10 Mobil yang Bakal Banyak Mencuri Perhatian Setahun ke Depan

Meski dunia dihantam pandemi COVID-19, bisnis otomotif harus tetap berjalan. Penjualan memang sedang lesu, tapi rencana mobil baru tak boleh kendur. Selain jajaran mobil penumpang, sportcar, supercar dan mobil listrik sudah antre untuk meluncur. Kami mencatat beberapa model yang menurut kami layak ditunggu. Sebagian sudah mengumumkan kehadiran dirinya. Sebagian lagi masih bentuk konsep, namun pantas diperhitungkan. Yang pasti, semuanya bakal mencuri perhatian publik.


 


Alfa Romeo Giulia GTA


Alfa Romeo Giulia


Giulia GTA bukan nama baru. Coupe ini pernah dikenalkan pada 1965-1971. Ia dibuat untuk balapan (Corsa) dan jalan raya (Stradale). Kemudian muncul varian-varian lainnya sebelum berhenti pada 2011. Alfa Romeo menghidupkan kembali model ini pada 2015.


GTA bukan singkatan dari Grand Theft Auto melainkan Grand Turismo Allegerita. Artinya gran tourer yang berbobot ringan. Begini, sewaktu pertama tampil di 2017, sedan berdesain spektakuler, Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio mengguncang penggemar mobil dengan performanya. Bayangkan, mobil itu sanggup melesat dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 3,9 detik saja. Sudah begitu, mobil itu masih dapat melaju terus hingga kecepatan maksimum 305 km/jam. Tentu catatan ini tidak bisa dipandang sebelah mata.


Versi GTA ini punya bobot 100 kg lebih ringan. Kemudian mesin 2,9 liter V6 yang tersembunyi di balik kap mesinnya ditingkatkan performanya sehingga mampu menghasilkan tenaga 533 hp. Lebih menariknya lagi, pembalap Formula 1 Alfa Romeo, Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi diajak serta dalam menyempurnakan performa. Tak salah kalau mobil yang hanya kan diproduksi terbatas hanya 500 unit saja di seluruh dunia itu dibanderol sekitar Rp2,8 miliar.


Porche Mission E-Cross Turismo


Porsche Mission E-Cross Turismo


Porsche memang sudah punya supercar listrik bertajuk Taycan. Namun kalau Anda tak suka dengan namanya yang mirip dengan nama variasi kuliner sate di Indonesia, ada kabar bagus. Karena Porche punya mobil E-Performance yang lain. Porsche Mission E-Cross Turismo pertaa diperkenalkan pada Geneva International Motor Show 2018. Selain namanya lebih keren, mobil ini juga cocok buat Anda penggemar Porsche sejati. Karena mobil ini punya desain yang ramah dipandang. Tak terlalu futuristis seperti Taycan.


Mobil bergaya Shooting Brake ini selain tampil menawan dan modern juga dibekali dengan sistem penggerak 800 vol yang mampu menghasilkan output setara 600 hp dan bisa berjalan sejauh 500 km tanpa perlu mengisi ulang energi baterainya. Sepintas memang kalau dilihat lebih jeli lagi, mirip dengan saudaranya, Porsche Panamera.


Lamborghini Huracan Super Trofeo Omologata


Lamborghini Huracan Super Trofeo Omologata


Lamborghini punya segudang prestasi di dunia motorsports. Tak terkecuali dengan Huracan. Pada dasarnya adalah versi road-legal dari Lamborghini Huracan Super Trofeo Evo yang memenangi Daytona tiga kali. Jadi meskipun para insinyur telah sukses melakukan penyesuaian agar tetap layak digunakan di jalan umum, tetap saja lintasan balap adalah rumah spiritual. Mobil ini telah mendapatkan paket aerodinamika yang ekstensif dan penyempurnaan di struktur rangka. Pengembangan pengurangan bobot bahkan dilakukan sampai ke bagian karpet dasar yang terbuat dari material carbon weave.


