Tampilan Asli Volkswagen ID Buzz Terungkap, Dijadwalkan Meluncur Tahun Depan

VW ID Buzz

Volkswagen ID Buzz disiapkan untuk mulai mengaspal 2022 di Eropa. Semakin dekat dengan momen peluncuran, foto paparazzi mulai bermunculan. Paling baru tertangkap kamera dengan mini kamuflase. Memperlihat wujud jelas versi produksi yang dijual nanti. 

Bukan kali pertama VW kedapatan sedang menguji MPV elektrik teranyar mereka. Sebelumnya sempat berkeliaran test mule bertubuh Multivan atau Transporter generasi lama yang dimodifikasi. Kuat dugaan semua itu menjadi bagian dari kamuflase besar. Namun di spy shot terbaru dari Autocar, prototipe uji terlihat mulai mengenakan cangkang yang berbentuk sebagaimana konsep awal di 2017.

Dari bentuk kaca depan terlihat cukup jelas wujud ID Buzz dalam format panel van komersial. Wajahnya mungkin terlihat jauh lebih sederhana dan kurang istimewa ketimbang versi konsep. Tapi coba teliti lagi sebab tampaknya ia seperti mengenakan topeng demi menyembunyikan identitas asli. Dari lampu hingga ke roundel VW besar di tengah terlihat mengenakan stiker pengecoh.

Baca Juga: Volkswagen Tiguan Allspace Facelift 2022 Mendapat Wajah Mirip Golf dan Upgrade Teknologi

VW ID Buzz

Penampilan cenderung biasa saja bukan? Sama halnya di belakang. Sekilas bahkan terlihat canggung dan kurang selaras dengan rancangan keseluruhan. Namun boleh diharapkan semua itu nanti hilang dan menyisakan guratan sesuai aransemen awal. Ekspektasinya secara keseluruhan terlihat seperti konsep hanya saja desain komponen dibikin lebih ‘normal’. Setidaknya fasad depan akan lebih bersih dan mengisyaratkan gaya retro T1 Transporter – atau lebih kita kenal sebagai Kombi Dakota.

ID Buzz sendiri merupakan mobil komersial pertama yang mengusung platform modular elektrik MEB. Memang perwujudan panel van putih berikut bersepatu pelek kaleng kurang menyuarakan semangat desain emosional dari Dakota. Kendati begitu, akan hadir pula varian ‘Microbus’ untuk menjadi perwakilan mobil penumpang. Mengadopsi lebih banyak lubang jendela berikut dikelir two-tone bergaya klasik. Hadir melanjutkan eksistensi Touran berikut jad alternatif bertenaga listrik Multivan teranyar.

Bocoran foto interior pun mejeng pada tangkapan berbeda – dan masih di balik tubuh Multivan. Belum bisa dipastikan seunik apa desain dasbornya. Namun, ia terlihat mengusung aransemen layar serupa model ID.4 atau ID.3. Persis dari sarana hiburan hingga ke panel instrumen mini lengkap batang selektor gigi mencuat.

Diduga kuat ID Buzz akan berbagi perlengkapan memacu seperti baterai dan penggerak roda dari ID4. Menyiapkan output tenaga dari 150 hp sampai 204 hp. Belum lagi ada potensi keluarnya model paling bertenaga sampai 299 hp sebagai penduduk puncak performa berpenggerak empat roda. Di samping itu, ID Buzz memainkan peran krusial untuk membawa teknologi berkendara otonom pabrikan. Konon akan dibekali fungsi berkendara swatantra Level 3 saat awal meluncur dan kemudian dilanjutkan dengan rencana pengenalan kapabilitas Level 4 setelahnya. (Krm/Odi)

Sumber: Autocar

Baca Juga: Volkswagen Taigun Mengaspal Tahun Ini, Crossover Baru Sekelas Mazda CX-3 dan Honda HR-V

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Volkswagen Unggulan