Toyota GR Celica Siap Lahir Kembali, Bakal Pakai Mesin Turbo 600 HP dan GR-Four AWD
Setelah spekulasi panjang selama hampir dua dekade, Toyota akhirnya memastikan bahwa Celica akan kembali hadir—dalam wujud performa tinggi sebagai bagian dari lini GR (Gazoo Racing). Model ini akan menjadi generasi kedelapan dari sport legendaris yang terakhir diproduksi pada 2006, menutup sejarah selama 36 tahun kiprah Celica di dunia otomotif.
Toyota belum mengungkapkan detail teknis secara resmi, namun bocoran dan rumor yang beredar mulai memetakan arah pengembangan GR Celica.
Mesin G20E 2.0L Turbo hingga 600 HP
Rumor paling kuat menyebutkan bahwa GR Celica akan dibekali mesin G20E 2.0-liter turbocharged empat silinder. Versi standar dikabarkan mampu menghasilkan 400 hp, namun potensi maksimalnya bisa menyentuh 600 hp dengan penggunaan turbocharger yang lebih besar.
Mesin ini pertama kali diperkenalkan melalui konsep GR Yaris bermesin tengah di Tokyo Auto Salon, menjadi sinyal bahwa Toyota tengah menguji kemungkinan layout mesin dan konfigurasi baru untuk produk sport mereka di masa depan.
Layout Mesin Tengah dan Proyek MR2
Tradisi Celica dikenal sebagai pengguna mesin depan, namun rumor menyebut generasi terbaru bakal berlayout mesin tengah. Jika benar, maka GR Celica bakal mengalami transformasi besar-besaran dari sisi dinamika berkendara dan kemampuan handling.
Spekulasi ini bahkan mengarah ke kemungkinan penggabungan proyek kebangkitan MR2, atau menjadi penerus spiritual MR2 dalam tubuh Celica. Jika benar, posisi GR Celica akan langsung bertarung di level sportscar menengah hingga tinggi.
Sistem Penggerak GR-Four AWD, Karakter Reli Makin Kental
Menunjang performa sport dan reli, GR Celica diyakini menggunakan sistem GR-Four AWD yang telah terbukti pada GR Yaris dan GR Corolla. Teknologi ini mendukung traksi optimal dan akselerasi agresif di berbagai permukaan, mempertegas warisan Celica GT-Four sebagai mobil reli dunia yang sempat merajai WRC pada era 1980–1990-an.
Transmisi, Material dan Perbedaan dari GR Supra dan GR 86
GR Celica disebut akan memiliki dua opsi transmisi: manual 6-percepatan dan otomatis dual-clutch 8-percepatan, mengikuti strategi gearbox GR lainnya. Penggunaan material serat karbon juga jadi opsi potensial untuk menjaga bobot tetap rendah.
Toyota memastikan bahwa desain akhir GR Celica akan berbeda jauh dari GR 86 dan GR Supra, untuk menghindari tumpang tindih pasar dan memperkuat identitas masing-masing produk sport Toyota. Para eksekutif bahkan membantah akurasi desain digital yang beredar online.
Sudah Masuk Pengembangan, Prototipe Belum Terlihat Publik
Toyota North America, melalui Cooper Ericksen, menyatakan bahwa produk yang bisa jadi dinamai GR Celica sudah masuk dalam tahap pengembangan yang cukup matang. Bahkan disebut telah dipresentasikan kepada jaringan diler di Amerika Serikat.
Meski belum terlihat ada mobil tes dengan kamuflase, ini menandakan bahwa GR Celica bukan sekadar konsep. Prosesnya masih berjalan, dan kemungkinan peluncuran disebut debut perdana di Tokyo Auto Salon 2027, menjadikannya sebagai sport revival paling dinanti dalam beberapa tahun ke depan. (Hfd)
Baca Juga: GR Yaris Rally2 Resmi Hadir di Indonesia, Menandai Era Baru dalam Dunia Rally
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Toyota Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza
Artikel Mobil Toyota dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test