Suzuki dan Mazda Juga Terseret Skandal Prosedur Keselamatan

9th-gen Suzuki Alto

Skandal pengujian keselamatan oleh produsen otomotif Jepang tidak terbatas pada Toyota. Pada awal tahun ini, Kementerian Perhubungan Jepang telah memerintahkan beberapa pembuat mobil lokal untuk menyelidiki dan menginformasikan publik mengenai kesalahan dalam prosedur pengujian mereka. Penyelidikan ini menargetkan data pengujian yang digunakan untuk sertifikasi keselamatan model kendaraan yang saat ini beredar dan yang telah diproduksi sebelumnya.

Baru-baru ini, Suzuki Motor Corporation dan Mazda Motor Corporation mengungkapkan hasil investigasi mereka yang menunjukkan adanya kesalahan dalam pengujian keselamatan pada beberapa produk mereka. Kedua perusahaan tersebut telah menyampaikan permintaan maaf kepada konsumen dan pemangku kepentingan atas masalah yang telah menggoyahkan dasar industri otomotif di Jepang.

Suzuki mengungkapkan bahwa pada tahun 2014 terjadi kesalahan dalam pengujian yang mempengaruhi model Alto (kargo, tanpa ABS) yang diproduksi antara Desember 2014 hingga Desember 2017. Sekitar 26.023 unit diproduksi dengan penjualan mencapai 25.999 unit.

Kesalahan tersebut terjadi pada tes sistem pengereman. Jarak pengereman yang dilaporkan lebih pendek daripada yang sebenarnya. Suzuki menjelaskan bahwa pengujian dilakukan dengan mengukur jarak berhenti setelah rem dipanaskan melalui penggunaan berulang.

Penyebab kesalahan adalah tekanan pedal rem yang tidak memadai, jauh di bawah standar yang ditetapkan, sehingga jarak pengereman tidak memenuhi syarat regulasi. Suzuki menyatakan bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk melakukan pengujian ulang karena tenggat waktu yang ketat.

Menurut Suzuki, penguji internal mungkin telah menulis ulang hasil pengujian dengan asumsi tidak akan ada masalah, mendekati nilai yang seharusnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Suzuki bekerja sama dengan Vehicle Regulations and Certification Division untuk mengawasi pengujian sertifikasi internal dan memeriksa hasil serta laporan pengujian guna mencegah penyimpangan.

Sebagai tindakan perbaikan, Suzuki melakukan pengujian ulang dan hasil terbaru menunjukkan bahwa sistem pengereman telah memenuhi standar hukum yang berlaku. Suzuki juga telah memeriksa model lain selama periode pengujian Alto dan tidak menemukan kesalahan pengujian lainnya.

Mazda Philippines

Mazda telah mengumumkan hasil investigasi internal mereka, menemukan lima tes dalam dua kategori yang terindikasi salah. Sebanyak 150.878 unit telah diproduksi dan 149.313 unit telah dijual.

Model yang terindikasi salah dalam pengujian adalah Atenza, Axela, dan Mazda6 yang diproduksi antara tahun 2015 hingga 2019 di Jepang, yang produksinya telah dihentikan.

Mazda menjelaskan bahwa kesalahan pengujian terjadi pada uji tabrak. Dalam pengujian tabrakan dari depan, perangkat eksternal digunakan untuk memicu airbag tepat waktu, bukan berdasarkan deteksi tabrakan oleh sensor onboard.

Kesalahan lainnya terungkap ketika Mazda diketahui telah menulis ulang perangkat lunak kendali mesin untuk pengujian sertifikasi pada model Roadster RF yang diproduksi sejak Juni 2018 dan Mazda2 dengan mesin 1.5L yang diproduksi sejak 2021.

Untuk pengujian sertifikasi mesin bensin on-board, seharusnya dilakukan dengan perangkat lunak kendali mesin yang sama dengan yang digunakan pada produksi massal. Namun, pengujian dilakukan dengan perangkat lunak yang diatur untuk mengontrol waktu pengapian dan beberapa fungsi dinonaktifkan.

Mazda telah menghentikan produksi sejak 30 Mei. Untuk produk yang telah berhenti diproduksi, Mazda menjamin tidak ada masalah keselamatan dan menyarankan konsumen untuk terus menggunakan model yang terdampak.

Untuk produk yang masih diproduksi, Mazda menyatakan bahwa kendaraan aman dan konsumen dapat menggunakannya tanpa khawatir. Pengujian ulang akan dilakukan sesuai kondisi produksi massal.

