VW Golf GTI Clubsport Mampu Bikin Honda Civic Type R Panas

VW Golf GTI Clubsport

Menyambut ulang tahunnya yang ke-50, VW Golf Clubsport meluncur di balapan 24 Jam Nurburgring baru-baru ini. Model ini merupakan varian puncak dari seri VW Golf GTI, dengan peningkatan khusus di bidang performa dan aerodinamika. Kemampuan ini memungkinkan mobil penggerak roda depan ini untuk mengungguli Ford Focus ST dan bersaing dengan Honda Civic Type R. Dikabarkan, konsumen akan dapat membeli VW Golf GTI Clubsport pada akhir tahun ini dengan harga 42.000 Poundsterling atau sekitar Rp850 juta.

Produsen telah meningkatkan mesin EA888 4-silinder 2.0-liter turbocharged yang kini menghasilkan tenaga 291 hp dan torsi maksimum 400 Nm. Akselerasi dari 0 ke 100 km/jam bisa dicapai hanya dalam waktu 5,6 detik, lebih cepat 0,2 detik dari Civic Type R. Meskipun kecepatan maksimum dibatasi hingga sekitar 250 km/jam, dengan paket Race, mobil ini dapat mencapai 270 km/jam. Produsen tetap menggunakan transmisi manual 7-percepatan kopling ganda yang juga terpasang di seluruh model VW Golf.

Untuk meningkatkan stabilitas berkendara, VW Golf Clubsport juga telah diperbarui dengan sasis lebih kaku. Suspensi depan MacPherson dan fourlink di bagian belakang disesuaikan dengan berbagai mode pengendaraan Clubsport. VW juga secara khusus mendatangkan test driver Bugatti untuk berpartisipasi dalam pengembangan kemudi yang responsif dengan rasio progresif.

VW Golf GTI Clubsport

Selain itu, tersedia adaptive damper yang merupakan bagian dari paket opsional Dynamic Chassis Control. Dengan DCC, model GTI unggulan ini juga mendapat versi terbaru dari Vehicle Dynamic Manager. Ini memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan karakteristik drivetrain, kemudi, dan peredaman dengan 15 pengaturan yang berbeda. Mobil ini juga dilengkapi dengan perangkat lunak baru yang, menurut VW, membantu meningkatkan respons dan linearitas.

Selain meningkatkan performa, produsen juga merevisi beberapa elemen eksterior untuk memperbaiki aerodinamika kendaraan. Ini termasuk bumper depan yang bergaya unik dan spoiler besar di bagasi belakang dengan aksen merah di tepinya. GTI Clubsport juga menampilkan emblem bercahaya yang melengkapi lampu depan baru dengan teknologi LED IQ Light dari Volkswagen.

Di bagian belakang, Clubsport dilengkapi dengan lampu belakang 3D yang direvisi dan diffuser yang didesain ulang dengan aksen hitam, serta knalpot ganda keluaran Akrapovic. Roda mobil ini dihiasi dengan velg sporty 19 inci yang terbuat dari aluminium ringan seberat 8 kg.

VW Golf GTI Clubsport

Di dalam kabin, VW Golf GTI Clubsport dilengkapi dengan kursi sport premium yang dibalut serat mikro ArtVelours sebagai standar. Terdapat juga elemen-elemen karbon di beberapa bagian kabin untuk menambah kesan sporty. Untuk opsi yang lebih mewah, tersedia kursi kulit sebagai tambahan dengan harga yang berbeda.

Dashboard Golf Clubsport juga diperbarui. Termasuk penggunaan layar sentuh 12,9 inci untuk sistem hiburan. Cluster meter kendaraan ini terpusat pada layar digital 10,2 inci dengan dukungan sistem operasi MIB terbaru. OS ini biasanya terdapat pada kendaraan listrik seperti VW ID.7, menawarkan grafis beresolusi tinggi dan responsif. (Ndo)

Baca Juga: Bukan Indonesia, VW Akan Mendirikan Pabrik Baterai Terbesar di Kanada

Jelajahi Volkswagen Golf GTI

Model Mobil Volkswagen

Mobil Volkswagen
  • Volkswagen Golf GTI
    Volkswagen Golf GTI
  • Volkswagen ID Buzz
    Volkswagen ID Buzz
  • Volkswagen T-Cross
    Volkswagen T-Cross
  • Volkswagen Tiguan Allspace
    Volkswagen Tiguan Allspace
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Volkswagen Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Volkswagen Golf GTI dari Carvaganza

  • Debut di Nurburgring, VW Golf GTI Clubsport Rayakan 50 Tahun Eksistensi
    Debut di Nurburgring, VW Golf GTI Clubsport Rayakan 50 Tahun Eksistensi
    Alvando Noya . 05 Jun, 2024
  • VW Pastikan Golf Mk9 Jadi Full Electric, Tetap Ada Varian GTI dan R
    VW Pastikan Golf Mk9 Jadi Full Electric, Tetap Ada Varian GTI dan R
    Alvando Noya . 11 Sep, 2023

Artikel Mobil Volkswagen Golf GTI dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Toyota Indonesia Mau Bawa Mobil Hybrid Terjangkau, Raize atau Veloz HEV?
    Toyota Indonesia Mau Bawa Mobil Hybrid Terjangkau, Raize atau Veloz HEV?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • BYD Atto 1 Vs Mobil Bensin: Mana yang Lebih Hemat di Kantong?
    BYD Atto 1 Vs Mobil Bensin: Mana yang Lebih Hemat di Kantong?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • GIIAS 2025 Sukses Tarik Pengunjung, Tapi Penjualan Mobil Lesu
    GIIAS 2025 Sukses Tarik Pengunjung, Tapi Penjualan Mobil Lesu
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Skema Kredit Toyota Corolla Altis HEV GR Sport, Angsuran Mulai Rp10 Jutaan
    Skema Kredit Toyota Corolla Altis HEV GR Sport, Angsuran Mulai Rp10 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • BAIC BJ30 Hybrid Catat Penjualan Baik di GIIAS 2025, Target 500 Unit di Depan Mata
    BAIC BJ30 Hybrid Catat Penjualan Baik di GIIAS 2025, Target 500 Unit di Depan Mata
    Muhammad Hafid . 04 Agu, 2025
  • Menengok Xingyuan, EV Hatchback dari Geely yang akan Hadir Tahun Ini
    Menengok Xingyuan, EV Hatchback dari Geely yang akan Hadir Tahun Ini
    Setyo Adi Nugroho . 04 Agu, 2025
  • Perbedaan Kelengkapan BYD Atto 1 Tipe Dynamic dan Premium
    Perbedaan Kelengkapan BYD Atto 1 Tipe Dynamic dan Premium
    Anjar Leksana . 04 Agu, 2025
  • Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
    Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
    Anjar Leksana . 29 Jul, 2025
  • Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
    Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
    Setyo Adi Nugroho . 18 Jul, 2025
  • Hal yang Perlu Diketahui dari Fitur Keselamatan Toyota Yaris Cross HEV
    Hal yang Perlu Diketahui dari Fitur Keselamatan Toyota Yaris Cross HEV
    Zenuar Yoga . 17 Jul, 2025
  • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
  • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
  • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
  • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025
  • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
  • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025