5 Mobil Mazda yang Diakui Kehebatannya

Mazda MX-5

Desain dan performa Mazda modern memang layak diacungi jempol. Bentuk modern cenderung futuristis yang mudah diterima pasar dipadukan dengan paket teknologi Mazda SKYACTIV membuat produk pabrikan Hiroshima, Jepang ini layak didambakan.

Tapi sebelum memiliki bentuk dan kecanggihan masa kini, Mazda memang sering mendobrak dengan beragam kejutan sejak dulu. Mobil-mobil mereka diakui menjadi pionir di berbagai bidang. Mesin rotary, gerak empat roda pada hatchback hingga mobil sport murah yang memberikan kesenangan berkendara. Apa saja mobilnya? Simak di bawah.

Mazda RX-2, Pelopor Keluarga Mazda RX

Mazda RX-2

Era 70-an di Indonesia Mazda memperkenalkan Capella, sedan empat pintu yang lumayan laris dan banyak yang mengklaim irit. Mobil ini hadir pertama kali bulan Mei 1970 dan terus diproduksi hingga 1978 dengan dua versi kapasitas mesin yaitu 1,5 dan 1,6 liter. Tapi di pasar Jepang muncul Capella Rotary, atau RX-2 untuk pasar ekspor, yang berbasis sama dengan Capella. Mobil ini hadir dalam versi dua atau empat pintu dengan mesin rotary. Mulai dipasarkan jelang akhir 1970, dengan versi facelift (lampu depan bulat) hadir 1974.

Orang Jepang suka mobil ini karena masalah pajak. Kubikasi mesin lebih kecil ketimbang versi Capella biasa (1.146 cc) tapi punya performa lebih mumpuni berkat sistem piston rotary. Di pasar luar, performa itu yang jadi nilai jual. Tenaga puncaknya 130 hp sangat bagus untuk ukuran mobil mobil dengan kapasitas mesin segitu.

Baca Juga: Setelah Hyundai Ioniq dan Kona Electric, Deretan Mobil Listrik Ini Juga Bakal Dijual di Indonesia

Mazda 323/Familia GT-R, Cabe Rawit Mazda

Mazda 323 GTR

Bukan cuma Nissan yang punya GT-R, Mazda punya juga dan terbilang spektakuler. Basisnya adalah 323 Hatchback (sekarang Mazda3) yang diberikan turbocharger dan gerak empat roda. Mesinnya empat silinder dengan kapasitas 1,8 liter.

Hatchback asik ini hadir tahun 1992 di generasi kelima yang diproduksi 1985-1994. GT-R menghasilkan tenaga hingga 207 hp dengan torsi menyentuh 250 Nm. Yang menarik, Mazda memasuki ajang kejuaraan rally dunia dengan mobil ini. Karena ketentuan homologasi, Mazda harus menghasilkan GT-R yang sesuai dengan mobil WRC. Akibatnya, ada beberapa GT-R yang naik spek. Tenaga menjadi 300 hp, bemper depan yang tampak lebih agresif, saluran udara di kap mesin, suspensi lebih kokoh dan rem yang lebih besar.

Versi lebih gilanya ada juga, bertajuk 323 GT-Ae. Bobot lebih ringan, rasio gigi lebih rapat dan sangat langka. Hanya ada 300 unit di dunia.

Mazda Astina GT, Susah Dicari

Mazda Astina

Penyuka mobil retro pasti tahu. Hatchback ini masih keluarga Mazda 323 tapi sangat jauh berbeda dari 323 sebelumnya. Terutama di bagian muka yang menggunakan lampu model pop-up. Inilah yang membuat pasar menyukai Astina. Belum lagi kabin lega dan fitur canggih seperti speedometer digital.

Muncul di Indonesia tahun 1989, mobil yang dikenal juga sebagai 323F mengusung mesin 1,8 liter DOHC dibekali injektor bahan bakar dan 16 katup. Spesifikasi mesin yang lumayan menjanjikan lantas membuat Astina disukai mereka yang suka mobil keluarga kencang. Di arena balap liar pada jamannya, banyak menandingkan dengan Mitsubishi Eterna GTi.

