Toyota Yaris G CVT 3 AB, Siapa Saja Lawan Sepadannya?

Toyota New Yaris

JAKARTA -- Toyota Astra Motor baru saja melansir New Yaris baru. Berbagai ubahan dilakukan mulai dari wajah hingga penambahan fitur. Total ada 8 varian yang ditawarkan. Pembagian dimulai dari transmisi manual dan CVT, kemudian juga penggunaan airbag 3 dan 7 buah.

Rentang harga disesuaikan berdasar jenis transmisi dan jumlah airbags terpasang. Anda bisa memilih tiga atau tujuh bantalan udara di varian terbawah G. Masing-masing dipasarkan Rp 274,2 juta dan Rp 279,2 juta OTR Jakarta.

Di sini, ia bertemu dengan rival lain pabrikan Jepang: Honda Jazz dan Mazda2. Jadi mereka bisa menjadi pembanding sebelum menjatuhkan pilihan.

Toyota New Yaris G Type

Yaris G CVT 3 AB (Rp 274 Juta)

Oke, yang pertama kita coba simak kapabilitas pada Yaris G CVT sebelum melihat deret kelebihan lawan. Yaris memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm serta jarak sumbu roda 2.550 mm. Kelengkapan fitur keamanan oke. Tipe G pakai cakram depan serta drum di belakang. Lantas penunjang deselerasi berupa Anti-lock Brake System, Electronic Brake-force Distribution dan BA (Brake Assist). Tak ketinggalan turut dipasang Vehicle Stability Control plus Hill Launch Assist.

Toyota tetap mempercayakan performanya pada esin 2NR-FE 1.5 liter Dual VVT-I 4 silinder. Bertipe DOHC, unit pacu mendorong daya maksimal 107 PS di 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi energi kinetik menggunakan girboks tipe CVT 7-speed. Penyaluran ini lebih mulus nan halus dibanding model transmisi matik konvensional.

Baca juga: REVIEW: Bedah Ubahan Baru Toyota Yaris Facelift 2020

Honda Jazz CVT

Honda Jazz CVT (Rp 260,5 juta)

Honda Jazz menjadi salah satu model yang berada di papan atas kelas hatchback. Jazz CVT punya panjang 4.035 mm, lebar 1.694, tinggi 1.524 mm plus ukuran wheelbase 2.530 mm. Pelek alloy single tone berukuran 15 inci. Ia hanya memiliki rem cakram di depan saja. Roda belakang menggunakan tipe teromol. Lalu dukungan peranti keselamatan ABS, EBD tanpa Brake Assist. Sayangnya belum memakai VSC, Traction Control maupun Hill Start Assist. Dari semua lawan, sektor keamanan mobil Honda ini menempati urutan terbawah.

Bagian interior sudah oke karena bisa menyediakan kebutuhan. Honda menempel head unit 6,2 inci layar sentuh. Bisa memutar musik dari keping CD/DVD Player, MP3, WMA, AM dan FM Radio, USB Port, sambungan iPod atau iPhone. Sedangkan pengaturan AC masih manual. Tipe digital hanya tersedia di varian RS.

Soal mesin, Jazz menggendong mesin 1.5 liter SOHC. Konfigurasinya empat silinder segaris, 16 Katup + DBW. Dengan diamter langkah 73,0 mm x 89,4 mm, mengucur deras tenaga 120 PS di 6.600 rpm. Kemudian momen puntir optimal 145 Nm diraih dari 4.600 rpm. Penyalurannya sama, pakai CVT Earth Dream Technology yang halus tanpa bantuan paddle shift.

Mazda2

Mazda2 R (Rp 285 juta)

Sejak hadir di Indonesia, Mazda2 punya tempat tersendiri di kalangan penggemar hatchback. Apalagi kalau bukan tampilannya yang beda. Mazda2 punya powertrain 4 silinder 1,5 liter Skyactiv. Jantung pacu memang belum banyak berubah sejak penyegaran terakhir. Ia menyuplai dorongan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm. Mesin itu disokong Dual S-VT Sequential Valve Timing dan Electronic Throttle Control (ETC). Tenaga puncak dihasilkan hingga 108 PS di 4.000 rpm. Tipe R sudah dibekali idling stop system (i-Stop) yang mematikan mesin saat kondisi macet, Stop and Go. Perangkat bisa membantu menghemat asupan bahan bakar.

Dari segi keamanan, Mazda2 R jauh menggungguli lawan sekelas. Tersedia dual SRS airbags, rem ABS, EBD, EBA, Dynamic Stability Control (DSC). Kemudian Traction Control System (TCS), emergency stop signal (ESS), Rear parking sensors dan hill launch assist (HLA). Pada varian tengah, belum dilenkapi advanced blind spot monitoring system plus rear cross traffic alert. Anda hanya dapat menemukan di Mazda2 GT.

