Volkswagen Bakal Boyong SUV Kompak Sekelas Honda HR-V untuk Pasar Indonesia

VW taigun

Volkswagen di Indonesia tidak punya banyak line-up. Kalau melihat website resmi mereka, cuma Tiguan Allspace dan Polo yang didagangkan. Nah, tahun ini dipastikan bakal bertambah. Disampaikan langsung oleh Nasional Sales Manager PT Garuda Mataram Motor, Ahmad Badawi. Bakal ada SUV baru yang ditawarkan untuk pasar Indonesia tahun ini. Ia tidak memberi tahu pasti, hanya secuil bocoran.

"Kami akan bawa model baru, adik dari Tiguan. Modelnya apa dan kapan, ditunggu saja. Yang pasti kami lihat berdasarkan kebutuhan konsumen juga. Kebetulan kan untuk SUV kecil premium yang Eropa punya belum ada yang main. Pokoknya ditunggu saja," ungkapnya saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat (26/1). 

 

Volkswagen T-Cross atau Taigun?

Volkswagen T-Cross

Merujuk dari pewartaan model-model yang ada di luar, Volkswagen T-Cross dan Taigun bisa jadi calon pendatang baru nanti. Namun belakangan, Taigun lebih kuat sinyalnya setelah mencuri perhatian publik India tahun lalu. Ia berada di segmen yang punya dimensi mirip-mirip dengan Honda HR-V. Ketimbang T-Cross, Taigun disebut mendapat pengembangan yang lebih merinci untuk pasar India, maupun pasar negara berkembang lainnya.

Baca Juga: Volkswagen Tiguan Allspace The Sport Edition, Varian Khusus Memperingati HUT RI

 

Sebagai catatan, saat ini Volkswagen di Indonesia cuma menawarkan dua produk dalam lini mereka. SUV VW Tiguan Allspace hasil CKD rakitan di Cikarang dan Polo 1.2 GT keluaran pabrik di India. Sementara Volkswagen Taigun juga disesuaikan untuk pasar India. Yang punya regulasi mirip-mirip dengan Indonesia. Ia jadi calon paling masuk akal sebagi produk anyar yang mengaspal nanti.

Volkswagen unveils 2021 Taigun compact SUV

Jika benar VW Taigun yang bakal diboyong, tinggal menyesuaikan opsi mesin untuk pasar Indonesia. Di India, ada dua pilihan mesin turbo. Pertama dapur pacu 3-silinder 1.000 cc TSI dengan output 115 hp dan torsi puncak 175 Nm. Sedang pilihan lain, 1.500 cc TSI yang punya daya 150 hp dan torsi 250 Nm. Pilihan penyalur daya ada manual 6-speed atau otomatis kopling ganda DCT 7-speed.

Sebagai gambaran, VW Taigun bisa ditebus di India dengan mahar 12,99 Lakh dan yang termahal 17,99 Lakh. Kalau dikonversi ke IDR, banderolnya berkisar Rp248 - Rp344 jutaan. Nilai yang cukup menarik untuk penetrasi pasar Indonesia. Honda HR-V generasi yang masih dijual sekarang, ditawarkan mulai dari Rp340 jutaan. Kita nantikan saja kabar baik soal model terbaru Volkswagen di Indonesia. (Tom/Odi)

 

Baca Juga: VW Indonesia Luncurkan Tiguan Allspace Camping Edition

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Volkswagen Unggulan