VW Tiguan Allspace Facelift Diperkenalkan 12 Mei, Perubahan Minor Tapi Signifikan

VW tiguan allspace facelift

Volkswagen (VW) dipastikan menyegarkan penampilan Tiguan Allspace. SUV 7-seater yang sebetulnya di Indonesia, bisa mengganggu pasar SUV ‘arogan’ Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Tapi itu soal lain. Yang pasti, perubahan desain terbilang signifikan di bagian muka dan buritan, juga interior. Mobil ini akan debut global 12 Mei nanti.

Berdasarkan bocoran dari situs dinas perhubungan di Negeri Cina, desain paras dibuat selaras dengan bahasa VW terkini. Lampu, grille dan jalur udara di bemper jadi mirip hatchback VW Golf. Jujur, Tiguan tujuh kursi terlihat lebih sporty ketimbang mewah seperti yang ada sekarang.

Di belakang, perubahan desain kedua lampu hampir tidak terlihat. Dari gambar yang diperlihatkan, lampu mundur sekarang terlihat lebih jelas. Permainan pendarannya belum diketahui apakah juga berubah. Yang pasti, bemper bersalin bentuk sedikit dan mencolok dengan garnish yang menghias. Diffuser kini terlihat lebih rapi.

Baca Juga: Audi RS e-tron GT, Hanya Sekadar Porsche Taycan Berganti Jubah?

Sayangnya, tidak ada bocoran perubahan seperti apa di kabin. Tapi VW menjanjikan ada fitur hiburan berbasis MIB3 dengan ukuran layar antara delapan atau 9,2 inci. Kelengkapan lain meliput setir desain baru, kendali AC trizone model sentuh, tidak lupa instrument cluster dengan format digital untuk varian tertentu.

Pembuatnya juga mengabarkan kalau Tiguan baru akan memiliki fitur bantu berkendara yang lebih lengkap, meski tidak merinci apa saja. Kalau merujuk pada Tiguan lima kursi yang sudah lebih dulu facelift beberapa waktu yang lalu ada paket fitur bernama Volkswagen Travel Assist. Isinya lane keeping assist, cruise control adaptif, lane centering assist yang akan membuat mobil tetap lurus di tengah jalur saat akselerasi atau pengereman mendadak dari kecepatan hingga 210 km/jam. Tentunya kalau kemudi tidak digerakkan.

Volkswagen Tiguan

Di balik bonnet, belum ada kepastian. Tapi sepertinya tidak akan berubah banyak. Saat ini, di pasar Indonesia, VW Tiguan Allspace dibekali mesin empat ruang bakar lengkap dengan turbocharger. Kapasitasnya 1,4 liter dengan daya puncak 150 hp. Ditambah torsi teratas 250 Nm.

Transmisi dengan dual clutch dan enam gigi maju akan mentransfer daya ke roda depan. Yang menarik, mobil ini bisa melakukan sprint 0-100 km/jam dalam hitungan 9,5 detik (klaim). Bukan hal jelek untuk sebuah mobil keluarga.

Baca Juga: Hatchback Ikonik Renault 5 Akan Terlahir Lagi dalam Wujud EV

Mengenal VW Tiguan

Tiguan adalah jawaban Volkswagen untuk pasar SUV compact yang semakin berkembang. Model ini adalah SUV kedua setelah mereka sukses dengan VW Touareg yang lebih besar dan premium. Generasi pertama hadir tahun 2007 dan sekarang menginjak yang kedua.

Pada generasi baru ini, VW memperluas pasar Tiguan dengan mengenalkan dua versi. Pertama disebut Tiguan saja, mampu menampung lima orang di kabinnya. Kedua Allspace atau L, SUV dengan tiga baris tempat duduk dengan kemampuan menampung tujuh orang. Di luar dua itu, khusus pasar Negeri Tirai Bambu ada varian coupe. Macam BMW X6 atau Mercedes-Benz GLC Coupe yang bentuknya hanya bisa dipahami oleh orang tertentu.

Untuk pasar global tersedia lima opsi mesin yaitu, 1,4 liter TSI, 1,5 liter TSI dan 2.0 TSI. Semuanya berkonfigurasi empat silinder dengan kitiran turbo. Sementara dua lainnya penenggak solar dengan kapasitas 1,6 dan dua liter turbodiesel. Sayang, di Indonesia hanya ada versi 1,4 liter bensin. (Ddn/Odi)

Baca Juga: VinFast Luncurkan VF e34, Mobil Nasional Vietnam Pertama Bertenaga Listrik

Jelajahi Volkswagen Tiguan Allspace

Model Mobil Volkswagen

Mobil Volkswagen
  • Volkswagen Polo
    Volkswagen Polo
  • Volkswagen Tiguan Allspace
    Volkswagen Tiguan Allspace

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Volkswagen Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang