VW Polo Bekas Seharga LCGC, Menarik Dibeli?

Melirik merek Eropa bekas sangat menarik. Harganya sudah pasti terjun bebas, jauh dari kondisi baru. Opsi seharga Low Cost Green Car (LCGC) pun bertebaran. Sedan berkelas seperti BMW 3 Series dan Mercedes-Benz C-Class era 2000an bisa dibawa pulang. 


Tapi punya rekomendasi menarik jika Anda mencari mobil kota. Tidak terlalu tua seperti dua sedan di atas, masih tergolong segar dan bebas khawatir.  Volkswagen Polo Mk5 pantas dilirik. Dana Rp 120 jutaan bisa meminang unit seken Polo 1.4 AT keluaran 2012. Lebih menarik lagi 1.2 TSI dari 2015/2016, bertenaga ekstra dan terlihat baru dengan tebusan Rp 150-170 jutaan. Seberapa menarik?


Tidak Semungil City Car LCGC


VW Polo MK5


Ia tidak semungil jajaran hatchback LCGC. Ukurannya cenderung mendekati hatchback semacam Toyota Yaris, Honda Jazz, dan Suzuki Baleno. Masih nikmat dibawa dalam padatnya jalanan kota besar. Gesit, tidak terlalu merepotkan kala harus menembus kepadatan. Panjangnya tak sampai 4 meter. Tepatnya diukur 3.971 x 1.682 x 1.469 mm (PxLxT) untuk versi termutakhir. Cukup untuk sebuah city car. Tidak terlalu kecil dan masih menyuguhkan ruang kabin dan bagasi yang lapang.


Polo sendiri menyuarakan kesan elegan dalam kesederhanaan. Tidak perlu banyak basa-basi lekuk untuk memikat. Garisnya tegas tanpa banyak menukik atau kesibukkan pahatan ceruk. Urusan fitur, jangan bawa ekspektasi sedan premium Eropa. Tidak ada smart entry dan lampu LED. Masih berupa remote keyless dan reflektor halogen. Setidaknya sudah ada headlamp leveling. Suka atau tidak terhadap rancangan, itu tergantung preferensi dan selera masing-masing.


Sentuhan Premium


VW Polo Interior


Sebagai strata entry level merek Eropa, Polo tidak terlalu terasa murahan. Komposisi antara gengsi dan nilai ekonomis cukup berimbang. Ya, memang tersebar material plastik di beberapa titik, namun dilengkapi oleh leather wrapped steering wheel. Juga pembungkus fabric di doortrim menyudahi rancangan kabin Polo. 


Dalam standar masa kini, fiturnya mungkin membosankan. Apalagi saat menduduki varian 1.4. Sumber media hanya berasal dari unit single DIN bersisi fungsi Radio dan CD. Baru ketika datang versi 1.2 TSI di 2016, kemampuannya ditingkatkan. Tampil manis pula seakan terintegrasi dasbor dengan layar monokrom. Disayangkan belum menganut pengoperasian touchscreen. Namun setidaknya, ia menyediakan konektivitas USB, Aux, dan SD Card.


Untuk sebuah hatchback dari 2012, ada satu fitur patut diacungi jempol. Memberikan kemewahan di dalam sebuah kabin kendaraan entry level. Adalah Kontrol AC otomatis Climatronic. Masih jadi barang 'mahal' saat ini dan Polo memilikinya. Temperatur kabin bisa diatur sesuai keinginan, kemudian blower secara mandiri berupaya menyesuaikan perintah.


Kepraktisan pengangkutan barang tidak kurang dan tidak juga berlebih dalam skenario hatchback. Memadai dan praktis. Ia memiliki ruang bagasi dengan lantai yang cukup dalam sebagai tempat penyimpanan. Kalau perlu mengakomodir barang lebih besar, bangku belakang dapat dilipat dengan pembagian 40:60.


Andalkan Torsi dan DSG


VW Polo 2015


Figur daya dari mesin empat silinder 1.400 cc mungkin kurang terdengar impresif. Ekstraksi dicatatkan 85 hp saja pada 5.000 rpm. Kemudian torsinya mencapai 132 Nm di 4.800 rpm. Ada pemain mainstream dengan kubikasi lebih kecil sanggup memberikan potensi mencipta velositas lebih baik. Setidaknya dari segi tendangan torsi ia boleh berbangga. Terbilang besar di kelasnya.


Begitu pula ketika melirik versi 1.2 TSI. Dari empat ruang bakar yang dibantu pemadat udara hanya menghasilkan output 105 hp di 5.000 rpm. Meski begitu, Polo siap beradu dalam hal kesigapan berakselerasi. Tendangan 175 Nm dapat ia berikan sejak 1.500 rpm. Tepat sasaran sebagai city car penembus kemacetan.


Pun keduanya dikawin transmisi otomatis tujuh percepatan kopling ganda (DSG) nan cekatan. Menawarkan perpindahan cepat ketika menyalurkan daya ke roda depan. Ya, sebuah komponen canggih dan cenderung rumit. Dalam kondisi terbaik tentu menambah kenikmatan berkendara. Namun, harus lebih berhati-hati kala memilih unit seken.


Safety Level Eropa


Untuk tebusan Rp 120-170 juta, Polo menyiapkan perlindungan keselamatan berkendara komplet. Ada sabuk pengaman dengan pretensioner berikut dual SRS airbag andai terjadi celaka. Lalu, pos jaga bermanuver diduduki oleh peranti pengereman ABS+EBD+BA bersama Electronic Differential Lock. Lebih memikat lagi di 1.2 TSI. Stabilitas berkendara diramaikan komponen seperti Electronic Stabilization Control (ESC), Anti Slip Regulation (ASR), dan Engine Drag Torque Control (EDTC) guna meminimalisir berbagai gejala selip.


Simpulan


Bujet Rp 120 – 170 jutaan dapat menebus Volkswagen berumur muda. Kalau belum pernah pegang brand Jerman, ini bisa pembuka jalan menuju kelas selanjutnya. Gengsinya jelas berbeda dibanding LCGC baru. Keseluruhan fiturnya pun belum dapat dibilang usang meski head unit terkesan dari zaman purba. Canggih pula di sektor pemacu daya dan keselamatan.


Yang jelas, pastikan incaran dalam keadaan terbaik dan disiplin terawat. Mengingat teknologinya bukan abal-abal, tentu akan menguras dompet bila menyimpan banyak penyakit. Baik itu di segi powertrain, drivetrain, hingga fitur pendukung. Kalau kurang yakin terhadap penilaian pribadi, ada baiknya diperiksa lebih dulu ke bengkel resmi. (Krm/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Jelajahi Volkswagen Polo

Tampak Depan Bawah Volkswagen Polo
Volkswagen Polo Rp 308 - Rp 315 Juta Cicilan Mulai : Rp 7,03 Juta
Lihat Promo