Mazda meminta maaf atas kesalahan dan kegaduhan yang terjadi dan sedang mengevaluasi penyebab kesalahan prosedur sertifikasi tersebut. (Sta)

Baca Juga: Toyota Kembali Tersandung Pelanggaran Standar Keselamatan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Penjualan Mobil di Indonesia Januari-Agustus 2025 Turun, Ada Pergeseran di Tiga Besar
    Penjualan Mobil di Indonesia Januari-Agustus 2025 Turun, Ada Pergeseran di Tiga Besar
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Bukan Cuma Ingin Kalahkan, Hypercar EV Cina Ini Juga Jiplak Desain Bugatti
    Bukan Cuma Ingin Kalahkan, Hypercar EV Cina Ini Juga Jiplak Desain Bugatti
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Gerah Diusik Xiaomi, Porsche Siapkan Taycan Terkencang Rebut Rekor Nurburgring
    Gerah Diusik Xiaomi, Porsche Siapkan Taycan Terkencang Rebut Rekor Nurburgring
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Jangan Lupakan Perawatan Suspensi Mobil, Waspada Kalau Ada Tanda-Tanda Ini
    Jangan Lupakan Perawatan Suspensi Mobil, Waspada Kalau Ada Tanda-Tanda Ini
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Chery Tanggapi Keluhan Konsumen Soal Tiggo 8 CSH, Dari AC Mati Sampai Mesin Mogok
    Chery Tanggapi Keluhan Konsumen Soal Tiggo 8 CSH, Dari AC Mati Sampai Mesin Mogok
    Bangkit Jaya . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Chery J6 Modification Contest Tawarkan Hadiah Menarik
    Chery J6 Modification Contest Tawarkan Hadiah Menarik
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Rayakan Anniversary ke-8 Chapter Lampung, ID42NER Gelar Fun Off Road
    Rayakan Anniversary ke-8 Chapter Lampung, ID42NER Gelar Fun Off Road
    Ardiantomi . Hari ini
  • Harga Aion UT Mulai Rp325 Juta, Siapa Saja Rivalnya di 2025?
    Harga Aion UT Mulai Rp325 Juta, Siapa Saja Rivalnya di 2025?
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Chery Tanggapi Tiggo 8 CSH yang Bermasalah, Perlukah Recall?
    Chery Tanggapi Tiggo 8 CSH yang Bermasalah, Perlukah Recall?
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Carvaganza Editors’ Choice Awards 2025 Masuk Babak Final, Inilah Daftar Finalisnya
    Carvaganza Editors’ Choice Awards 2025 Masuk Babak Final, Inilah Daftar Finalisnya
    Wahyu Hariantono . 12 Sep, 2025
  • Ada Pembaruan Toyota Innova Zenix, Ini Daftar Harga Terkini Segmen MPV Medium Tanah Air
    Ada Pembaruan Toyota Innova Zenix, Ini Daftar Harga Terkini Segmen MPV Medium Tanah Air
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2025
  • Adu Keunggulan MPV Boxy Pilihan Keluarga, Nissan Serena e-Power dan Honda Step WGN e:HEV
    Adu Keunggulan MPV Boxy Pilihan Keluarga, Nissan Serena e-Power dan Honda Step WGN e:HEV
    Setyo Adi Nugroho . 10 Sep, 2025
  • Berkenalan dengan Hiroshi Tamura, The Godfather of GT-R R35
    Berkenalan dengan Hiroshi Tamura, The Godfather of GT-R R35
    Setyo Adi Nugroho . 08 Sep, 2025
  • Pilihan Mobil Keluarga, Mitsubishi Destinator atau Toyota Kijang Innova Zenix
    Pilihan Mobil Keluarga, Mitsubishi Destinator atau Toyota Kijang Innova Zenix
    Setyo Adi Nugroho . 03 Sep, 2025
  • Lima Poin Menarik Mitsubishi Destinator, SUV 7-Seater Baru yang Nyaman dan Tangguh
    Lima Poin Menarik Mitsubishi Destinator, SUV 7-Seater Baru yang Nyaman dan Tangguh
    Ardiantomi . 31 Agu, 2025
  • Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
    Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Demi Perjalanan Aman dan Nyaman, Ikuti Tips Cek Ban ala Bridgestone Ini!
    Demi Perjalanan Aman dan Nyaman, Ikuti Tips Cek Ban ala Bridgestone Ini!
    Zenuar Yoga . 08 Sep, 2025
  • Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
    Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
    Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2025
  • EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
    EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
    Setyo Adi Nugroho . 12 Agu, 2025
  • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
  • First Drive Ferrari 12Cilindri: Simfoni Terakhir Mesin V12 Tanpa Elektrifikasi?
    First Drive Ferrari 12Cilindri: Simfoni Terakhir Mesin V12 Tanpa Elektrifikasi?
    Wahyu Hariantono . 03 Sep, 2025
  • Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
    Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
    Anjar Leksana . 27 Agu, 2025
  • First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
    First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
    Anjar Leksana . 11 Agu, 2025
  • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025