Yamaha EMF 2022 Meluncur di Taiwan, Skuter Listrik Bertampang Radikal

2022 Yamaha EMF

Skuter listrik tidak harus bertampang metrosexual untuk menggaet kaum urban. Seperti Yamaha EMF 2022 ini, perawakannya bengis dan sangat intimidatif. Namun tetaplah ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang. Resmi dipasarkan oleh Yamaha Motor Taiwan dengan banderol 102.800 dolar Taiwan atau setara Rp53,1 juta.

Arti dari nama 'EMF' adalah parafrase Electro Motive Fighter. Dirancang dengan 3 pilar utama yakni Exciting (menyenangkan), Strength (kekuatan), dan Beyond (melebihi). Visualnya cukup menarik karena mirip motor konsep. Bagian depan memiliki semacam fairing berukuran mini yang digabungkan dengan penggunaan setang model naked alias telanjang. Lampu utamanya juga menarik,  mengaplikasikan model proyektor floating untuk memperkuat desain futuristik.

2022 Yamaha EMF

Dari samping, skutik ini punya bentuk bodi mengotak. Namun agar tak monoton tim perancang menambahkannya dengan beberapa tarikan garis tegas. Alhasil, tampilan dari EMF terlihat garang cukup berbeda dengan skuter listrik kebanyakan yang lebih mengarah visual elegan.

Bagian buritannya juga konsisten dengan gaya serbatajam, lampu belakang sudah mengusung teknologi LED berbentuk bulat 2 buah yang posisinya diletakan secara bertumpuk. Sementara penempatan lampu seinnya menyatu dengan bodi belakang, tak ada lagi tangkai lampu sein seperti di motor kebanyakan. Rancang kaki-kaki motor ini menggunakan pelek ukuran mini 10 inci dengan profil ban tebal. Suspensi depan memakai jenis teleskopik yang dikombinasi suspensi ganda di bagian belakangnya.

Baca Juga: Yamaha Indonesia Luncurkan Fazzio, Skuter Retro Bermesin Hybrid

2022 Yamaha EMF

Yamaha EMF menggunakan penggerak listrik murni. Diklaim menghasilkan tenaga maksimal setara 10,3 PS dan torsi puncak 26 Nm. Output yang cukup gahar untuk sebuah skutik berteknologi listrik. Ia mampu berlari dari posisi diam menuju 50 km/jam hanya 3,5 detik. Daya yang dihasilkan dari dinamo disalurkan langsung lewat komponen rantai ke roda belakang. Namun sayang tak dijelaskan spesifikasi detail terkait baterai, dinamo listrik, maupun kontroler yang digunakan. Hanya saja motor ini menggunakan 2 unit baterai sebagai pemasok tenaganya.

Nah untuk mengimbangi performa itu, Yamaha membekali dengan pengereman cukup maju. Di depan misalnya, sudah tersemat rem cakram berukuran 200 mm dengan 1 kaliper radial 4 piston. Adapun di belakang ditopang dengan pengereman 1 kaliper 2 piston 190 mm.

2022 Yamaha EMF

Selain tampilan dan performa yang dijual, Yamaha EMF ternyata dibekali beberapa fitur penunjang yang canggih. Selain penerangan LED, sudah menggunakan panel meter full digital, teknologi konektivitas Y-Connect, power modes (3 opsi), dan sistem NFC untuk menyalakan kendaraan menggunakan kartu.

Pemesanan unitnya sudah dibuka dan akan dikirim pada Maret 2022 mendatang. Menarik buat ditunggu kedatangannya ke Tanah Air. Bisa jadi peluncuran Fazzio Hybrid beberapa waktu lalu jadi jembatan sebelum akhirnya Yamaha Indonesia benar-benar meniagakan motor listrik murni. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Mengupas Cara Kerja Teknologi Hybrid di Yamaha Fazzio

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang