Deretan Mobil dengan Nama Tidak Jelas

Reanult 5 GT Turbo

Tidak jelas di sini maksudnya adalah nama yang cukup aneh untuk diartikan dan dilafalkan. Mungkin bagi sebagian nama tidak begitu penting, masalahnya nama juga identitas yang melekat sepanjang hidup. Nah, di bawah ini Anda bakal melihat ada beberapa nama mobil legendaris yang sebetulnya cukup aneh. Kita mulai dari mobil yang paling fenomenal.

Ferrari LaFerrari

Ferrari LaFerrari

Jangan lupa lafalkan Ferrari di depan LaFerrari, kalau tidak pembuatnya bisa ngambek. Arti dari nama itu adalah Ferrari Sang Ferrari. Yes, itu arti LaFerrari dalam Bahasa Indonesia. Bahasa Inggrisnya, Ferrari The Ferrari. Sama saja aneh.

Menurut Ferrari (maaf kalau kami banyak mengulang nama itu) LaFerrari yang terakhir keluar tahun 2018 adalah Ferrari yang paling Ferrari. Mereka menyatakan inilah produk yang paling signifikan, paling deifinitif. Tidak salah memang. Mesin V12 6,3 liter mampu menggelontorkan 962 PS. Pertanyaan kami adalah, memangnya yang keluar setelah LaFerrari tidak lebih baik dari...mobil itu?

Honda That's

Honda Thats Kei Car

Ya, namanya punya tanda kutip. Dan ini bukan mobil satu-satunya dengan nama bertanda kutip. Tapi coba bayangkan percakapan dalam Bahasa Indonesia, "Ini Honda apa?" Dijawab "Honda Itu." Percakapan bisa panjang. Dalam Bahasa Inggris juga sama, "What Honda is that?" mau tidak mau jawabannya, "That's That's." Makin tidak jelas.

Baca Juga: Sebelum beli Alphard, pertimbangkan juga MPV ini 

Honda That's adalah mobil yang masuk dalam kategori mobil kecil atau Kei Car di Jepang. wagon mungil lima pintu ini memang khusus dibuat untuk pasar setempat dengan mesin tiga silinder 656 cc. Menarik juga, mobil ini punya saudara satu platform bernama Honda Life. Bayangkan kalau parkir bersebelahan, jadinya Honda That's Life.

Kia Cee'D

Kia Cee'd

Satu lagi mobil dengan tanda baca. Tapi ada ceritanya kenapa harus ada tanda kutip di situ. Cee punya arti Community of European Economic sedangkan D aslinya adalah ED yang artinya European Design. Lalu kenapa tanda kutip? Coba singkat Community of European Economic dan European Design. Jadinya CEEED. Kebanyakan huruf E. Satu diganti dengan tanda petik.

Kia Cee'D adalah produk pertama pabrikan Korea Selatan itu yang sepenuhnya didesain di Eropa dan muncul tahun 2006. Setelah Cee'D hadir Pro_Cee'D yang lebih sporty, lengkap dengan 'garis bawah' pada namanya. Entah apa artinya. Kini Cee'd sudah hadir dalam tiga keturunan dengan bentuk mobil yang makin ganteng.

Renault 5

Renault 5

Tidak ada yang salah dengan mobil ini. Di Eropa cukup sukses laku lebih dari lima juta unit. Di Indonesia juga lumayan punya basis penggemar. Paling kalau ditanya, "Naik apa ke sini?" Bisa dijawab, "Tuh, Lima." Yang tidak jelas adalah saat mobil ini diimpor ke Amerika Serikat dan berubah nama jadi Renault Le Car. Ya, Renault Sang Mobil. Kejadiannya mirip Ferrari LaFerrari.

Tapi di keluarga 5, ada satu yang menonjol dan membuat penyuka kecepatan mendambakan mobil ini: Versi Renault 5 Turbo. Mesin tengah dengan turbocharger menghasilkan 160 PS dengan torsi puncak 221 Nm. 

AMC Gremlin

AMC Gremlin

Ini mungkin salah satu hot hatchback  pertama di dunia. AMC (American Motor Company) Gremlin adalah jawaban untuk pasar Amerika yang mendambakan mobil kompak. Orang sana sepertinya punya pengertian berbeda soal ukuran mobil karena hasilnya adalah hatchback gambot dengan panjang empat meter lebih, mesin enam silinder berkapasitas mulai dari 3,0 liter hingga 5,0 liter. Yang terakhir itu konfigurasinya V8.

Soal nama, Gremlin bukan sesuatu yang bagus karena maknanya adalah masalah teknis.  Muasal kata Gremlin bisa ditelusuri hingga era 1920an. Para pilot Kerajaan Inggris tidak punya kata yang tepat untuk menggambarkan sederet masalah teknis dan elektrikal minor yang kerap melanda pesawat mereka. Maklum, saat itu pesawat terbang adalah barang baru. Entah siapa yang mengucap pertama, tapi kata yang keluar adalah 'gremlins'.  Dan itulah kata yang dijadikan nama oleh AMC.  Tercatat 600.000 unit AMC Gremlin laku di pasaran sejak 1970-1978. sepuluh tahun kemudian nama AMC berubah jadi Jeep Eagle Corp. Tidak lama, dicaplok oleh Chrysler. (Ind/ID)

Baca Juga: Ini yang bikin Daihatsu Rocky 1.2 menarik

Foto: Wikipedia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang