Mitsubishi Vision Ralliart Concept Tampil Perdana, Menjanjikan SUV Kencang Tapi Ramah Lingkungan

Mitsubishi Vision Ralliart Concept

Nama Ralliart hilang ditelan bumi setidaknya lebih dari satu dekade. Seandainya sejak dulu terus bertahan dan dikembangkan, mungkin banyak keluar versi panas model Mitsubishi yang lebih kental darah rally-nya. Seharusnya bisa jadi in-house tuner pabrikan setara GR Sport, Hyundai N, dan lain-lain. Meski hidup kembali pada Mei 2021, tapi berujung mengecewakan. Ralliart kembali diresmikan di Thailand dalam wujud aksesori kosmetik untuk Pajero Sport dan Triton. Tak lebih.

Asa muncul lagi ketika Mitsubishi mulai mengenalkan Vision Ralliart Concept. Teaser sempat disebarkan dan memberi harapan kembalinya lagi sang legenda reli. Kini, selubungnya terbuka penuh di Tokyo Auto Salon 2022. Dari apa yang ditampilkan tak hanya mengubah Outlander generasi baru dengan paket bodikit agresif dari Ralliart. Namun termasuk peningkatan akselerasi, pengendalian dan pengereman di segala medan dan cuaca. Sesuai slogan baru "The Next Era, The Next Adventure."

Mitsubishi Vision Ralliart Concept

Vision Ralliart Concept adalah awal kembalinya ruh asli Ralliart. Ia bukan lagi sekadar dandanan pemikat semata. Racikan sang tuner sangat ditunggu untuk menghasilkan sensasi berbeda dibanding mobil reguler. Diharapkan pula bukan untuk Outlander PHEV saja. Tapi juga line-up Mitsubishi lain. Melihat SUV yang sebagai model perdana, kemungkinan besar banyak juga mengarah ke jajaran model adventure pabrikan. Sesuai rencana yang memang ingin fokus ke segmentasi itu. Boleh berharap wacana generasi baru Evolution yang bertransformasi jadi SUV bisa terwujud.

Baca Juga: Transmisi CVT dan Racikan Suspensi Rasa Pajero Sport Jadi Senjata Utama Mitsubishi Xpander 2022

Wujud Vision Ralliart Concept langsung memukau saat pandangan pertama. Walau tidak mengejutkan lagi, sebab Outlander PHEV model terbaru sudah mendebut beberapa waktu lalu. Beruntung hiasan Ralliart tak "lebay" seperti Pajero Sport dan Triton di Thailand. Ada kesan elegan dibalik kesederhanaan, tanpa banyak aksen merah diterapkan.

Mitsubishi Vision Ralliart Concept

Tampilan gagah Outlander dibuat lebih rendah ke aspal. Bodikit ekstarlebar menghias sekeliling bodi dan berpadu pas dengan pelek 22-inci aerodinamis dibalut ban performa tinggi. Terlihat rem cakram besar yang ditopang kaliper 6 piston. Grille tampak tertutup rapat menandakan kendaraan listrik. Tak ketinggalan lambang Ralliart dibubuhkan sebagai penanda. Tentu ada harapan banyak mendapat tuning agar rasa berkendara berbeda dengan versi biasa. Karena Outlander PHEV adalah SUV besar yang biasanya jauh dari kata lincah.

Pengenalan baru sebatas tampilan eksterior. Kabinnya belum diumbar, tapi kemungkinan banyak mendapat sentuhan sporty juga. Begitu pula mesin, belum ada pengumuman spesifikasi lengkap. Cuma disebutkan output lebih tinggi, pengendalian 4WD sporty dan kapasitas baterai membesar. Kalau mengacu Outlander PHEV reguler, ia ditenagai dua motor elektrik, baterai 20 kWh dan Super-All Wheel Control (S-AWC).

Vision Ralliart jadi bintang utama Mitsubishi di Tokyo Auto Show. Baru sebatas pengenalan dan dalam tahap studi. Kata perusahaan, masukan dari konsumen akan menjadi penentu masa depan pengembangan model-model Mitsubishi kelak. Jadi semuanya masih dalam ketidakpastian. Termasuk SUV plug-in hybrid performa tinggi yang dijanjikan. (Odi)

 

Baca Juga: Mengenal Mitsubishi Minicab-MiEV, Mobil Listrik Kompak untuk Niaga

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Mitsubishi Unggulan