas Choi Duk Jun, President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Mercedes-Benz GLA

Mercedes-Benz GLA

GLA generasi kedua hadir sebagai SUV atau crossover kompak dengan desain stylish, yang mengedepankan gaya urbannya. Kini GLA bukan lagi sekadar A-Class hatchback yang diberikan over fender dan suspensi tinggi. Perbedaan GLA dan A-Class kini lebih menyeluruh, meski platform dan mesinnya sama.

GLA menampilkan proporsi keseluruhan yang kuat dengan overhang pendek di depan dan belakang. Posisi duduk SUV yang lebih tinggi dan berkarakteristik juga hadir dengan lebih banyak ruang kepala di baris pertama. Desain off-road yang khas termasuk bagian depan tegak, overhang pendek di depan dan belakang, dan cladding pelindung di sekelilingnya.

Hadir dengan varian GLA 200 Progrssive Line, GLA baru memakai mesin 1,3 liter turbo yang bertenaga 163 hp dan torsi 250 Nm. Mesin digabungkan transmisi 7G-DCT yang menggerakkan roda depan.

Mercedes-Benz GLB

Mercedes-Benz GLB

Sementara GLB menjadi model dengan dimensi terbesar di keluarga dengan basis A-Class. GLB dihadirkan sebagai alternatif dengan utilitas tinggi, namun dalam paket yang tetap kompak. Komposisi dimensinya yaitu panjang 4.634 mm, lebar 1.834 mm, dan tinggi 1.658 mm. Mobil ini menjadi SUV 7-seater entry level dari Mercedes-Benz.

Bicara soal desain, GLB sangat mirip dengan GLS terbaru, namun versi mini alias dimensi yang lebih kecil. Karkater fascia dan body yang boxy ditampilkan oleh GLB generasi perdana, menciptakan kesan gagah. Perangai GLB menunjukkan seolah siap diajak menjelajah medan off-road, sambil mengajak lebih banyak penumpang.

Interior memiliki tiga baris kursi, yang mampu mengakomodasi penumpang dewasa. Atau jika diperlukan, jok baris kedua dan ketiga bisa dilipat untuk sajikan ruang kargo besar untuk angkut barang banyak. Hadir lewat trim GLB 200 Progressive Line, paket mesin dan transmisinya sama seperti GLA terbaru. Bahkan sampai dengan angka output yang dihasilkan.

Mercedes-Benz GLB interior

Selain itu, kesamaan yang dimiliki GLA dan GLB ada pada sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) pada layar 10,25 inci. Layar infotainment di tengah terhubung satu frame dengan layar instrumen dengan dimensi sama. Interior juga sama-sama dihiasi ambient lighting dengan 64 kombinasi pilihan warna.

Soal fitur juga, keduanya sama-sama dilengkapi Keyless Go Comfort Access dengan akses Hands-Free. Begitu juga soal Blind Spot Assist dengan tambahan Exit Warning. Kemudahan pengemudi untuk GLA didukung dengan hadirnya Active Parking Assist, juga East Pack Tailgate.

Bagaimana dengan harga? Untuk Indonesia, Mercedes-Benz melansir GLA 200 Progressive Line dengan harga Rp 779 juta (off the road). Sementara untuk GLB 200 Progressive Line, bisa dimiliki dengan mahar Rp 829 juta (off the road).

Seperti apa detailnya? Simak ulasan kami di tulisan berikutnya. (Why)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Mercedes Benz Unggulan