Sejauh Mana Persiapan Subaru di Indonesia?
Subaru kembali ke Indonesia memakai bendera Plaza Subaru. Tahun lalu, sang Agen Pemegang Merek (APM) telah mengumumkan akan beroperasi penuh pada 2022. Sekarang sudah masuk bulan kedua tapi belum ada tanda-tanda pergerakan nyata. Ada apa gerangan?
KEY TAKEAWAYS
PT Plaza Subaru Mega sebagai APM baru
Fokus dulu ke layanan aftersales untuk konsumen yang sudah adaSelanjutnya mendatangkan produk-produk baru
Dari segmen SUV sampai mobil sport akan dijualPertanyaan tersebut akhirnya dijawab langsung oleh Arie Christopher selaku Chief Operating Officer PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia). Disampaikannya bahwa saat ini Subaru sedang dalam tahap mematangkan persiapan untuk memasarkan beberapa produk andalannya. Agar memastikan Subaru bisa memberi pelayanan yang maksimal kepada para konsumen dan penggemarnya.
Plaza Subaru merupakan APM keempat yang resmi memegang merek asal Jepang ini di Indonesia. Perusahaan yang menjadi APM sebelumnya membuat sejarah kurang menyenangkan lantaran terlibat kasus hukum. Hal itu yang sedang diusahakan untuk tidak terulang di bawah naungan grup Plaza.
“Kenapa banyak orang tanya ke kami, kok Subaru lama banget jualannya di Indonesia? Nungguin apa sih?, istilahnya kan begitu dari sejak kami ditunjuk bulan Februari 2020 sampai bulan Februari 2022. Sudah dua tahun kok belum luncurin mobil?” ujar Arie saat konferensi pers virtual (9/2).
“Ini merupakan suatu bentuk atau suatu kegiatan nyata atau komitmen nyata kami bahwa kami ini ingin memperbaiki kesalahan APM sebelumnya di masa lalu. Kami ingin sejalan dengan peraturan pemerintah Indonesia. Jadi semua itu baik dari sisi legalitas, baik dari sisi production plan dari pabrik sekalipun, komitmen dari Subaru Corporation di Jepang itu kita lagi susun fondasi, kita lagi rapikan semuanya,” ujar Arie.
Baca Juga: Subaru WRX 2022 Mendebut Ditenagai Mesin Boxer Baru dan Opsi Transmisi CVT
Untuk awalan, Plaza Subaru fokus ke ketersediaan layanan aftersales untuk para konsumen yang sudah ada. Sejak tahun lalu sudah didirikan diler 3S (showroom, service, spare part) yang berlokasi di Alam Sutera, Tangerang. Setelah menjamin layanan bagi konsumen, kemudian baru akan disusul dengan peluncuran model baru.
Arie bahkan sekaligus sedikit mengungkap rencana Subaru di Indonesia baik untuk jangka pendek maupun menengah. Termasuk ekspansi jaringan diler resmi ke sejumlah kota besar di Indonesia setidaknya untuk lima tahun ke depan.
“Mungkin yang short term sudah pasti kami informasikan bahwa mulai dari quarter kedua, sudah mulai memasarkan beberapa tipe Subaru yang baru di Indonesia. Lalu untuk plan medium term kami tentunya sesuaikan dengan volume penjualan yang akan bertambah. Kami akan membuka network kami baik di Jakarta, maupun di luar Jakarta seperti Bandung, Surabaya, Batam, dan kota-kota lainnya,” lanjut Arie.
Soal lini produk dan model yang akan dibawa ke Tanah Air, Arie belum mau mengungkapkannya. Namun dari apa yang disinggung selama konferensi pers, beberapa model Subaru dari kelas SUV (Sport Utility Vehicle) sampai mobil sport akan didatangkan. Artinya, terbuka peluang untuk Impreza, Forester, BRZ, sampai WRX menyapa para fans di Indonesia. (Why/Odi)
Baca Juga: Subaru Indonesia Siap Bawa Semua Line-up
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Subaru Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel Mobil Subaru dari Carvaganza
Artikel Mobil Subaru dari Oto
- Berita
- Artikel Feature