Performa sebesar 640 hp dan torsi puncak 565 Nm yang menggerakkan keempat roda dihasilkan oleh mesin V10 naturally aspirated. Kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam kurang dari 3,0 detik dan akselerasi 0-200 km/jam cukup 9,0 detik. Kecepatan maksimumnya sanggup menembus 310 km/jam.


Peugeot 508 Sport Engineered


Peugeot 508 sport


Diklaim sebagai mobil sport paling kencang yang pernah Peugeot produksi sepanjang sejarah. Mesin bertenaga 355 hp dengan sepasang motor elektrik mampu melesatkan Peugeot 508 Sport Engineerd dari posisi diam hingga menyentuh 100 km/jam dalam 5,2 detik. Kecepatan maksimumnya dibatasi hanya 250 km/jam.


Performanya yang kencang itu dibalut penampilan yang sangat menggoda. Wujud mempesona dibalur cat abu-abu dengan kombinasi hiiau. Warna khusus ini mereka namakan Kryptonite yang melambangkan ambisi mereka pada mobil ini. Terpasang ban dengan pelek berdiameter 20-inci di mobil yang rencananya akan dijual dalam versi fastback dan estate itu. Kelak akan menjadi tonggak sejarah baru bagi perkembangan produsen mobil berlogo singa.


 


BMW M3


BMW M3


Meski mendapat banyak hujatan karen wajah tonggos. Tetap saja BMW M3 punya reputasi dunia yang layak menyandang status salah satu mobil terkeren. Apalagi generasi ke-6 salon super ini akan memakai mesin baru, twin-turbocharged 3,0 liter 6-silinder. Tenaga yang dihasilkan 503 hp sanggup untuk melesatkan M3 dari posisi diam sampai menyentuh 100 km/jam dalam 3,9 detik saja. Kecepatan maksimumnya dibatasi sampai 250 km/jam.


Tapi itu semua tak mengurangi rasa berkendara agresifnya. Apalagi BMW M3 nanti akan mendapat banyak fitur tambahan menarik. Contohnya Drift Analyser yang akan memberi nilai seberapa sukses Anda ngedrift. Semua itu bisa ditampilkan di layar infotaintment yang canggih.


Aston Martin V12 Speedster


Aston Martin V12 speedster


Kalau label harga sekitar Rp15 miliar tak terlalu mahal buat Anda, maka boleh kalau ingin mendaftar jadi konsumen mobil ini. Aston Martin V12 Speedster adalah mobil ekstrim bermesin V12 yang terinspirasi dari kesuksesan mobil balap Aston martin pada era 1950-an. Tentu saja berbeda dari inspirasinya, mobil ini dibangun dari material serat karbon yang ringan.


Bukan cuma desainnya yang telanjang, mobil ini juga tak dilengkapi dengan kaca depan. Tujuannya memberikan koneksi antara pengemudi dengan jalanan seperti layaknya mobil balap di era dulu. Lagipula, melihat tajuk performanya, sudah jadi kewajiban bagi pengemudinya untuk punya pandangan fokus ke jalan. Karena mesin 5,2 liter V12 twin-turbo sanggup menghasilkan tenaga 690 hp dengan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,5 detik. Kecepatan maksimumnya bisa tembus 300 km/jam. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 88 unit di seluruh dunia.


Mercedes AMG Project One


Mercedes AMG Project One


Apa jadinya kalau mesin Formula 1 dipakai untuk mobil jalan raya? Tunggu kehadiran Mercedes AMG Project One ini. Karena ia akan ditenagai mesin 1,6 liter turbocharged V6 hybrid bertenaga 1.000 hp yang digunakan oleh Lewis Hamilton saat menjuarai Formula 1 World Championship 2015. Keunikan inilah yang membedakan dirinya dari mobil lain.


