Nikmatnya Mudik ke Surabaya Bareng MG HS i-Smart

MG HS i-Smart

Sudah menjadi ritual rutin menjelang Hari Raya Idulfitri. Masyarakat yang merantau pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga besar. Termasuk kami dari OTO Media Group, juga ingin merasakan mudik. Terlebih mendapat tunggangan MG HS i-Smart yang menambah kenikmatan sepanjang perjalanan.

KEY TAKEAWAYS

  • Mudik lebaran tahun ini kami ditemani MG HS i-Smart

    Menyusuri Tol Trans Jawa dan singgah di beberapa destinasi menarik, hingga berakhir di Surabaya
  • Teknologi canggih di MG HS i-Smart membuat perjalanan tidak melelahkan

    Performanya juga meyakinkan berkat mesin 1,5-liter turbo bertenaga 160 hp dan torsi 250 Nm
  • Perjalanan bertajuk ‘Yok Mudik Bareng MG HS’ mengambil destinasi ke Surabaya. Adalah kota terbesar kedua di Indonesia yang terletak di bagian ujung timur Pulau Jawa. Jarak yang kami tempuh diprediksi 830 km dengan titik start dari Jakarta.

    Sang SUV kami besut dari bengkel resmi MG Motor Bekasi Mimosa. Kendaraan sudah dipersiapkan secara maksimal setelah melakukan perawatan rutin dan pengecekan terlebih dulu. Untuk memastikan agar perjalanan berjalan dengan lancar dan aman, tim mekanik terlatih serta berpengalaman dari MG mengecek seluruh kesiapan mobil. 

    Ada sejumlah titik yang akan kami eksplor untuk kepentingan perjalanan ini. “Yok Mudik Bareng MG HS” bukanlah mudik biasa. Bukan hanya ‘ngegas’ mobil sampai ke destinasi, kami juga ingin menikmati perjalanan bersama SUV andalan MG HS dan merasakan keramahan lokal setempat baik budaya maupun kuliner.

    Ketika mengempaskan tubuh di jok terbalut kulit Alcantara, kami merasakan ambien kemewahan dan ruang yang lapang. Material berkualitas terlihat pada trim pintu, dashboard, konsol tengah dan juga pada jok bagian belakang. Jok pengemudi dapat diatur secara elektrik sampai enam cara pengaturan dan setir tilt steering and telescopic memudahkan pengemudi agar bisa mendapatkan posisi pas.

    Tim terdiri dari lima orang langsung masuk Tol Jakarta-Cikampek. Mesin bensin 4 silinder segaris 16 valve DOHC Turbo TGI 1.5 liter bekerja dengan halus. Tenaga 160 hp terasa padat di setiap putaran plus torsi maksimal 250 Nm. Tendangan turbo sudah dapat dirasakan pada putaran 1.700 rpm, MG HS i-SMART dengan gesit membelah Tol Japek level II atau lebih dikenal dengan sebutan Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ).

    Kabin terasa senyap, perpindahan transmisi Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7 percepatan terasa lembut mengalirkan tenaga ke roda depan. Persinggahan kami pertama adalah di kota Cirebon tepatnya di Alun-Alun Sangkala Buana yang posisinya ada di jantung kota. Alun-alun yang belum lama ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil itu dipersembahkan untuk mengenang almarhum Sultan Sepuh ke-14 Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat.

    MG HS i-Smart

    Kesultanan Cirebon adalah kerajaan Islam yang terletak di Tanah Jawa Barat. Berdiri pada Abad 15 dan 16 Masehi. Kesultanan ini memegang peranan penting bagi wilayah Nusantara dan dulu pernah menjadi pangkalan penting bagi perdagangan antar pulau. Wilayahnya terbentang dari ujung Jawa Barat sampai ujung perbatasan Jabar dan Jawa Tengah. Ia memiliki kebudayaan tersendiri yaitu kebudayaan Cirebon yang tidak didominasi oleh budaya Jawa atau pun budaya Sunda.

    Tim juga mampir mengagumi keindahan arsitektur peninggalan sejarah Islam Indonesia, Masjid Sang Cipta Rasa. Dikenal juga dengan nama Masjid Agung Cirebon atau Masjid Sunan Gunung Jati. Masjid Agung ini dibangun pada pemerintahan Sunan Gunung Jati pada tahun 1498 M dan merupakan masjid tua di Cirebon. Dibangun secara gotong royong oleh Wali Songo, pembangunan masjid dipimpin Sunan Kalijaga, dibantu seorang arsitek bernama Raden Sepat dari Kerajaan Majapahit.

    Jalan-jalan kami di kota Cirebon ditutup dengan berbuka puasa bersama. Menikmati kuliner lokalan Nasi Jamblang dan empal gentong. Setelah ini, kami akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Semarang untuk bermalam di sana.

     

    Membelah Tol Trans Jawa

    MG HS i-Smart

    Perjalanan ‘Yok Mudik Bareng MG HS’ yang kami lakukan terus berlanjut. Setelah menikmati keindahan kota Cirebon dan kuliner lokalannya, kami meneruskan perjalanan ke Semarang untuk bermalam.

    Kami melewati Tol Trans Jawa memang mempermudah akses setiap lokasi yang diinginkan sepanjang perjalanan menuju Surabaya. Dulu sebelum tol Trans Jawa belum ada, kami harus menghadapi ragam kendala di sepanjang Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura). Misalnya truk-truk besar, lampu lalu lintas, pasar tumpah, perempatan dan masih banyak lagi.