Kalau Anda tertarik meminang Astina GT, good luck menemukan yang masih orisinil. Sangat susah karena rata-rata sudah modif. Wajar, bentuknya menantang untuk dimodifikasi. Belum lagi lampu depan pop-up yang rumit dirawat.

Baca Juga: Tiga Skutik Favorit ini Butuh Perubahan, Kapan Model Baru Rilis?

Mazda MX-6, Mobil Asik, Kurang Menarik

Mazda MX-6

Mazda MX-6 beredar di Indonesia menjelang akhir era 1980-an. Hampir berbarengan dengan versi sedan, 626 Capella. Mesin yang diusung empat silinder DOHC dengan kubikasi 2,0 liter. Entah kenapa, MX-6 tidak begitu sukses di Indonesia dan dunia. Hadir hanya dua generasi lalu selesai. Kiprahnya dilanjutkan seri 626.

Padahal bentuk coupe yang besar menyiratkan performa cukup baik dan interior kelas premium. Selain itu, fiturnya juga lengkap. Di beberapa pasar tersedia dalam pilihan 4WS (4-Wheel Steering) dan mesin turbo bertenaga hingga 180 hp.

Mazda MX-5, Bukan Cuma Jadi Pajangan

https://insidemazda.mazdausa.com/

Jangan bosan dengan mobil ini. Inilah salah satu icon dunia otomotif yang tidak akan lekang dimakan waktu. Mazda pun tetap setia dengan resep dasar mobil ini, meski semakin ke sini makin dilapisi dengan berbagai modernisasi.

Mazda MX-5 hadir dengan misi simple. Menjadi mobil sport sejati yang tidak merepotkan, punya handling ciamik. Sudah itu saja. Tidak ngoyo jadi mobil sport dengan desain dan fitur spektakuler tapi hanya bagus jadi poster di kamar. Chassis didesain untuk memberikan pengendaraan mobil sport murni yang lincah dan menyenangkan. Mesinnya tidak perlu kapasitas besar, tapi tetap punya performa karena ringan. Dan itulah yang bikin penyuka mobil mendambakan MX-5. Meski itu tadi, bentuknya tidak spektakuler.

Foto: Wikipedia, Topworld.com

Baca Juga: 5 Mobil Jerman Klasik Jarang Dilirik, Pantas Jadi Garage Queen

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Mazda Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Mazda dari Carvaganza

  • Debut Model Elektrifikasi, Ribuan Mazda Laku di GIIAS 2023
    Debut Model Elektrifikasi, Ribuan Mazda Laku di GIIAS 2023
    Muhammad Hafid . 24 Agt, 2023
  • GIIAS 2023: Mazda MX-30 Tebar Pesona Perkenalkan Teknologi PHEV
    GIIAS 2023: Mazda MX-30 Tebar Pesona Perkenalkan Teknologi PHEV
    Setyo Adi . 20 Agt, 2023
  • GIIAS 2023: Mazda Pamer Perdana CX-60 di Publik, Pamer Booth Bernuansa Jepang
    GIIAS 2023: Mazda Pamer Perdana CX-60 di Publik, Pamer Booth Bernuansa Jepang
    Wahyu Hariantono . 10 Agt, 2023
  • Beli Mazda CX-60 Sekarang, Sampai Garasi 1 Bulan Kemudian
    Beli Mazda CX-60 Sekarang, Sampai Garasi 1 Bulan Kemudian
    Bangkit Jaya . 31 Jul, 2023
  • Ini 7 Hal Penting Mazda CX-60 Gempur Segmen SUV Premium
    Ini 7 Hal Penting Mazda CX-60 Gempur Segmen SUV Premium
    Bangkit Jaya . 28 Jul, 2023

