Solterra Makin Terbuka, Perlihatkan Wujud Nyata Toyota bZ4X Versi Subaru

2023 Subaru Solterra

Subaru menyongsong era nirmesi lewat model SUV. Teaser awal sudah keluar Mei lalu, memperlihatkan sosok bernama Solterra yang masih banyak disamarkan. Kini mereka kembali mempublikasi teaser baru. Diumbar sedikit demi sedikit karena memang masih lama kemunculannya. Tapi patut ditunggu SUV listrik perdana Subaru yang merupakan buah kerja sama dengan Toyota.

Paling gamblang dibuka baru bagian buritan. Terpampang jelas semua logo tertempel di pintu bagasi. Mempertegas emblem Subaru, berikut Symmetrical AWD dan nama Solterra EV. Subaru pun memberi foto profil samping yang dihalangi oleh tetesan embun merefleksikan bagian keseluruhan. Lagi-lagi belum dapat dilihat jelas. Tapi nyata sekali mengambil mayoritas desain Toyota bZ4X Concept.

2023 Subaru Solterra

Desain Solterra cukup tergambar dari bZ4X concept. Komposisinya unik berkat wheelbase panjang dan overhang pendek. Tersirat keseragaman desain dengan Toyota RAV4 dan Lexus NX. Diisi lekuk tubuh rumit dan futuristis. Mungkin saja goresan lebih sederhana bakal diaplikasi Subaru. Mengingat mereka masih tergolong konservatif dalam hal desain.

 

Baca Juga: Toyota bZ4X Concept Mengawali Langkah dalam Pertarungan Kendaraan Listrik

2023 Subaru Solterra

Foto close-up lain berupa lampu utama. Meski terlihat mirip raup muka bZ4X, tentu ada pembeda dari bentuk lampu, grille dan bemper. Diferensiasi berikut dari over fender yang dibuat sewarna bodi. Tidak seperti bZ4X yang dibuat dwi warna di bagian itu. Gambar berikut langsung dari sudut atas mempertunjukkan kemampuan off-road. Pendeskripsian di website resmi Subaru, Solterra merupakan SUV listrik dengan kemampuan off-road dan segala cuaca. Disebut penggerak andalan Symmetrical All-Wheel Drive ditambah ground clearance tinggi siap diajak bertualang.

2023 Subaru Solterra

Teaser resmi Subaru termasuk memperlihatkan bagaimana desain interiornya. Meski masih diberi bayangan gelap sehingga tak nampak utuh, jelas sekali banyak kesamaan dengan kabin bZ4X. Lebih difokuskan ke konsol tengah yang dibuat gaya menyatu. Diawali monitor besar sekaligus menyatukan area pengaturan lain termasuk transmisi yang berupa tombol. Sangat meyakinkan hanya mengganti logo pabrikan saja di setir, berikut detail warna berbeda.

2023 Subaru Solterra

Sejauh ini belum terbuka data spesifikasi Solterra. Kalau merujuk sistem all-wheel-drive, kemungkinan mengambil dari Subaru. Sementara motor penggerak berasal dari Toyota. Indikasi awal berupa dua motor listrik masing-masing di tiap gardan. Kalau benar begitu, performa tidak akan main-main. Solterra pun menjadi model perdana yang mengenalkan e-Subaru Global Platform. Pembuka jalan untuk model listrik lain pada masa mendatang.

Detail lain diyakini bakal bermunculan menjelang debut. Dijadwalkan mulai dijual 2022, tapi belum diketahui kapan tepatnya. Bisa jadi berbarengan versi produksi Toyota bZ4X Concept yang juga direncanakan sama. Tak menutup harapan hubungan erat mirip seperti Subaru BRZ dan Toyota GR 86. (Odi)

 

Baca Juga: Subaru Umbar Teaser Solterra, SUV Listrik Perdana Versi Produksi Toyota bZ4X Concept

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua