6 Opsi Crossover Layak Pilih di Tanah Air

SUV Crossover

JAKARTA -- Banyak cerita yang bisa tersaji dari segmen SUV aka crossover Tanah Air. Ya, segmen ini memang tengah naik daun, tak hanya di sini tapi juga di luar negeri sana. Dalam beberapa tahun terakhir para pabrikan berlomba-lomba memberikan pilihan mengikuti tren. Demikian juga di segmen berukuran kompas. Pertarungan terus memanas meski kontestan datang dan pergi. Namun hanya satu atau dua nama berhasil bertahan cukup lama.

Bodi berukuran kompak, dengan wajah yang gagah, kabin nyaman, dan praktis, menjadi beberapa alasan orang suka memilih crossover. Banyak yang mencoba peruntungan meski tak semua mampu bertahan. Dulu ada nama-nama Nissan Juke dan Chevrolet Trax namun keduanya tak lagi beredar di pasaran.

Selain mereka yang bertahan ada juga datang pemain-pemain baru. Siapa saja yang masih hadir dan apa aja pilihan barunya? Berikut daftarnya:

Honda HR-V

Honda HR-V

Terhitung sudah sekitar lima tahun sudah ia mengaspal di Tanah Air. Untuk saat ini tersedia tiga tingkatan trim berisi dua pilihan mesin. Tipe S dan E menggendong enjin 1.500 cc dengan seleksi opsi transmisi manual atau CVT. Output tercatat sampai 120 PS/145 Nm. Sementara itu, Prestige mengusung unit 1.800 cc dikawin transmisi CVT. Melontarkan ekstraksi 139 PS/169 Nm ke roda depan.

HR-V cukup moderat dalam urusan harga. Ia berada di spektrum tengah antara banyaknya pemain lain. Sebagai gambaran, Tipe S dibanderol Rp 297 atau 307,2 juta tergantung transmisi. Naik setingkat, E CVT diberi label Rp 331,2 juta, dan E Special Edition Rp 348,3 juta. Prestige 1.8 CVT menutup pintu line up dengan harga Rp 415,7 juta. Di rentang Rp 300-400 jutaan ia menjadi jembatan antara crossover Jepang dan keluaran non Jepang.

Baca juga: REVIEW: Nissan Kicks e-Power, Begini Penjelasan Fitur Inovatifnya

Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-Power

Indonesia mulai membuka diri kehadiran mobil elektrifikasi. Nissan menjadi salah satu pelopor. Era elektrifikasi ditandai dengan kedatangan bermacam kendaraan berjantung hybrid hingga full EV. Di segmen crossover sendiri ada satu model hybrid paling terjangkau. Ialah Nissan Kicks e-Power, sebuah alternatif jika berjiwa eksploratif. Banderol Rp 449 juta agak lebih tinggi ketimbang varian termahal HR-V, namun pasti terbayarkan oleh fitur bawaan.

Sorotan utama Kicks e-Power jelas di sektor pemacu. Bukan hybrid biasa, Kicks justru menawarkan sensasi berkendara EV hanya saja tidak perlu pusing soal pengisian ulang daya. Pasalnya, gerakan roda berasal dari putaran motor listrik, sementara mesin konvensional memerankan tugas generator listrik. Ekstraksi tenaga dicatatkan sampai 129 PS. Lebih menarik lagi tendangan torsi, diklaim puntiran 260 Nm keluar instan sejak putaran rendah sesuai karakteristik mobil listrik.

Fitur juga jangan diragukan. Contoh untuk hiburan kabin, konektivitas smartphone seperti Android Auto dan Apple Carplay bisa Anda nikmati. Belum lagi urusan safety. Komplet terisi kemampuan aktif. Di antaranya meliputi Intelligent Forward Collision Warning (IFCW) berikut Emergency Braking (IMB). Tersemat pula cruise control adaptif. Masih diisi lagi regu perlindungan seperti Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, dan lainnya.

Baca juga: KOMPARASI: Ini Perbandingan Toyota Corolla Cross dan C-HR

Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross

Satu pemain baru juga hadir. Dengan mesin 1.800 cc. Resmi mengaspal di Indonesia Agustus lalu. Yep, Corolla Cross, sama-sama merupakan pemain crossover lima penumpang bermesin 1.800 cc. Harga lebih tinggi dari HR-V Prestige – Rp 457,8 juta – namun Anda diberi ganjaran ruang kabin jauh lebih lapang. Cocok bila membutuhkan pengangkutan ekstra.

Dari catatan dimensi eksterior dapat dipastikan Corolla Cross unggul dalam hal kelapangan kabin. Ia memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm. HR-V terpaut jauh dengan hasil pengukuran 4.294 x 1.772 x 1.580 mm (PxLxT). Apalagi dari segi wheelbase, jenjang kaki Corolla Cross sampai 2.640 mm sementara HR-V 2.610 mm. Dengan demikian, selisih luas interior tak perlu diragukan lagi.

