Teknologi Printer 3D Mutakhir Akan Dimanfaatkan Volkswagen untuk Membuat Komponen Kendaraan

VW 3D Printer

Fungsi printer semakin luas tak hanya untuk mencetak di atas kertas. Sekarang sudah mampu menciptakan wujud tiga dimensi seperti kita inginkan. Inovasi ini pun juga terpakai di industri otomotif. Inovasi printer 3D bakal diaplikasikan Volkswagen untuk membuat komponen kendaraan.

Soal percetakan tiga dimensi sendiri bukan hal yang benar-benar baru di industri otomotif. Terutama dalam hal pengembangan produk. Disebutkan VW saja telah mengusung teknologi serupa selama 25 tahun belakangan ini. Diawali dari bagian Technical Development dengan tujuan mempercepat pengembangan kendaraan sekaligus mereduksi biaya. Dipakai untuk mencetak komponen plastik maupun logam untuk kebutuhan prototipe.

Lebih dari itu, kini pabrikan ‘mobil rakyat’ asal Jerman tersebut mulai mengadopsi teknologi percetakan 3D untuk keperluan produksi. Untuk kali pertama proses termutakhir bernama Binder Jetting dimanfaatkan dalam pembuatan komponen di fasilitas utama Wolfsburg, Jerman. Contohnya adalah bagian dari pilar A pada VW T-Roc convertible yang dipasang di Osnabrück.

Baca Juga: Volkswagen Tiguan Allspace Facelift 2022 Mendapat Wajah Mirip Golf dan Upgrade Teknologi

Tidak seperti 3D Printing konvensional yang menggunakan teknologi laser untuk membentuk komponen dari serbuk logam. Sistem Binder Jetting ini justru menggunakan perekat agar serbuk logam dapat ditransformasi menjadi suatu barang tiga dimensi. Dicetak lapis per lapis lantas komponen logam tadi dipanaskan dan dirapikan. Cara seperti ini diklaim dapat mereduksi biaya sekaligus meningkatkan produktivitas. Bobot komponen pun hanya setengahnya dari model yang dibuat dari lempengan baja. Disebutkan, saat ini baru VW yang mengusungnya dalam proses produksi.

“Meski tantangan pandemi Virus Corona yang masih berlangsung, kami terus bekerja pada inovasi,” kata Christian Vollmer sebagai anggota Board of Management Volkswagen yang bertanggung jawab atas produksi dan logistik. Ia menambahkan,”Bersama para rekan, kami bertujuan untuk membuat 3D printing semakin efisien di masa mendatang dan cocok untuk keperluan lini produksi.”

Untuk mencapai kemajuan inovatif ini, Volkswagen telah menuangkan investasi sampai kisaran pertengahan-dua-digit juta Euro selama lima tahun terakhir. Sebagai tambahan, mereka juga telah menjalin kemitraan software dengan Siemens sekaligus memperluas kolaborasi bersama pembuat printer, HP Inc. Lewat teknologi Binder Jetting berskala penuh ini mereka berusaha mendapatkan pengalaman dan mempelajari berbagai hal penting. Seperti di antaranya komponen mana yang dapat diproduksi secara ekonomis dan cepat. Atau, bagaimana proses manufaktur ini dapat mendukung transformasi digital dalam hal produksi di Volkswagen.

HP sendiri menyokong printer berteknologi tinggi sementara Siemens membuat peranti lunak untuk proses ini. Mulai pertengahan tahun ini, ketiga perusahaan berencana membentuk tim ahli gabungan di pusat 3D printing canggih yang telah dibuka di Wolfsburg sejak akhir 2018. Selain memungkinkan produksi komponen kompleks, pusat ini turut melatih pekerja dalam penggunaan teknologi. Nantinya pada 2025, pabrikan menargetkan produksi sampai 100 ribu komponen cetak 3D per tahun di Wolfsburg.

Sampai saat ini produksi 3D printing berskala lebih besar dinilai belum cukup untuk menghemat biaya. Namun, teknologi terbaru dan kolaborasi tadi akan membuat penggunaan di lini produksi semakin ekonomis. (Krm/Odi)

Baca Juga: Volkswagen Taigun Mengaspal Tahun Ini, Crossover Baru Sekelas Mazda CX-3 dan Honda HR-V

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Volkswagen Unggulan