11 Istilah yang Akrab di Kalangan Bikers Sejati

Honda CB150X review Indonesia


Dalam komunitas atau sebuah club motor ada banyak istilah yang kerap kali dilontarkan para anggotanya. Akronim unik ini dijamin bisa membuat suasana bikers menjadi lebih kental. Bila Anda mengaku seorang bikers sejati, tentu harus tahu dan paham beberapa istilah yang digunakan di circle otomotif Anda. Jangan sampai karena tak tahu, justru bikin Anda bingung dan malu sendiri.

Kami akan membahas 11 istilah yang paling banyak disebut saat tengah kumpul-kumpul dengan para bikers. Bila sudah paham dijamin silaturahmi Anda akan jauh lebih asyik dan menyenangkan.

 

Kopdar

Kopdar adalah singkat dari kata "kopi darat". Umumnya, istilah ini diartikan sebagai kegiatan kumpul-kumpul sesama anggota club, komunitas, hingga sebuah forum otomotif.

Kopdar sendiri biasanya dilakukan setiap satu minggu sekali, hari yang dipilih bervariasi tapi mayoritas mengambil akhir pekan. Dalam kegiatan ini bisa diisi dengan diskusi, perkenalan anggota baru, atau sekadar membahas rencana kegiatan yang akan dilakukan ke depan.

 

Kopgab

Masih serupa kopdar, tapi volumenya lebih besar. Kopgab adalah akronim dari 'kopi darat gabungan' yang umumnya diramaikan lebih dari 1 komunitas atau club.

Tujuan utama diadakannya Kopgab adalah untuk menjalin silaturahmi antar komunitas lain di satu lokasi tertentu.

OTO sunmori

 

Jamnas

Selanjutnya adalah Jamnas yang memiliki arti 'jambore nasional'. Jamnas sendiri fokusnya pada pertemuan dengan skala besar, pesta besar, atau perayaan besar.

Jaman dilakukan oleh sebuah komunitas atau club dengan skala nasional, atau bisa dibilang memiliki chapter di beberapa wilayah lain. Misalnya, Harley-Davidson Club Indonesia yang memiliki chapter di Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, atau daerah lainnya.

 

Sunmori

Yang ini pasti kalangan milenial sudah tahu. Sunmori adalah singkatan dari 'Sunday morning ride'. Sesuai istilah yang disebut, Sunmori dilakukan pada Minggu pagi yang melibatkan para komunitas, individu, atau bahkan jadi agenda rutin sebuah club sepeda motor.

 

Rolling

Rolling biasanya dilakukan setelah acara kopdar, kopgar, atau jamnas selesai. Kegiatan ini biasanya diisi dengan mengelilingi suatu wilayah tertentu dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Adapun untuk jumlah bikers yang ikut bervariasi, yang pasti diikuti lebih dari 1 motor.

OTO sunmori bareng moto guzzi

 

RC (Road Captain)

Untuk Anda yang sering kali melakukan touring pasti sudah tak asing lagi dengan istilah RC atau Road Captain. Secara garis besar RC memiliki tanggung jawab atas keselamatan dan kelancaran para rombongan touring.

Dalam beberapa komunitas atau club RC juga memiliki tanggung jawab untuk mengurus administrasi keamanan seperti surat izin jalan dari kepolisian dan menjadi petunjuk arah untuk lokasi yang dituju.

 

SO (Safety Officer)

Orang yang ditunjuk sebagai SO punya tugas untuk memastikan jalur yang dilewati adalah rute yang paling aman dan bisa dilewati anggota touring.

Dia akan berkomunikasi penuh dengan Voorijder dalam mengatur kecepatan motor anggota touring. Sudah pasti sebagai SO harus memahami situasi dan jalur yang akan dilalui.

 

SW (Sweeper)

Tujuan adanya SW atau sweeper di kegiatan touring adalah memastikan barisan rombongan rapi dan tidak tercecer. Umumnya sweeper dibagi menjadi 2 kategori, pertama Sweeper tengah dan Sweeper belakang

Sweeper sering kali berada di sebelah kanan untuk mengatur barisan. Dia juga bertugas untuk mengingatkan dan memperjelas perintah dari seorang voorijder.

Yamaha Fazzio touring

 

VO (Voorrijder)

Voorijder memiliki tugas penting saat touring yaitu memimpin perjalanan rombongan dengan mengatur ritme kecepatan seluruh anggota selama perjalanan dengan dasar masukan dari SO, SW dan RC.

Mereka biasanya akan memberi tanda-tanda (tangan dan kaki) guna memberikan keselamatan rombongan dan wajib disampaikan secara menerus oleh seluruh anggota touring di belakangnya.

 

Tourjib

Tourjib adalah singkatan dari 'touring wajib'. Seluruh anggota diminta untuk mengusahakan ikut dalam kegiatan touring yang destinasi perjalanan yang bervariasi. Bisa dekat, jauh, hingga sangat jauh.

Tourjib juga bisa jadi syarat untuk Anda diangkat sebagai anggota baru atau mendapatkan beberapa atribut resmi dari club serta komunitas masing-masing.

 

Tourgab

Beda dengan tourjib, tourgab adalah akronim dari 'touring gabungan. Umumnya acaranya ini dilakukan oleh beberapa komunitas untuk ikut dalam suatu acara tertentu dan tak semua anggota komunitas harus hadir.

Nah itulah tadi 11 istilah yang sering diucapkan para bikers ketika saling bertemu atau menggelar acara touring. Bagaimana, apakah DNA bikers Anda makin kental? Selamat berkumpul dengan para komunitas masing-masing. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Perjalanan Yamaha R15, Transformasi Revolusioner hingga Menjadi Motor Sport Mutakhir

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test