Artikel Mobil Mazda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Mazda CX-5 Dominasi Pemesanan di GIIAS 2023
    Mazda CX-5 Dominasi Pemesanan di GIIAS 2023
    Setyo Adi Nugroho . 24 Agu, 2023
  • Bernuansa Khas Jepang, Mazda Menampilkan CX-60 di GIIAS 2023
    Bernuansa Khas Jepang, Mazda Menampilkan CX-60 di GIIAS 2023
    Wahyu Hariantono . 11 Agu, 2023
  • Sasar Konsumen Borjuis, Inden Mazda CX-60 Sampai 1 Bulan
    Sasar Konsumen Borjuis, Inden Mazda CX-60 Sampai 1 Bulan
    Bangkit Jaya Putra . 28 Jul, 2023
  • 8 Hal Menarik yang Anda Perlu Tahu dari Mazda CX-60
    8 Hal Menarik yang Anda Perlu Tahu dari Mazda CX-60
    Bangkit Jaya Putra . 27 Jul, 2023
  • Mobil Termahal Mazda di Indonesia, Begini Spesifikasi dan Fitur Lengkap CX-60
    Mobil Termahal Mazda di Indonesia, Begini Spesifikasi dan Fitur Lengkap CX-60
    Bangkit Jaya Putra . 26 Jul, 2023
  • R360 Coupe, Nenek Moyang Lahirnya Banyak Mobil Hebat Mazda
    R360 Coupe, Nenek Moyang Lahirnya Banyak Mobil Hebat Mazda
    Rizki Satria . 04 Jul, 2021
  • Usia Pakai Relatif Muda, Seberapa Menarik Beli Mazda2 Bekas?
    Usia Pakai Relatif Muda, Seberapa Menarik Beli Mazda2 Bekas?
    Anjar Leksana . 21 Apr, 2021
  • Adu Taring Mazda CX-3 1.5L Sport Lawan Honda HR-V 1.5 E Special Edition, Pilih Mana?
    Adu Taring Mazda CX-3 1.5L Sport Lawan Honda HR-V 1.5 E Special Edition, Pilih Mana?
    Ahmad Karim . 01 Apr, 2021
  • Harga Mazda CX-30 Mulai Rp 479 Jutaan, Simak 4 Nilai Jual yang Ditawarkan Bagi Konsumen
    Harga Mazda CX-30 Mulai Rp 479 Jutaan, Simak 4 Nilai Jual yang Ditawarkan Bagi Konsumen
    Anjar Leksana . 20 Jan, 2021
  • Nilai Mazda6 yang Membuatnya Lebih Menarik Dari Toyota Camry dan Honda Accord
    Nilai Mazda6 yang Membuatnya Lebih Menarik Dari Toyota Camry dan Honda Accord
    Ahmad Karim . 11 Jan, 2021
  • First Drive Mazda CX-5 AWD 2023: Kapabilitas Bertambah, Semakin All-Rounder
    First Drive Mazda CX-5 AWD 2023: Kapabilitas Bertambah, Semakin All-Rounder
    Anindiyo Pradhono . 09 Mar, 2023
  • Road Test Mazda New CX-5 Elite: Mobil Ramah, Tapi…
    Road Test Mazda New CX-5 Elite: Mobil Ramah, Tapi…
    Indra Alfarisy . 06 Apr, 2022
  • Road Test Mazda CX-30: Nyaris Sempurna!
    Road Test Mazda CX-30: Nyaris Sempurna!
    Rizki Satria . 27 Feb, 2020
  • First Drive All New Mazda3: Mudah Disukai
    First Drive All New Mazda3: Mudah Disukai
    Anindiyo Pradhono . 22 Jul, 2019
  • Road Test Mazda6 Elite Estate: Performa Sempurna Sang Station Wagon (Part - 2)
    Road Test Mazda6 Elite Estate: Performa Sempurna Sang Station Wagon (Part - 2)
    Ardiantomi . 09 Nov, 2018