Teknologi Formula 1 juga ikut mempengaruhi pengembangan aerodinamika, pengendalian dan stabilitas berkendara. Pembalap Formula 1, Lewis Hamilton disebut turun tangan sendiri dalam pengembangan. Ia pernah menjajalnya di penghujung Grand Prix terakhir di Sirkuit yas Marina, Abu Dhabi. Menariknya dalam film promosi itu, Lewis Hamilton terlihat dapat berkendara dalam mode elektrik.


Audi Q4 e-tron


Audi Q4 e-tron


Audi memang menjadi salah satu produsen mobil paling getol menghadirkan lini produk elektrifikasi. Tahun ini mereka akan mendatangkan satu lagi kendaraan e-tron, yakni Q4. Kelak akan berbagi platform MEB dengan Q4 e-tron dan berbagai model listrik lainnya dalam Grup Volkswagen. Secara fisik, Q4 Sportback e-tron hampir identik dengan Q4. Panjang mencapai 4,60 meter dan tinggi 1,60 meter. Adapun Sportback hanya lebih panjang satu sentimeter, sedangkan varian Q4 lebih lebar dengan ukuran 1,90 meter dan wheelbase 2,77 meter.


Ia dilengkapi motor listrik di setiap ujung. Q4 Sportback e-tron akan mengirimkan tenaga penggerak ke empat roda dengan vektor torsi. Mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0 sampai dengan 100 km per jam hanya dalam 6,3 detik. Kemampuan tersebut dihasilkan berkat penggunaan baterai 82 kWh. Motor penggerak belakang akan menghasilkan 150 kW per 310 Nm, sedangkan yang di depan menghasilkan 75 kW per 150 Nm untuk gabungan 225 kW per 460 Nm.


Tesla Cybertruck


Tesla cybertruck


Siapapun pasti tercengang dengan Tesla Cybertruck. Bagaimana tidak, mobil ini disiapkan bak sedang menghadapi kiamat. Pertama, eksterior dibangun dari material baja anti karat (stainless steel) yang kokoh dan tahan korosi. Cangkangnya dinamakan Exoskeleton dan diklaim memberikan proteksi maksimal. Tak cuma bodinya monokrom saja yang kokoh, bagian kacanya juga terbuat dari plymer-layered composite yang berfungsi seperti armor glass.


Menariknya, truk off-road dibekali tiga motor elektrik yang menjanjikan daya jelajah sejauh 805 km untuk sekali pengisian daya baterai. Bagaimana performanya? Akselerasi 0-100 km/jam ditempuh dalam 2,9 detik dengan kecepatan maksimum 210 km/jam. Sebagai sebuah truk, fitrahnya mengangkut barang pun dapat dipenuhi dengan mudah. Karena bak berdimensi besar dipunggung sanggup mengakomodasi barang seberat hingga 6,4 ton.


 


Ford Mustang Mach-E


Ford Mustang Mach-E elektrik murni sangat ditunggu-tunggu. Ford sudah melakukan pengujian terakhir. Diperkuat tujuh motor dengan tenaga 1.400 hp, pernah melahap Goodwood pada Speedweek September tahun lalu. Mach-E adalah crossover kompak dengan konfigurasi 4-pintu. Mampu menampung lima penumpang dewasa dengan tambahan ruang bagasi di belakang. Akan dibekali dengan dua pilihan motor elektrik yang dipasang di roda belakang. Untuk versi standar menggunakan baterai berkapasitas 75,5 kWh sedangkan varian tertinggi dengan kapasitas 98,8 kWh.


Mesinnya akan dikawinkan dengan penggerak roda belakang dan AWD, tergantung pada varian. Untuk model tertinggi diklaim akan menghasilkan tenaga hingga 480 hp dan torsi 859 Nm. Mampu melesat dari posisi 0 ke 100 km/jam dalam 3,5 detik. Masih pada varian yang sama, Ford mengklaim bahwa Mustang Mach-E mampu menjelajah hingga 482 km dengan kondisi “full battery”. (RS/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda