Peugeot e-308, Kendaraan Wagon Listrik yang Dapat Tempuh 400 Km Lebih

Peugeot e308

 

Di Eropa, Peugeot e-308 bertugas untuk menyasar kebutuhan pelanggan segmen C. Nilai jual utama berupa tampilan unik khas pabrikan dan efisiensi konsumsi energi rata-rata sebesar 12,7 kWh. Ia tersedia dalam trim Allure dan GT. Namun baru resmi dijual pada pertengahan 2023.

Motor elektrik yang terpasang di balik bonet e-308 memiliki tenaga 115 kW (156 PS) dan torsi puncak 260 Nm (tersedia dari 0 km/jam). Sementara varian lain berupa plug-in hybrid berkekuatan 132 kW atau (180 PS). Untuk trim EV, baterainya juga baru, bertegangan tinggi 54 kWh (penggunaan 51 kWh) menggunakan formulasi anyar. Jadi, di dalamnya memiliki komposisi bahan kimia baru dengan 80 persen nikel, 10 persen mangan dan 10 persen cobalt.

Peugeot e308

Ia beroperasi pada tegangan 400 volt dan memungkinkan jarak lebih dari 400 km sesuai dengan metode pengujian WLTP. Efisiensi menjadi perhatian utama para insinyur Peugeot dalam menukangi e-308 series. Mereka berupaya menggabungkan optimalisasi baterai, aerodinamika, bobot (platform EMP2) dan pengurangan gesekan. Lalu pengisi daya tiga fase on-board hadir sebagai standar dan memiliki peringkat daya 11 kW. Soket pengisi setrum dapat menerima semua mode pengisian daya. Untuk mengecas lewat fast charging 100kW, membutuhkan waktu kurang dari 25 menit.

Nah, mengenai tampilan Peugeot e-308 dan e-308 SW. Semua berakar pada DNA pabrikan yang mengusung konsep desain dinamis. Kap depan lebih panjang meningkatkan proporsi siluet volume sensual nan tajam. Terus penempelan lambang singa baru ditampilkan di tengah grille. Di bagian depan, light signature berbentuk taring membingkai lampu depan matrix LED. Sangat terintegrasi apik, seperti halnya lampu LED tiga cakar di bagian belakang. Pelek aluminium 18 inci baru telah dikembangkan secara khusus untuk varian EV. Efisiensi aerodinamika dirancang penuh ketelitian demi mengoptimalkan kinerja.

Peugeot e308

Saat menengok kabin e-308 series. Tatanan interior Peugeot i-Cockpit semakin futuristik. Lingkar kemudi dua palang ringkas dan berpemanas, didedikasikan untuk kenikmatan berkendara. Lalu terdapat tampilan head-up digital 3 dimensi, dapat diatur sesuai kebutuhan. Ada layar sentuh 10 inci di tengah dasbor plus teknologi i-toggle dan i-Connect® advanced terbaru. Sehingga sistem infotainment membuat pengalaman berkendara dan bepergian lebih intuitif serta menyenangkan.

Berbagai layanan tersedia untuk menambah kepraktisan berkendara. Aplikasi MyPeugeot® tersedia di smartphone. Anda dapat berkomunikasi dengan kendaraan. Terus bisa menjadwalkan pengisian daya. Lalu aplikasi smartphone Free2Move e-solutions memungkinkan pengguna untuk merencanakan perjalanan mereka. Belum ada informasi harga. Namun banyak spekulasi trim EV dilepas sekitar Rp575 jutaan di sana. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Fakta Menarik Peugeot 5008 yang Jarang Diketahui

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Peugeot Unggulan

Artikel Mobil Peugeot dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test