Perbandingan Penggerak Listrik Hyundai Ioniq dan Nissan Leaf

nissan leaf vs hyundai ioniq

 

KEY TAKEAWAYS

  • Harga Hyundai Ioniq dan Nissan Leaf hanya berbeda Rp5 juta

    Namun bagaimana perbedaan teknologi penggerak listriknya?
  • Opsi kendaraan listrik murni makin banyak di Tanah Air. Harganya pun bersaing satu sama lain. Nissan Motor Distributor Indonesia melego Leaf Rp728 juta. Sementara Hyundai melepas Ioniq Signature EV Rp723 juta. Semua angka berstatus on the road Jakarta. Bisa Anda lihat, hanya kacek Rp5 juta saja. Tapi kalau berbincang soal kemampuan dorong motor elektrik. Mana lebih hebat?

    Penggerak elektrik Hyundai Ioniq EV menggunakan motor listrik bermagnet permanen, diklaim berefisiensi tinggi. Berdasar data brosur, dinamo memberi daya sebesar 100 kW (136 PS). Kemudian torsi maksimal tercatat 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan. Untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam tempo 9,9 detik. Semua energi dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh.

    Sementara Nissan Leaf menggendong jantung elektrik AC3 Synchronous. Output maksimal 110 kW (150 PS) dari 3.283 – 9.795 rpm. Sedangkan momen puntir puncak digapai 320 Nm dari 0 – 3.283 rpm. Untuk mengilat dari diam hingga 100 km/jam hanya perlu 7,9 detik saja. Ia mengandalkan baterai lithium ion 40 kWh 350 V. Bisa Anda lihat sendiri. Besaran energi kinetik tersalur ke roda dan akselerasi jauh mengungguli Hyundai Ioniq. Setidaknya ini data di atas kertas dari masing-masing perusahaan. Daya jelajah pun beda.

    Baca Juga: Tes Konsumsi Energi Nissan Leaf, Keliling Kota Cuma Rp5 Ribuan

     

    Hyundai Ioniq EV punya jarak tempuh 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km menurut pengujian WLTP dalam sekali pengisian daya. Rentang ini sebetulnya lebih dari cukup jika kendaraan dijadikan mobilitas harian di Jabodetabek. Menurut riset, rata-rata masyarakat urban mengemudi sekitar 50 km saban hari. Jadi, mobil listrik dapat diandalkan, tanpa perlu pusing cari SPKLU. Nah, sedangkan pengisian daya cepat dapat dicapai dalam 54 menit. Yakni dari nol hingga 80 persen, menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

    Walau demikian, Nissan Leaf masih bisa mengimbangi. Dalam metode pengukuran NEDC, jarak tempuh maksimal dalam pengisian penuh mencapai 311 km. Ada tiga level pengecasan baterai. Yang pertama, melalui soket dinding 3 pin 15 ampere 240 V Mode 2. Ini paling cocok bagi Anda dengan kebiasaan mengemudi santai. Pengisian cara ini memakan waktu 24 jam. Cara kedua, dari koneksi Mode 3, butuh waktu 7,5 jam.

    Sistem cabut pasang ini dapat mengisi daya semalaman. Lalu siap pakai pada keesokan hari. Yang terakhir, fast charging CHAdeMO 50 kWH. Memiliki kemampuan mengisi baterai sejak munculnya peringatan. Sekitar satu jam pengecasan hingga terisi 80 persen. Boleh dibilang kemampuannya sama dari Ioniq EV. Kalau dari spesifikasi, Leaf lebih unggul. Tak masalah kalau banderol sedikit lebih mahal. Tapi kalau bersikeras ambil produk Hyundai, disarankan pilih Ioniq 5. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Hyundai Umumkan Berakhirnya Produksi Ioniq Series

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Hyundai Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Hyundai Ioniq dari Carvaganza

    • Meski Sudah Diskontinyu, Korlantas Pilih Hyudai Ioniq Jadi Armada G20
      Meski Sudah Diskontinyu, Korlantas Pilih Hyudai Ioniq Jadi Armada G20
      Setyo Adi . 21 Sep, 2022
    • Hyundai Stop Produksi IONIQ, Begini Nanti Kelanjutannya
      Hyundai Stop Produksi IONIQ, Begini Nanti Kelanjutannya
      Wahyu Hariantono . 10 Jun, 2022
    • Hyundai Resmi Umumkan Harga Mobil Listrik IONIQ 5
      Hyundai Resmi Umumkan Harga Mobil Listrik IONIQ 5
      Eka Zulkarnain H . 22 Apr, 2022
    • IIMS 2022: Persamaan dan Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Konvensional
      IIMS 2022: Persamaan dan Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Konvensional
      Eka Zulkarnain H . 06 Apr, 2022
    • Ragam Keuntungan Memiliki Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Dalam Segala Hal
      Ragam Keuntungan Memiliki Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Dalam Segala Hal
      Eka Zulkarnain H . 05 Apr, 2022

    Artikel Mobil Hyundai Ioniq dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Korlantas Polri Pilih Hyundai Ioniq EV untuk Pengamanan KTT G20 di Bali
      Korlantas Polri Pilih Hyundai Ioniq EV untuk Pengamanan KTT G20 di Bali
      Setyo Adi Nugroho . 21 Sep, 2022
    • Hyundai Stop Produksi Mobil Listrik Ioniq!
      Hyundai Stop Produksi Mobil Listrik Ioniq!
      Setyo Adi Nugroho . 07 Jun, 2022
    • Gencar Tawarkan Mobil Listrik, HMID Sebut Penerimaan Produk EV Hyundai Makin Baik
      Gencar Tawarkan Mobil Listrik, HMID Sebut Penerimaan Produk EV Hyundai Makin Baik
      Setyo Adi Nugroho . 05 Des, 2021
    • Hyundai Targetkan Produksi 1.000 Unit EV per Tahun di Indonesia
      Hyundai Targetkan Produksi 1.000 Unit EV per Tahun di Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . 26 Okt, 2021
    • Simak Fitur-fitur Unggulan Hyundai IONIQ Electric di Sektor Kenyamanan dan Keselamatan
      Simak Fitur-fitur Unggulan Hyundai IONIQ Electric di Sektor Kenyamanan dan Keselamatan
      OTO . 14 Sep, 2021
    • Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
      Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
      Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2021
    • Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 2): Menyenangkan dan Hemat
      Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 2): Menyenangkan dan Hemat
      Wahyu Hariantono . 09 Okt, 2020
    • Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 1): Tak Seaneh Perkiraan
      Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 1): Tak Seaneh Perkiraan
      Wahyu Hariantono . 09 Okt, 2020