Telisik Spesifikasi Yamaha Grand Filano untuk Pasar Indonesia

Yamaha Grand Filano

 

Pasar skuter matik di Indonesia terus melambung. Yamaha Indonesia menjadi salah satu pemain utama, selain Astra Honda Motor. Demi memperlebar ceruk market, model anyar tengah disiapkan. Beberapa bulan lalu Grand Filano nyatanya lagi uji jalan di daerah Baturaden, Jawa Tengah. Dipastikan ia segera meluncur di Tanah Air, setelah lebih dulu tersedia di Negeri Siam dan Tanah Naga Biru. Kemungkinan akhir tahun atau awal 2023. Bisa berposisi sebagai model anyar atau substitusi Fino.

Mengenai teknologi terpasang niscaya sama dengan Yamaha Fazzio. Grand Filano jua diberi Electric Power Assist Start. Dijanjikan akselerasi awal tetap bertenaga dan halus. Khususnya ketika membawa penumpang, barang dan jalan menanjak. Motor juga berbekal One Push Start, sehingga mesin cepat menyala lewat satu sentuhan. Tak lupa, Stop & Start System terpasang guna mematikan mesin secara otomatis saat enjin tidak digunakan. Lebih menghemat bahan bakar seharusnya.

Ia bergenre Classy Yamaha dengan kubikasi enjin 125 cc. Banyak produk mereka yang menggunakan pemacu di level ini. Misal Gear, Mio, Soul GT, Freego dan Fino. Namun motor pakai rasio kompresi lebih tinggi 11:1. Daya maksimum tersalur 7 kW atau 9,52 PS di 8.000 rpm. Sedangkan torsi puncak diraih 9,6 Nm (0,98 kgf.m) sejak 5.500 rpm. Mereka memakai sistem starter elektrik berikut pelumasan mesin 0,80 liter. Untuk pasar Indonesia pun demikian. Tak berbeda.

Yamaha Grand Filano

Fitur andalan Y-Connect sudah pasti tertanam di dalam tubuh Grand Filano. Fungsinya sama seperti di Fazzio. Pengendara dapat terkoneksi untuk mendapatkan update notifikasi telepon dan pesan. Terus fitur pencari lokasi parkir, juga membantu. Misal saat pergi berbelanja ke mall dengan lahan parkir luas. Kadang kita lupa posisi tepat motor diparkir. Tinggal buka smartphone (terinstal Y-Connect) yang terkoneksi ke motor, dapat membantu menemukan posisi keberadaan motor.

Lalu perangkat lain berupa Advance Key System (AKS) yaitu kunci dengan remote yang memiliki fungsi ganda. Dapat membuka penutup lubang kunci otomatis maupun membantu menemukan lokasi parkir kendaraan. Perangkat ini sangat praktis dalam mendukung kebutuhan generasi muda masa kini. Smart Lock System juga tersedia. Penggunaan bisa lebih aman dan sangat praktis hanya cukup lewat satu jari.

Anda dapat mengunci rem saat berhenti di tanjakan maupun turunan. Dukungan lain berupa Smart Side Stand Switch. Mesin tak bakal menyala bila pengendara lupa menaikan standar samping saat hendak bergerak. Varian atas di sana berbekal rem ABS, supaya tambah aman. Sedangkan Fazzio di sini belum tersedia. Semoga Yamaha tetap memberi opsi itu. Untuk harga, di ASEAN sekitar Rp25 jutaan. Semoga bisa sama, atau bahkan bisa lebih murah. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Yamaha Motor Co.,Ltd Segera Rilis Skuter Listrik E-Vino, Harga Rp30 Jutaan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Yamaha dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test