    Tol Trans Jawa yang membentang sepanjang 1.167 kilometer menghubungkan bagian Timur Pulau Jawa dengan bagian Barat. Mulai dari Pelabuhan Merak, Cilegon, Provinsi Banten sampai Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Menghubungkan ibukota Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan melintasi 42 kota.

    Perjalanan kami dari bengkel resmi MG Motor Bekasi Mimosa sampai dengan Semarang kurang lebih berjarak 450 kilometer. Mesin 1,5 liter turbo membuat kami menempuh perjalanan dengan tenang. Performa MG HS i-Smart tak perlu mengeluarkan effort berlebih, berjalan dengan halus. Apalagi tersedia pilihan mode berkendara sport.

    Malah bila butuh performa tiba-tiba, cukup tekan tombol super sport di setir. Mesin langsung menyalak dan kendaraan di depan dapat didahului mudah saja. Transmisi kopling ganda 7 percepatan yang agresif pun cekatan mengganti ke gigi berikutnya.

    Dengan dimensi panjang 4.574 mm, lebar 1.876 mm dan tinggi 1.664, SUV MG HS i-Smart bergerak lincah seperti cheetah. Bermanuver gesit di dalam kondisi traffic. Suspensi depan MacPherson Strut with Stabilizer Bar dan belakang Independent Multi-Link with Stabilizer Bar meredam guncangan dengan baik. Vibrasi yang dihasilkan dari setiap melindas sambungan jalan di atas jembatan Tol Trans Jawa atau pun permukaan jalan yang tidak rata diserap dengan baik oleh sektor kaki-kaki sehingga hentakannya tidak mengganggu penumpang di dalam kabin.

     

    Pengendaraan MG HS Cocok untuk Perjalanan Panjang

    MG HS i-Smart

    Karakter suspensi MG HS i-SMart yang level kekerasannya cukup presisi membuat kendaraan minim body roll. Hal itu juga berkat penggunaan material struktur bodi Full Space Frame (FSF) ditambah fitur Anti Rolling Program (ARP). Mobil menjadi stabil pada saat menikung maupun bermanuver dan terasa solid ketika dipacu di jalan lurus.

    Pengemudi menjadi lebih percaya diri ketika bermanuver dalam kecepatan tinggi. Asyiknya lagi, bobot kemudi dan pergerakannya yang responsif membuat perjalanan jadi terasa lebih menyenangkan. MG HS memang SUV yang menyenangkan untuk dikemudikan.

    Dalam perjalanan menuju Surabaya, kami sempat berhenti sejenak di Rest Area KM 456 yang menjadi ikon Trans Jawa. Rest area bernama Resta Pendopo KM 456 ini telah dinobatkan sebagai rest area terbaik di Indonesia dengan ragam fasilitas pendukung. Terletak di antara tol Semarang dengan Solo dan memiliki jembatan penghubung (sky bridge) yang mengoneksikan rest area ke arah Solo dengan ke arah Jakarta. Jembatan itu berdiri kokoh di atas tol. Sangat unik dan menarik.

    Tempatnya pun sangat nyaman. Bukan cuma buat beristirahat, makan dan beribadah sejenak, tapi kita juga bisa 'cuci mata' ataupun berbelanja pakaian Lebaran di sana. Ya, rest area ini sudah seperti mall mewah di kota besar.

    MG HS i-Smart

    Setelah beristirahat, kami melanjutkan perjalanan. Kali ini mengaktifkan fitur Smart Drive dan juga mengaktifkan Adaptive Cruise Control (ACC). Fitur ACC membiarkan mobil melaju mengikuti kendaraan di depan. Tapi pastikan atur jarak dan kecepatan yang diinginkan dan mobil akan memperlambat serta menahan laju secara otomatis.

    Fitur Lane Assist System pada MG HS juga bekerja dengan baik menjaga mobil agar tidak keluar dari jalurnya. Fitur ini akan memutar setir secara otomatis agar tidak melenceng. Memang kedua tangan harus tetap berada di atas kemudi, tetapi setidaknya semua fitur ini membuat rasa berkendara menjadi lebih rileks. Perjalanan yang panjang pun bisa dilewatkan tanpa terlalu melelahkan.

    Setelah kami ‘memijak’ ratusan kilometer jauhnya, akhirnya tiba di Kota Surabaya. Kami sempat berkeliling kota Surabaya sampai menyebrang ke Pulau Madura melewati Jembatan Suramadu dan mengelilingi pulau tersebut. Kami juga menyambangi area pertambangan batu kapur yang dikenal dengan sebutan Bukit Jedi.

    Setelah puas menikmati Madura, kami kembali ke Surabaya menyeruput kopi di salah satu kafe di sudut kota. Setelah itu kami lewatkan malam di rumah keluarga salah seorang anggota tim yang tinggal tidak jauh dari tempat ngopi. (RS/Odi)

     

    Baca Juga: MG HS Dark Midnight Edition Hanya Dijual 100 Unit, Ini Keistimewaannya

    Jelajahi MG HS

    • Tampak Depan Bawah MG HS
    • Fog lamp depan HS
    • Lampu depan HS
    • lampu belakang HS
    • Pelek HS
    • Tampak belakang HS
    • MG HS Front Side View
    • MG
    MG HS
    Rp 375,8 - 494.8 Juta Cicilan : Rp 8,57 Juta

    Model Mobil MG

    Mobil MG
    • MG ZS
      MG ZS
    • MG 5 GT
      MG 5 GT
    • MG HS
      MG HS
    • MG ZS EV
      MG ZS EV
    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil MG Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren SUV

    • Yang Akan Datang