Mesin 1.800 cc Toyota juga ternyata mengekstrak tenaga sedikit lebih besar. Kendati begitu, boleh jadi tidak signifikan membedakan performa lantaran menyesuaikan ukuran tubuh. Ia memuntahkan tenaga maksimum 140 PS, diawali torsi puncak 171,6 Nm. Putaran mesin kemudian diterjemahkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Baca juga: Makin Banyak Rival, Begini Posisi Mazda CX-5 dan CX-3 Kini

Mazda CX-3

Mazda CX-3

Nama Mazda memang tak bisa dilepaskan dari SUV. Mereka punya keluarga CX. Crossover kompak Mazda jadi musuh bebuyutan bagi Honda HR-V. Sebuah lawan sepadan trim Prestige. Dua varian dijajakan, dan trim Sport sangat pas bila harus berpapasan dalam satu ring tinju. Sebab secara harga, CX-3 Sport berada setitik di bawah HR-V Prestige. Tepatnya Rp 399,9 juta, berisi keunggulan mesin kapasitas besar.

Yep, Mazda CX-3 dibekali pemacu empat silinder Naturally Aspirated Skyactiv-G 2.000 cc. Kubikasi besar berimplikasi pada diferensiasi output mesin. Torehkan tenaga 149 PS bersama puntiran sekuat 195 Nm ke roda depan melalui transmisi otomatis enam percepatan. Angka tadi seakan menunjukkan signifikansi performa ketimbang output 139 PS/169 Nm lewat CVT Honda.

Fitur dan kelengkapan tidak dapat dipandang sebelah mata. Kenikmatan handling disokong G-Vectoring Control (GVC). Pun keselamatan pengendalian dilindungi Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), dan Emergency Stop Signal (ESS). Selain itu, Airbag 6 titik merupakan bagian kelengkapan standar. Tentu tidak unggul di segala sisi, kelemahan fatal CX-3 adalah kabin yang sempit ketimbang HR-V.

Kia Seltos

Kia Seltos

Dari Korea ada nama Kia yang sudah eksis cukup lama serta kini menawarkan ragam produk menarik. Ring tinju crossover turut mereka sambangi, menyodorkan Seltos untuk ikut bertarung. Tepat bila melirik Seltos sebagai opsi alternatif HR-V. Tiga varian dijajakan, mulai dari E seharga Rp 295 juta, EX Rp 320 juta, dan EXP Rp 355 juta.

Harga cukup setara dengan perbandingan HR-V bermesin 1.500 cc. Namun, urusan potensi memacu bukan tandingan. Seltos siapkan mesin gahar Kappa 1.400 cc turbo. Empat selongsong piston dan amunisi pemadat udara buncahkan tenaga berlimpah sampai 140 PS berikut jab kuat torsi 242 Nm. Bahkan melebihi kekuatan 1.800 cc N/A Honda. Menariknya lagi, distribusi memanfaatkan transmisi DCT 7 percepatan.

Di titik harga termahal crossover Kia, suguhan fitur bisa disetarakan trim termahal Prestige. Mungkin lebih komplet. Misal keberadaan lubang di atap untuk memandang langit alias sunroof. Lalu, Seltos memiliki selektor mode traksi demi menyesuaikan lontaran daya sesuai permukaan jalan. Agar mencipta rasa aman, garda perlindungan diisi Electronic Stability Control hingga airbag 6 titik.

Suzuki SX4 S-Cross

Suzuki SX4 S-Cross

Nama satu ini tak boleh dilupakan. Boleh dibilang awal mula eksistensi crossover diinisiasi oleh Suzuki SX4. Sebuah nama lama yang pertama kita kenal sebagai saudara versi tangguh Baleno. Nameplate itu tidak berhenti di satu generasi saja, bertahan hingga evolusi terkini sebagai SX4 S-Cross. Sang pionir menduduki posisi crossover paling terjangkau. Dibanderol Rp 295 juta untuk transmisi manual atau otomatis Rp 310 juta.

Tidak banyak fitur canggih atau unik tersaji dalam SX4 S-Cross, terkesan begitu moderat. Tanpa kontrol stabilitas elektronik, jangan harap juga airbag 7 titik. Namun setidaknya masih ada satu atau dua komponen kekinian mengikuti perkembangan zaman. Sebut saja headlamp LED, Keyless Entry dengan start/stop button, automatic climate control, paddle shift, sampai cruise control. Cukup menyesuaikan harga.

