TEST RIDE: Melibas Gunung Merapi dengan Royal Enfield Himalayan

JAKARTA, 12 Oktober 2018 -- Setelah artikel sebelumnya membahas perjalanan motor Royal Enfield Himalayan di jalur kota Yogyakarta, kini membahas perjalanan ketika melalui jalur bebatuan ke Gunung Merapi. Leader kami mengajak untuk memasuki area ini melewati bebatuan yang cukup terjal dan bersamaan dengan mobil-mobil Jeep. Saya yang terbiasa dengan motor harian dan banyak melintas di jalur ibu kota awalnya agak ragu dan tidak berani untuk melintasi jalan bebatuan ini. Namun, tidak lama untuk beradaptasi dengan jalurnya. Mudah saja untuk melibas bebatuan dan menyalip para mobil Jeep di bebatuan dengan mudah. Konsentrasi dituntut penuh untuk melintasi jalur ini, karena kalau salah melindas atau menubruk batu bisa langsung jatuh. Tapi, Royal Enfield Himalayan cukup mudah dikendalikan. Memang, posisi duduk sangat nyaman dan terasa empuk. Hanya saja trick melewati jalan tidak rata disarankan untuk sedikit berdiri agar guncangan tidak terlalu menekan ke badan. Kemudian, motor juga sangat mudah untuk diajak maneuver di bebatuan. Untuk menanjak jalur batu dan berliku juga ia memiliki tenaga yang mumpuni dan terbilang cukup agresif pada putaran bawahnya. Perpindahan transmisi yang alus juga tidak membuat motor langsung tersentak saat kopling dilepas secara kaget. Sesampainya di kopi Merapi, jalur bekas dilalui oleh lahar panas ketika gunung Merapi meledak dulu. Pemandangan indah dan udara segarnya membuat saya percaya diri setelah melintasi bebatuan dengan motor Himalayan ini. Kerasnya jalur bebatuan ini terbayar lunas dengan pemandangan dan hangatnya kopi Merapi. Kemudian saat pulang dan melalui jalur berliku, saya tidak ragu untuk mengajaknya rebah. Hanya saja jauh lebih waspada dengan adanya hewan sapi atau kambing yang menyeberang. Pengalaman hari ini memang belum 100% cukup bagi saya untuk menilai kemampuan Royal Enfield Himalayan. Tapi setidaknya, jalur-jalur light off-road menjadi santapan mudah bagi motor ini. Tenaganya cukup oke, demikian juga dengan handling yang cukup mudah. Sedangkan kenyamanannya, bolehlah mendapat jempol. VALDO PRAHARA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • SiTepat dan Federal Oil Perkokoh Komunitas Lewat Sowan Nyaman
    SiTepat dan Federal Oil Perkokoh Komunitas Lewat Sowan Nyaman
    Bangkit Jaya Putra . 08 Des, 2025
  • Touring Berubah Jadi Misi Kemanusiaan, DOCI Salurkan Bantuan Donasi untuk Sumatra
    Touring Berubah Jadi Misi Kemanusiaan, DOCI Salurkan Bantuan Donasi untuk Sumatra
    Anindiyo Pradhono . 05 Des, 2025
  • Detail Perbedaan Varian All New Vario 125, Street Jadi yang Termahal
    Detail Perbedaan Varian All New Vario 125, Street Jadi yang Termahal
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • Honda Vario 125 Street Baru Meluncur, Bisa Dicicil Semurah Ini
    Honda Vario 125 Street Baru Meluncur, Bisa Dicicil Semurah Ini
    Anjar Leksana . 01 Des, 2025
  • Touring Editor on Wheels Vol 2: Yamaha Ajak Pemimpin Redaksi Eksplor Jalur Ikonik Jawa Tengah
    Touring Editor on Wheels Vol 2: Yamaha Ajak Pemimpin Redaksi Eksplor Jalur Ikonik Jawa Tengah
    Zenuar Yoga . 01 Des, 2025
  • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Ardiantomi . 04 Des, 2025
  • First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025