Lalu infotainment Mazda2 menggunakan MZD Connect dengan floating monitor 7 inci. Layar mengambang di atas dasbor terasa premium dan bisa dikendalikan melalui dial putar di konsol tengah. Anda bisa mengintegrasikan smartphone, Bluetooth, USB, navigasi dan tampilan kamera mundur. Dari semua lawan, Mazda memiliki wheelbase paling jenjang 2.570 mm. panjangnya 4.065 mm, lebar 1.695 mm serta tinggi 1.495 mm.

Saran

Secara umum ketiga hatchback itu punya kelebihan masing-masing. Tapi kalau memang dana tersedia banyak, rasanya Mazda2 tipe R lebih mantap untuk dipinang. Cocok sebagai penunjang mobilitas perkotaan. Urusan aftermarket di kota besar (Jakarta) sebetulnya sama saja. Jadi tak terlalu bikin risau. Pilihan selanjutnya barulah Yaris 2020 lantaran value for money. Peranti penunjang keselamatan kini jadi perhatian utama kaum urban. Safety Jazz CVT memang paling kurang. Namun tenaga besar dan ia terkenal irit BBM. Jadi, tak bisa dipandang sebelah mata juga sebagai alternatif ketiga. (Alx)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Wuling Cortez Darion Meluncur, Ini Para Lawannya di Kelas MPV 'Boxy'
    Wuling Cortez Darion Meluncur, Ini Para Lawannya di Kelas MPV 'Boxy'
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • GIIAS Makassar 2025 Resmi Dibuka di SMMCC, Bangkitkan Optimisme Pasar di Venue Baru
    GIIAS Makassar 2025 Resmi Dibuka di SMMCC, Bangkitkan Optimisme Pasar di Venue Baru
    Setyo Adi . Hari ini
  • Mercedes-Benz Indonesia Luncurkan Maybach EQS 680 SUV, Puncak Kemewahan SUV Listrik
    Mercedes-Benz Indonesia Luncurkan Maybach EQS 680 SUV, Puncak Kemewahan SUV Listrik
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Wuling Darion EV dan PHEV Resmi Rilis Harga di Indonesia, Tidak Sampai Rp500 Juta
    Wuling Darion EV dan PHEV Resmi Rilis Harga di Indonesia, Tidak Sampai Rp500 Juta
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Toyota Hiace Concept Tampilkan Van Serbaguna Masa Depan di Japan Mobility Show 2025
    Toyota Hiace Concept Tampilkan Van Serbaguna Masa Depan di Japan Mobility Show 2025
    Anindiyo Pradhono . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • GIIAS Makassar 2025 Resmi Dibuka, Optimisme untuk Pasar Indonesia Timur
    GIIAS Makassar 2025 Resmi Dibuka, Optimisme untuk Pasar Indonesia Timur
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • raBit: Etanol Selulosa dan Jalan Multipathway Toyota Menuju Netralitas Karbon
    raBit: Etanol Selulosa dan Jalan Multipathway Toyota Menuju Netralitas Karbon
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • BAIC Resmikan Diler Puri Indah by JHL Auto dengan Banyak Tawaran Promo Menarik
    BAIC Resmikan Diler Puri Indah by JHL Auto dengan Banyak Tawaran Promo Menarik
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Indocamper Fest 2025 Jadi Pemersatu Komunitas Campervan Tanah Air
    Indocamper Fest 2025 Jadi Pemersatu Komunitas Campervan Tanah Air
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Wuling Darion EV dan PHEV Mengaspal, Ini Harga Resminya!
    Wuling Darion EV dan PHEV Mengaspal, Ini Harga Resminya!
    Anjar Leksana . Hari ini
  • 7 Mobil Konsep Paling Menarik Perhatian di JMS 2025
    7 Mobil Konsep Paling Menarik Perhatian di JMS 2025
    Setyo Adi Nugroho . 03 Nov, 2025
  • Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
    Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
    Zenuar Yoga . 31 Okt, 2025
  • Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
    Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
    Ardiantomi . 31 Okt, 2025
  • Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
    Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
    OTO . 31 Okt, 2025
  • Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
    Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
    Ardiantomi . 30 Okt, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2025
  • Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Muhammad Hafid . 23 Okt, 2025
  • Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Wahyu Hariantono . 22 Okt, 2025
  • First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    Muhammad Hafid . 17 Okt, 2025
  • First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    Anjar Leksana . 15 Okt, 2025