Sektor dapur pacu diisi unit empat silinder 1.500 cc M15A. Bukan pelari ulung, bahkan terlihat loyo kalau lawannya adalah Honda. Ekstraksi total sampai 109 PS saja, keluar bersama kekuatan memuntir 138 Nm. Semua tersalur ke roda depan melalui seleksi manual lima percepatan atau otomatis 6 speed. (Krm)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Hozon New Energy Restrukturisasi, Upaya Selamatkan Neta Dari Kebangkrutan
    Hozon New Energy Restrukturisasi, Upaya Selamatkan Neta Dari Kebangkrutan
    Setyo Adi . Hari ini
  • FIA Umumkan Regulasi Baru Formula E, Mobil Gen4 Pakai Sistem 4WD
    FIA Umumkan Regulasi Baru Formula E, Mobil Gen4 Pakai Sistem 4WD
    Alvando Noya . Hari ini
  • Bedah Perubahan All New Hyundai Palisade Dibanding Generasi Lama
    Bedah Perubahan All New Hyundai Palisade Dibanding Generasi Lama
    Muhammad Hafid . 13 Jun, 2025
  • Mobil Listrik Sulit Padam Saat Kebakaran, Ini Penjelasannya
    Mobil Listrik Sulit Padam Saat Kebakaran, Ini Penjelasannya
    Zenuar Yoga . 13 Jun, 2025
  • All New Hyundai Palisade Hybrid Meluncur di Indonesia, Tinggalkan Mesin Diesel
    All New Hyundai Palisade Hybrid Meluncur di Indonesia, Tinggalkan Mesin Diesel
    Setyo Adi . 13 Jun, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Detail All New Hyundai Palisade dan Bedanya dengan Model Lama
    Detail All New Hyundai Palisade dan Bedanya dengan Model Lama
    Muhammad Hafid . 13 Jun, 2025
  • Maxfort TAC-ROV: Kendaraan Taktis Lokal Siap Tembus Pasar Global
    Maxfort TAC-ROV: Kendaraan Taktis Lokal Siap Tembus Pasar Global
    Muhammad Hafid . 13 Jun, 2025
  • Toyota Gandeng Huawei, Xiaomi, dan Momenta: Dorong Inovasi Mobil Listrik dan AI di China
    Toyota Gandeng Huawei, Xiaomi, dan Momenta: Dorong Inovasi Mobil Listrik dan AI di China
    Muhammad Hafid . 13 Jun, 2025
  • Induk Perusahaan Neta Umumkan Kebangkrutan, Langkah Penyelamatan Dilakukan
    Induk Perusahaan Neta Umumkan Kebangkrutan, Langkah Penyelamatan Dilakukan
    Setyo Adi Nugroho . 13 Jun, 2025
  • Hyundai Palisade Generasi Terbaru Resmi Meluncur, Kini dengan Teknologi Hybrid
    Hyundai Palisade Generasi Terbaru Resmi Meluncur, Kini dengan Teknologi Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 13 Jun, 2025
  • Mengapa Kebakaran Mobil Listrik Sulit Dipadamkan? Ini Penjelasannya
    Mengapa Kebakaran Mobil Listrik Sulit Dipadamkan? Ini Penjelasannya
    Zenuar Yoga . 13 Jun, 2025
  • Bedah Fitur dan Kelengkapan Varian Honda HR-V e:HEV Termurah
    Bedah Fitur dan Kelengkapan Varian Honda HR-V e:HEV Termurah
    Muhammad Hafid . 11 Jun, 2025
  • Detail Kelengkapan Varian Tertinggi New Honda HR-V RS e:HEV 2025 dan Simulasi Cicilannya
    Detail Kelengkapan Varian Tertinggi New Honda HR-V RS e:HEV 2025 dan Simulasi Cicilannya
    Anjar Leksana . 11 Jun, 2025
  • Honda HR-V Bergabung! Ini Daftar 5 SUV Hybrid di bawah Rp500 Juta
    Honda HR-V Bergabung! Ini Daftar 5 SUV Hybrid di bawah Rp500 Juta
    Setyo Adi Nugroho . 11 Jun, 2025
  • Menguji Konsumsi BBM Honda HR-V Hybrid di Rute Jakarta–Anyer
    Menguji Konsumsi BBM Honda HR-V Hybrid di Rute Jakarta–Anyer
    Eka Zulkarnain . 11 Jun, 2025
  • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
    Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
    Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
    Alvando Noya . 26 Mei, 2025
  • Test Drive Geely EX5: Perjalanan Jakarta-Bandung Terasa Tenang dan Nyaman!
    Test Drive Geely EX5: Perjalanan Jakarta-Bandung Terasa Tenang dan Nyaman!
    Muhammad Hafid . 22 Mei, 2025
  • Test Drive Nissan X-Trail e-Power e-4orce, SUV Tepat untuk Jalan-jalan ke Gunung Fuji
    Test Drive Nissan X-Trail e-Power e-4orce, SUV Tepat untuk Jalan-jalan ke Gunung Fuji
    Setyo Adi Nugroho . 22 Mei, 2025
  • Road Test Citroen C5 Aircross: Rasa Khas Premium Eropa Kuat!
    Road Test Citroen C5 Aircross: Rasa Khas Premium Eropa Kuat!
    Muhammad Hafid . 16 Mei, 2025